Dahsyatnya Belajar Ilmu Marketing Langit Bersama Pak Laksita & TDA Depok

Teman-teman adakah yang sedang berencana membuka bisnis? Atau sudah buka bisnis, namun hasilnya masih stagnan bahkan cenderung turun? Atau sudah lumayan hasilnya, tapi ingin lebih besar lagi sehingga bisa memberikan kontribusi lebih besar pada masyarakat?

Ya, semua Insya Allah bisa dilakukan, asal kita mengetahui ilmunya. Bisnis adalah perjalanan yang menuntut kita terus belajar dan salah satu bagian terpenting dari ilmu bisnis adalah “Marketing”. Sebagus dan sehebat apapun produk kita, jika kita tidak bisa melakukan kegiatan “Marketing” yang bagus, maka hasilnya percuma. Tidak akan ada cashflow yang masuk karena tidak ada penjualan dan akhirnya bisnis kita pun terancam.

Nah, bagaimana agar kita bisa mengusai ilmu marketing untuk bisnis kita? Banyak cara yang bisa dilakukan, misal dengan berguru dengan para pelaku usaha, membaca buku dan kasus, mengikuti seminar/workshop dengan pakar dll.

Salah satu cara yang saya lakukan adalah dengan membaca buku bagus serta berguru dengan pakarnya. Ga heran ketika mendapatkan undangan dari praktisinya langsung, saya sangat antusias. Ya, saya akan belajar full day tentang “Marketing langit” bersama Pak Laksita Utama Suhud, CEO Balai Kartini. Acara workshop ini bertema “The Greatest Marketing Roadmap : 3 Langkah Ajaib Membesarkan Bisnis Anda dengan Mudah” yang diinisiasi oleh teman-teman dari komunitas TDA Depok tanggal 6 Juni 2015 lalu.

Sumber : Bisnis Wizard Online

Sumber : Bisnis Wizard Online

Ini bukan pertama kalinya saya bertemu Pak Laksita. Awalnya saya hanya mendengar namanya saja

Saya berangkat dari Bekasi bersama suami menggunakan KRL ke lokasi acara yang bertempat di Auditorium FIB Universitas Indonesia. Alhamdulillah, pukul 10.00 sampai lokasi dan disambut dengan ramah oleh teman-teman dari TDA Depok termasuk Mb Lini, yang memberikan handout materi. Segera kami masuk dan acara sudah dimulai. Workshop ini bisa saya katakan “menguliti” langsung isi buku Pak Laksita yang fenomenal yang berjudul “10 Greatest Advertising Secrets”. Acara ini full seat hingga 100 orang lebih yang sangat antusias meskipun beberapa kali ada kendala mati lampu, namun tidak menyurutkan semangat peserta dan pembicara. Amazing!

Menurut Pak Laksita bisnis harus punya solusi bagi yang menjadi target. Jantung bertugas memompa darah dalam tubuh manusia, bila darah tidak mengalir maka akan mati, maka pompalah darah wirausaha dari dalam diri. Hal tersebut ibarat marketing dalam sebuah bisnis seperti yang saya tulis diatas. Menurutnya rahasia membangun yang efektif adalah better 5P (price, product, promotion, people and place).

Kebanyakan dari kita adalah tidak menetapkan target dalam bisnis, padahal target tersebut sangat penting karena dengan adanya target kita bisa menetapkan pengorban-pengorbanan apa yang siap kita lakukan untuk meraih target yang kita tetapkan.

Menurut Pak Laksita, 3 langkah paling mudah untuk membesarkan bisnis kita secepatnya adalah :

  1. Bangun pilar pemasukan
  2. Bangun reputasi baik
  3. Dan bangun pasar berkelanjutan

Ingat dalam bisnis, bukan produk yang kita jual tapi solusinya. Banyak materi dahsyat lainnya yang di bahas oleh Pak Laksita seperti Bagaimana mambangun pilar pemasukan yang efektif? Bagaimana rahasia membangun pasar yang berkelanjutan dan masih banyak lagi!

Nah, untuk teman-teman yang ga sempat ikut workshopnya, bisa mendapatkan materinya yang lebih lengkap di buku Pak Laksita yang berjudul “10 Greatest Advertising Secrets”. Buku ini sudah terbukti mengakselerasi bisnis saya dan siswa saya di siswa wirausaha , waktu itu kami berkesempatan mendapatkan buku Pak Laks, yang kalo beli harganya mencapai 1,4 dan harga tersebut sangat sebanding dengan isinya yang “daging” semua. Saya sering membahas isinya bersama siswa saya, dan alhamdulillah selain usaha kami yang perlahan-lahan naik, ada salah satu siswa saya yang sudah mempunyai bisnis sendiri yaitu Bayu dengan jasa siluetnya. Dia sudah tau apa yang menjadi keunggulannya, dan saya terus mendorong bagaimana dia mendapatkan pilar-pilar pemasukan yang optimal.

Jasa siluet bayu

Jasa siluet bayu

Nah, di acara itu juga saya sangat kaget ketika oleh Pak Laksita diperkenalkan ke peserta. Suer.. ga nyangka sama sekali. Pak Laksita menyampaikan apa yang selama ini saya kerjakan di SMK Itaco walaupun kebagusan pak ..alhamdulillah makasih banyak, akhirnya saya cerita awal mula smk itaco dan bagaimana selama ini kegiatan kami belajar dan saya harap dengan sharing informasi ini bisa menjalin silaturahmi dan kolaborasi yang lebih luas untuk anak-anak. Makasih Pak Laks..

Dan… sayang sekali saya ga bisa mengikuti workshop ini sampai selesai, karena ada urusan yang tidak bisa ditinggalkan dan sebelum pulang, lagi-lagi Pak Laks memberikan sesuatu yang luar biasa untuk SMK Itaco, yaitu 11 eksemplar buku “10 Greatest Advertising Secrets” wow, alhamdulillah, terima kasih banyak Pak, semoga segala kebaikannya mendapat balasan berlipat ganda dari Allah SWT dan alhamdulillah nanti tahun ajaran baru, di kelas kewirausahaan anak-anak ga perlu lagi gantian membacanya dan mereka bisa lebih khatam dan segera mengaplikasikan apa yang ada di buku..

11 eks buku "10 Greatest Adv secrets" sumber : Bisnis wizard online

11 eks buku “10 Greatest Adv secrets” sumber : Bisnis wizard online

Alhamdulillah, hari yang sangat indah ^^

oya, untuk bahas apa aja si yang ada dibuku itu, tunggu updatenya ya teman-teman di facebook dan jika ada teman-teman yang ingin membeli buku tersebut dengan harga special bisa hubungi saya di WA 085711433250 ^^

Buku

Buku “10 Greatest Advertising Secrets”

Advertisements

Dua Kodi Kartika, Bukti Nyata Perjuangan Bisnis Wanita

Dua Kodi Kartika merupakan buku karya Rendy Saputra, CEO dari Keke Busana. Teman-tman pasti pernah mendengar nama Keke. Saya sudah lumayan lama mengenalnya, dan terlintas di benak saya adalah Keke merupakan brand baju muslim anak yang unik dan berkualitas. Pertama kali tau tentang buku Dua Kodi Kartika itu ketika menghadiri seminar Cara Benar Jadi Pengusaha dari Kang Rendy di Gedung Kompas Gramedia. Namun waktu itu, bawa uang nya pas, alhasil ga jodoh beli bukunya hihii..

Keke Busana, Credit

Keke Busana, Credit

Singkat cerita, saya menjadi salah satu panitia Pesta Wirausaha TDA 2015 divisi Marcomm dimana Keke merupakan salah satu sponsor utamanya, alhamdulillah disana bertemu dengan Kang Rendy dan Geris dan Keke yang mengadakan bincang bisnis bareng jurnalis. Kami diberikan buku Dua Kodi Kartika satu-satu. Tampilan covernya sangat menarik, simple tapi sarat makna dengan warna merah marun khas Keke.

Buku Dua Kodi Kartika

Buku Dua Kodi Kartika

Sesampainya di rumah, saya membacanya dan ga bisa berhenti sampai selesai. Sebenarnya apa si istimewanya buku ini? mari kita bahas pemirsa.. Buku ini menceritakan tentang 40 kisah pembelajaran hidup dari pemilik Keke Busana. Siapa dia? dia bernama Ika Kartika Sari. Rendy sang penulis menuturkan Bunda Tika, begitu ia akrab menyapanya merupakan sosok yang luar biasa di balik keberhasilan Keke menjadi sebuah brand nasional yang di segani. Rendy dan Bunda Tika bertemu tidak sengaja dalam sebuah pelatihan. Disana Bunda Tika mempunyai insting bahwa Rendy bisa lebih memajukan Keke, dan ternyata feeling nya tidak salah. Terus terang saya sangat kagum dengan sosok Bunda Tika dan berharap suatu saat bertemu langsung.. rasanya pengen bilang angkat saya jadi muridmu suhu hehe…

Continue reading

Belajar Wirausaha di Wirausaha Muda Mandiri

Simak yuk cerita salah satu siswa saya, Alfi, tentang Wirausaha Muda Mandiri..
cek disini juga : http://siswawirausaha.net/blog/2015/03/21/perjalanan-singkat-penuh-makna/

Jum’at pagi 13 Maret 2015, tak seperti hari biasannya bagi seorang siswa smk seperti kami. Smk Itaco adalah smk yang lebih berbasis keWirausahaan, mengikuti, mengadakan, dan bahkan berkunjung keacara-acara yg berbau kepada “Wirausaha”. Terkadang semua yg berbau “Wirausaha” itu tak luput dari pandangan kami, salah satunya adalah Wirausaha Muda Mandiri….. WMM singkatan yg lebih akrabnya, sebuah tempat utk mengalih dan mencari para Wirausahawan Muda yg sudah sukses dengan omzet ratusan bahkan milyaran juta rupiah yg terdapat di pelosok INDONESIA kita tercinta ini. Bu Susi, Wahyu, Bayu, dan saya yg biasa dipanggil dengan Alfi. Saya dan teman saya adalah salah satu murid dari Smk Itaco dan salah satu bagian inti dari komunitas @siswawirausaha yg mendapatkan kesempatan utk mengikuti dan berkunjung keacara yg sangat luar biasa tersebut.

Gambaran dari panggung WMM

Gambaran dari panggung WMM

Banyak sekali booth-booth yang disediakan di acara WMM ini, ternyata banyak sekali wirausaha muda yg belum diketahui oleh dunia luar, seperti kami contohnya :D, singkat cerita, setelah berputar-putar, sholat wajib bareng, foto sana sini, kunjungi booth-booth para wirauhasawan muda, coba kuliner yg dibuat wirausahawan muda, sampai casger dan bolak balik ke kamar mandi, karna tempatnya yg luar biasa keren dan dingin 😀 01.00 p.m. kami bertiga, Wahyu, Bayu, dan saya, diajak oleh Bu Susi utk berkunjung ke gedung pusat bank Mandiri yg bertempat di Jl. Gatot Subroto, Jakarta Pusat.

Continue reading

Liputan Seminar Rahasia Sukses MEA Bersama Siswa Wirausaha

Awal tahun selalu membawa semangat baru yang di harapkan bisa terus menaungi semangat kita di 11 bulan berikutnya. Begitupun saya dan siswa di SMK Itaco dan komunitas Siswa Wirausaha. Dengan maksud ingin belajar bersama dengan para praktisi dalam rangka menghadapi MEA 2015 yang sudah di depan mata, maka saya setengah “Nekad” menyiapkan seminar wirausaha ini untuk pertama kalinya. Acara tersebut kami agendakan tanggal 10 Januari 2015. Kami menyiapkannya ga kurang dari 1 bulan. Dari mulai proses mencari narasumber, membuat flyer, mendata peserta, membuat promosi dan persiapan-persiapan lain. Untunglah saya banyak di untungkan dengna hobi saya bernetworking. Mayoritas pembicara saya dapatkan karena saya kenal mereka sebelumnya. Seperti misalnya Pak Budi Sadikin (CEO Bank Mandiri), saya mengenalnya karena beliau merupakan mentor saya di program Jalan Pemimpin. Setelah itu, ada Mas Natali Ardianto karena saya membantunya di Komunitas Startup Lokal, Mas Tuhu Nugraha saya juga kenal awalnya dari Facebook, meskipun sebelumnya sudah sering mengenal namanya sebagai pakar Digital Marketing. Selanjutnya ada Pak Laksita Utama selaku CEO Balai Kartini dan juga Pak Ibrahim karena mengenalnya di Komunitas Tangan di Atas.

flyer info seminar

flyer info seminar

Semakin hari H kami semakin deg-degan.. Takut ini, takut itu.. tapi kami hanya berusaha dan menyerahkan sisanya pada yang Maha Kuasa. Alhamdulillah semua pembicara confirm. Sehari sebelum seminar, kami lebih sibuk mempersiapkan ini itu dan alhamdulillah juga tidak ada halangan yang berarti. Hari H saya pagi-pagi sudah jalan di temani suami tercinta *uhuk*. Di lokasi kami mempersiapkan apa-apa yang kurang dan sebelum memulai acara, kami melakukan briefing dan berdoa demi kelancaran acara. Tepat jam 8.15, acara di mulai dengan duet MC kece, Mb Mira dari Kumpulan Emak Blogger dan Kibot dari Akademi Berbagi. Ah beruntungnya mempunyai teman seperti mereka :), pengunjungpun mulai hadir dan bersiap belajar bersama. Setelah sedikit ice breaking, tak lama kemudian Pak Budi datang. Kami pun menyambutnya, Pak Budi terkejut di sambut banyak siswa :D, kemudian kami berbincang sebentar dan kemudian beliau memulai speech nya yang memukau banyak orang. Banyak peserta yang hadir ternyata dari luar Bekasi seperti Jakarta, Cileungsi, Karawang, Bandung bahkan ada yang dari Medan *menjura*. Beberapa poin penting yang di sampaikan Pak Budi atau yang akrab di sapa Pak BGS adalah jika kita bergaul dengan orang sukses, maka kita akan akan ketularan sukses. Selain itu, salah satu tanda orang rajin adalah jalannya cepat *ngaca*, Pak BGS berpesan untuk tidak menilai orang dari tampilan fisiknya. Menurutnya penting juga untuk untuk mempunyai teman yang banyak dan baik untuk membantu kita menjadi sukses. Bagaimana kita biar terus bersemangat? kalian harus punya cita-cita, kejarlah dengan serius dan jangan lupa beramal. Kesempatan wirausaha itu ada kalo kita mau belajar dari siapapun dan kapan saja karena itu jantung dari networking :)) wah makasihh Pak Inspirasinya 🙂

Selanjutnya adalah sesi saya, saya menjelaskan sekilas tentang SMK Itaco dan Komunitas Siswa Wirausaha disambung dengan pegumuman pemenang pembuatan desain kaos Pumpkidz yang di menangkan oleh Reza, Bayu dan Wahid. Setelah itu kami melaunching produk baru kami, yaitu kaos Pumpkidz. Kami melakukan launching sederhana dengan menggunakan model cilik untuk produk kaos anak kami. Alhamdulillah semoga usaha kami diberkahi dan dilancarkan.. Aaamiin…

Launching kaos Pumpkidz:)

Launching kaos Pumpkidz:)

Selanjutnya adalah sesi dari Pak Laksita Utama dengan tema The Great Marketing Roadmap. Kami termasuk yang beruntung karena mendapatkan buku keren dari Pak Laksita yang nilainya mencapai 1,4 juta *wow*, menurut Pak Laksita bisnis harus punya solusi bagi yang menjadi target. Jantung bertugas memompa darah dalam tubuh manusia, bila darah tidak mengalir maka akan mati, maka pompalah darah wirausaha dari dalam diri …menurutnya rahasia membangun yang efektif adalah better 5P (price, product, promotion, people and place), Pak Laksita juga berpesan untuk menjadikan sabar dan shalatmu sebagai penolong bisnismu…wow, merinding! Makasih Pakk!

Continue reading

Master Penyet yang Pedas Sadis

Saya termasuk orang yang gemar makan sambel… rasanya kalo makan ga pake sambel itu kurang nendang dan hambar rasanya :p, jadilah setiap makan saya semaksimal mungkin menghadirkan sambel sebagai menu wajib 😀

Pun ketika makan di luar terutama makan yang berbau goreng-gorengan seperti ayam, tempe, telor, ikan dll..nah selama ini belum pernah satupun makanan di luar dengan sambelnya yang membuat saya terkesan… masih biasa lah^^

Nah kemudian ada perasaan berbeda ketika untuk pertama kalinya saya makan di Master Penyet, waktu itu saya makan di outlet cabang Galaxy, Bekasi. Pertama kali melihat nya, langsung membuat saya jatuh cinta. Bagaimana tidak? ayam goreng nan besar di balur dengan sambel yang nampaknya lezat .. saya jadi ingat penampakan penyetan favorit saya ketika kuliah di Yogya, waktu itu ayam atau tempe nya di tumbuk berbarengan dengan sambelnya.. dan itu ENAK BINGITS!!!

10600666_708889169197472_2014913722236616517_n

Jadi deh, sejak saat itu Master Penyet menjadi tempat wajib yang saya kunjungi, saya yang ga terlalu suka pedas, di Master Penyet saya pasti suka sambel Korek nya yang Pedas Sadis itu, dan ga pernah nyobain sambel yang ga terlalu pedasnya 😀

Bisa di bilang, paling tidak saya menyambangi Master Penyet seminggu sekali, bahkan pernah seminggu 2-3 kali :p *kayakminumobat* saya juga berhasil meracuni beberapa teman untuk nyobain sadisnya sambel khas Master Penyet :p

Master Penyet ga cuma punya menu ayam loh… mereka juga punya menu Bebek, Bandeng, Lele, Telor, Tempe, Sayur Kangkung, Toge dll yang ga kalah maknyus nyaa…saat ini Master Penyet berada di 3 tempat, yaitu :

Cabang Taman Galaxi
Ruko Taman Galaxi Blok H No 18, Bekasi Selatan
Telp. 36 777 004

Cabang Perumnas 2
Jl. Lele Raya No.15 Perumnas 2 (Belakang Bekasi Cyber park)
Perumnas 2, Bekasi Selatan.
Telp. 32 222 542

Cabang Wisma Asri
Jl. Raya Perjuangan, Ruko Taman Wisma Asri B27-39
(samping Indomaret) Bekasi Utara.
Telp. 36 777 200

Eh kamu bisa Delivery juga lohhh dan menerima pemesanan untuk acara-acara spesial kamu seperti Ulang tahun, arisan, kumpul keluarga, rapat dll .. yuks ^^

Yuk mampir ke Master Penyet dan rasakan sensasi makan yang berbeda ^^

Follow twitter nya ya di @masterpenyet

Fanpage&Instagram nya di : Master Penyet

Web nya di masterpenyet.com ^^

Bagaimana Memanfaatkan TIK untuk Pendidikan?

Saat ini kita hidup di era 2.0, era dimana semua orang terhubung dan berbagi. Komunikasi terjadi tidak hanya satu arah dalam dunia apapun termasuk dunia pendidikan, dunia tempat saya mengabdi. Jika dulu pembelajaran yang saya dapatkan tahun 1990an sampai 2000an masih banyak yang terpusat pada satu sumber yaitu guru atau buku, maka saat ini saya tidak bisa memperlakukan hal yang sama kepada peserta didik saya. Mengapa? Karena mereka hidup di zaman dimana informasi bisa di dapat dari banyak sumber dengan mudahnya, ditunjang oleh keberadaan internet dan gadget yang semakin murah. Mereka bisa menjadi pandai dengan sendirinya, peran yang lebih penting menurut saya seperti yang di katakan Prof. Iwan Pranoto adalah bagaimana seorang pendidik bisa membuat peserta didiknya kasmaran belajar. Faktanya, banyak pekerjaan di zaman sekarang itu tidak ada 10 tahun yang lalu. Contohnya seperti analis media, sosial media strategis dan masih banyak lagi. Karena hal tersebut, maka tugas kita adalah menjadikan belajar menjadi suatu kenikmatan dan bukan paksaan, sehingga anak akan mudah mempelajari apapun sesuai dengan minat dan perkembangannya.

Education is about inspiring young people not just filling their heads with facts.

Saya juga menilai anak-anak saat ini bukan generasi penurut, sehingga dalam pembelajaran harus di buat lebih menarik dan salah satunya memanfaatkan teknologi seperti internet dalam proses pembelajaran. Teknologi muncul seperti dua sisi mata uang, namun sebagai guru,  tugas kita bukan menghindarinya dengan berbagai alasan, namun mengoptimalkan kompetensi kita dan peserta didik sehingga berpengaruh positif terhadap proses pembelajaran. Dalam sebuah seminar yang saya ikuti, dikatakan bahwa teknologi informasi dan komunikasi secara positif dapat memberikan manfaat seperti:

  1. Searching: mencari informasi, data, gambar dan pengetahuan
  2. Learning: pembelajaran untuk menulis jurnal atau pengetahuan
  3. Collecting: mengkoleksi gambar, lagu dan video
  4. Communicating: jejaring sosial menjadi tempat mencari teman
  5. Creating: wadah kreativitas dan inovasi

Continue reading

Indonesia Move On dengan Pendidikan Wirausaha

“A country can be prosperous if there are entrepreneurs at least 2% of the population”

– David Mc Clelland –

Suatu negara bisa makmur jika dinegara tersebut memiliki sedikitnya 2% wirausahawan dari total populasi penduduknya. Sayangnya saat ini Indonesia baru memiliki sekitar 1,56% dari total sekitar 240 juta penduduknya. Jauh dari kondisi ideal. Sedangkan negara tetangga terdekat, Malaysia jumlah wirausahanya sebanyak 5% dan Singapura sebanyak 7%. Indonesia membutuhkan lebih banyak wirausaha. Menurut Ciputra Indonesia memiliki sekitar 10% wirausahawan potensial namun karena tidak pernah dididik, dilatih dan diberi kesempatan mereka tidak berhasil menjadi wirausahawan. Orang tua di Indonesia kebanyakan sejak jaman dahulu lebih sering mengarahkan anak untuk menjadi karyawan di perusahaan besar, asing ataupun BUMN atau menjadi Pegawai Negeri Sipil. Menurut mereka manjadi wirausahawan tidak menjadikan masa depan yang baik karena mempunyai resiko bangkrut dan juga pendapatan yang tidak menentu seperti profesi karyawan. Sehingga kewirausahaan kurang berkembang di Indonesia. Salah satu penyebab kurang berkembangnya kewirausahan di Indonesia adalah faktor sistem pendidikan di Indonesia dalam mengembangkan budaya kewirausahaan. padahal kewirausahaan bukan merupakan bakat semata namun sesuatu yang bisa dipelajari dan di latih. Seandainya kewirausahaan sejak dini di tanamkan, mereka akan memiliki mindset untuk menciptakan pekerjaan dan bukan untuk mencari pekerjaan. Banyaknya masalah di Indonesia saat ini seperti kesehatan, pendidikan, sosial, kemiskinan yangperlu di tanggulangi bersama. Dengan pendidikan wirausaha, Insya Allah masalah di atas bisa kita tangani. Karena dengan kualitas dan kuantitas wirausaha yang baik otomatis akan meningkatkan kemakmuran suatu negara.

Continue reading

Belajar Pengantar Social Media Bersama Ilmu Berbagi

18  April 2014 lalu, SMK Itaco kedatangan Kak @ArdiTimika dalam rangkaian Ilmu Berbagi Goes to School. Materi yang dibawakan kali ini adalah “Pengantar Social Media”. kak Ardi saat ini bekerja di Ednovate. Ednovate memberikan pelayanan dlm digital service, ecommerce service, media portal&education.

Media sosial sendiri adalah sebuah media dgn para penggunan bs dgn mudah berbagi,berpartisipasi,dan menciptakan isi meliputi blog, jejaring, social dll. Menurutnya ada 3hal yg membuat internet user meningkat: paket layanan semakin murah, gadget semakin murah, dan sosial media. Indonesia saat ini memiliki pengguna internet dan sosial media yang cukup besar. Manfaat social media antara lain : conversation, branding, support product promotion, support event offline, custumer relation dll. Jadi melihat peluang tersebut, jangan sampai menggunakan sosial media hanya sekedar untuk update status atau hal-hal yang kurang bermanfaat.

pizap.com10.61044510314241051398680703602

Nah sekarang, bagaimana memaksimalkn social media?? Pilih media&fokus, tentukan target, konten, konsisten, optimalkan-schedule, interaksi. Jika hal tersebut dijalankan, tidak mustahil sosial media akan memberikan manfaat yang besar sesuai dengan tujuan yang kita inginkan. Jenis konten untuk mengoptimalkan sosial media antara lain :Tips, quote, education serial tweet, edukasi produk, conversation, health campaign dl. Nah, bagaimana jika kita memegang akun sebuah brand?? Kak Ardi memberi tips untuk mengisi dengan 80% konten yang bermanfaat untuk follower dan 20% promo produk, jangan sebaliknya, kalo ga mau di unfollow rame-rame2 :p, kita juga harus konsisten mengupdate social media kita, contohnya untuk twitter usahakan mengupdatenya 15-20/hari dan facebook 6 update/hari.

Setelah, itu jangan lupa untuk mengevaluasinya, bagaimana caranya? banyak web untuk melihat sejauh mana keefektifan sosial media yang kita miliki, seperti misalnya menggunakan tweetreach.com untuk melihat sejauh mana jangkauan twit kita..

Seru banget belajar kali ini.. semakin membuka wawasan dan ilmu tentang sosial media..

Terima kasih kak Ardii :))

dan juga kak Rian, Fuad dan Juju dan Ilmu Berbagi :))

Untuk siswa SMK Itaco, ini contoh postingan materi Sosial Media, DILARANG COPY PASTE, langkah mengerjakan tugasnya :

1. Membuat postingan tentang materi sosial media Kak Ardi, foto2 kegiatan bisa di ambil di https://www.facebook.com/smkitacobekasi/media_set?set=a.404783559659342.1073741833.100003831030360&type=1&notif_t=like

2. Setelah posting, di share di twitter masing2, dan mention ke @ArdiTimika @suzieicus

3. Isi dari postingan blog di kultwit di twitter, seperti contoh berikut :

12

4. Akan ada reward untuk postingan terbaik

5. Ditunggu sampai tanggal 2 Mei 2014, lewat akan ada sanksi dan juga tidak akan dinilai

SELAMAT MENGERJAKAN

Ikut Yuk Pesta Wirausaha TDA 2014

PESTA WIRAUSAHA TDA 2014
“Local Brand Kereeen”

Pesta Wirausaha TDA 2014 adalah sebuah Even dahsyat bertema kewirausahaan yang terbesar di Indonesia, Pastikan anda hadir di acara Pesta Wirausaha TDA 2014 yang insya ALLAH akan dilaksanakan pada :

WAKTU DAN TEMPAT
Hari : Selasa, Rabu, Kamis
Tanggal : 13, 14, 15 Mei 2014
Tempat : Gedung Sasana Kriya, Taman Mini Indonesia Indah

Lokasi TMII ini dipilih supaya peserta diharapkan bisa membawa keluarga, sehingga terjadi keseimbangan antara Education, Networking and Playing (Fun), Ayahnya ikut seminar, Ibunya berjualan di stand dan anaknya main-main di TMII atau berenang di Snow Bay, pasti asyik sekali.

HARGA TICKET :
Rp. 350.000,- Member TDA
Rp. 450.000,- Non Member TDA

Harga diatas sudah termasuk :
– Tiket masuk TMII (tidak termasuk parkir kendaraan 10rb)
– All access selama 3 hari acara Pesta Wirausaha TDA

FORMAT ACARA :

SEMINAR :
– Stage 1 : Menampilkan pembicara2 dengan tema umum, inspiring dan motivating
– Stage 2 : Menampilkan pembicara2 dengan tema lebih spesifik dan interaktif

PAMERAN :
Kuliner, Multi produk, Demo Produk

GATHERING MEMBER :
acara silaturahmi dan networking

PEMBICARA SEMINAR & TALKSHOW :

A. INSPIRATION & SUCCES STORY [Stage 1]
Irwan Hidayat | Rene Suhardono | Sofyan Wanandi | TP Rahmat | Sudhamek | Alim Markus [Maspion] | Ridwan Kamil | Sandiaga Uno | Hari Sanusi (Kino Group)| Nurhayati Wardah

B. MOTIVATION & PERSONAL BUILDING [Stage 1]
Andrie Wongso | Bong Chandra | Arvan Pradiansyah | Dedy Dahlan | Muhamad Assad | Indra Noveldi | Nanang Qosim Yusuf | Kafi Kurnia |

C. GENERAL MANAGEMENT & SYSTEM SUPPORT [Stage 1]
Cristian Gusway | Johanes Lim | Antonio Dio Martin | Nyoman Marpa | Tanadi Santoso | Budiman Goh | Aviliani | Budi Isman | Andianto Setiabudi |

D. SALES, MARKETING & BRANDING [Stage 1]
James Gwee | Yuswohadi | Dicky Sukmana | Indira Abidin | Arto Subiantoro | Amalia E. Maulana | Ardantya Syahreza | Wempy Kotto | Gabriel Montadaro | Mardi Wu [Nutrifood]

E. MULTI PRODUCT – CREATIVE INDUSTRY [Stage 1]
Martin Widjaja [Sunpride] | Randiawan Saputra | Najelaa Shihab | Mustofa Ramdloni | Iwan Setiawan [9A10S] | Lorena Sari [Lorena Transport] | Gusti Ngurah Anom | Muhammad Yukka Harlanda | Abu Syauqi [Rumah Zakat] | Singgih Kartono [Magno]

F. PROPERTY [Stage 2]
Elang Gumilang | Syaiful Fadli | Aryo Diponegoro | Teddy Bachtiar | Haji Asyari | Zainul [TDA Depok] | Panangian Simanungkalit

G. FASHION & APPAREL [Stage 2]
Yudi Cosmic | Ria Miranda | Dian Pelangi | Feni Mustafa | Peter PSD | Toto Dwitarwasto | Sri Dewi K | Jenahara | Aziz Bachtiar [TDA Solo] | Billy Tjong

F. KULINER, FOOD & FRANCHISE [Stage 2]
CEO D’Cost | CEO Es Teller 77 | Ina Wiyandini | Rangga Umara | Lucy Wiryono [Holycow] | Sate Pak Budi [Sate langganan keluarga Cendana] | Johny Andrean | Dude Herlino [Sushi Miyabi] | Warteg Warmo Tebet

H. INTERNET MARKETING & TEKNOPRENEUR [Stage 2]
Hadi Kuncoro [Zalora] | Hendrik Tio [Bhinneka] | Ferry Tenka [Berrybenka] | Ken Dean Lawadinata [Kaskus] | Arnold Sebastian [Tokobagus] | Andi Budiman [Sopify] | Natali Ardianto [Tiket.com] | Jaka Wiradisuria [Valadoo] | Doddy [Doku]

I. GOVERNMENT & ORGANIZATION [Stage 2]
Menteri UKM | Mendag | Memperin | Asosiasi Pengusaha Ritel | KADIN | HIPMI | APINDO | APPMI | GEPI | TITA Turki | Matrade Malaysia | British Council | Ditjen Haki | Ditjen Pajak | BSN | Depdag

Yang butuh info lebih lanjut dan tiket, PM aku ya ..

085711433250

WA 081318511804

makasihh 🙂

Best Regards,
 
Susi S
SMK ITACO Bekasi – Siswa Wirausaha
@suzieicus
 
 
 

Startup Lokal Meetup : Team Building

Our meetup

Our meetup

Last night, I attended Startup Lokal meetup at GEPI incubator, Kuningan. As one of Startup Lokal volunteer, I came earlier to preapre anything. I came at 18.10 and the first think I have done was break the fasting or Buka Puasa… we worried bacause the hard raining outside, but thanks God, the participant came one by one. At 19.00 we started the meetup by introducing GEPI profile and program.. if you want to know more about GEPI, just visit their website > www.gepindonesia.org

Our speaker was Courtney Morris. He is Investment Analyst Grassroots Business Fund www.gbfund.org

Courtney said that Business is people so choose them well ..he said we have to make a goal from our business.. the goal should be visible goal and we have to break down the component of that goal and the last we have to identify what we have as a founder and what is still needed from others…

Ih order to hire people, we have to require universal characteristics such as :

  • Passionate about the end goal/mission
  • Trustworthy
  • Hardworking & ready to iterate
  • Creative

If the people is your partner, we should notice some of this point :

  • The need : essential skills dan resources outside your capacity
  • Strong value preoposition
  • Complete matach on core value
  • Complimentary think of it like a marriage
  • Ready to take the same amount of risk and workload and the best candidate should be trustworthy peers.

How if the people is your Employee (s)?

  • The need : semi essential & periphery resources outside your focus
  • Smart, creative, hard worker and trainibility
  • able to operate with minumum resourses
  • etc

Then the have to think about : What are 3 personal strength you bring to business and what do you value most in your self & other? many interserting answers appeared last night.. after that, we divided into group consist of 4 people and we have to think about one business idea and we have to choose what our roles in the business…

Unfortunatelly, I have to back home earlier because I have to chase the last train.. and at 23.30 I landed at home safely.. Thank you Courtney, thank you all 🙂