Dahsyatnya Belajar Ilmu Marketing Langit Bersama Pak Laksita & TDA Depok

Teman-teman adakah yang sedang berencana membuka bisnis? Atau sudah buka bisnis, namun hasilnya masih stagnan bahkan cenderung turun? Atau sudah lumayan hasilnya, tapi ingin lebih besar lagi sehingga bisa memberikan kontribusi lebih besar pada masyarakat?

Ya, semua Insya Allah bisa dilakukan, asal kita mengetahui ilmunya. Bisnis adalah perjalanan yang menuntut kita terus belajar dan salah satu bagian terpenting dari ilmu bisnis adalah “Marketing”. Sebagus dan sehebat apapun produk kita, jika kita tidak bisa melakukan kegiatan “Marketing” yang bagus, maka hasilnya percuma. Tidak akan ada cashflow yang masuk karena tidak ada penjualan dan akhirnya bisnis kita pun terancam.

Nah, bagaimana agar kita bisa mengusai ilmu marketing untuk bisnis kita? Banyak cara yang bisa dilakukan, misal dengan berguru dengan para pelaku usaha, membaca buku dan kasus, mengikuti seminar/workshop dengan pakar dll.

Salah satu cara yang saya lakukan adalah dengan membaca buku bagus serta berguru dengan pakarnya. Ga heran ketika mendapatkan undangan dari praktisinya langsung, saya sangat antusias. Ya, saya akan belajar full day tentang “Marketing langit” bersama Pak Laksita Utama Suhud, CEO Balai Kartini. Acara workshop ini bertema “The Greatest Marketing Roadmap : 3 Langkah Ajaib Membesarkan Bisnis Anda dengan Mudah” yang diinisiasi oleh teman-teman dari komunitas TDA Depok tanggal 6 Juni 2015 lalu.

Sumber : Bisnis Wizard Online

Sumber : Bisnis Wizard Online

Ini bukan pertama kalinya saya bertemu Pak Laksita. Awalnya saya hanya mendengar namanya saja

Saya berangkat dari Bekasi bersama suami menggunakan KRL ke lokasi acara yang bertempat di Auditorium FIB Universitas Indonesia. Alhamdulillah, pukul 10.00 sampai lokasi dan disambut dengan ramah oleh teman-teman dari TDA Depok termasuk Mb Lini, yang memberikan handout materi. Segera kami masuk dan acara sudah dimulai. Workshop ini bisa saya katakan “menguliti” langsung isi buku Pak Laksita yang fenomenal yang berjudul “10 Greatest Advertising Secrets”. Acara ini full seat hingga 100 orang lebih yang sangat antusias meskipun beberapa kali ada kendala mati lampu, namun tidak menyurutkan semangat peserta dan pembicara. Amazing!

Menurut Pak Laksita bisnis harus punya solusi bagi yang menjadi target. Jantung bertugas memompa darah dalam tubuh manusia, bila darah tidak mengalir maka akan mati, maka pompalah darah wirausaha dari dalam diri. Hal tersebut ibarat marketing dalam sebuah bisnis seperti yang saya tulis diatas. Menurutnya rahasia membangun yang efektif adalah better 5P (price, product, promotion, people and place).

Kebanyakan dari kita adalah tidak menetapkan target dalam bisnis, padahal target tersebut sangat penting karena dengan adanya target kita bisa menetapkan pengorban-pengorbanan apa yang siap kita lakukan untuk meraih target yang kita tetapkan.

Menurut Pak Laksita, 3 langkah paling mudah untuk membesarkan bisnis kita secepatnya adalah :

  1. Bangun pilar pemasukan
  2. Bangun reputasi baik
  3. Dan bangun pasar berkelanjutan

Ingat dalam bisnis, bukan produk yang kita jual tapi solusinya. Banyak materi dahsyat lainnya yang di bahas oleh Pak Laksita seperti Bagaimana mambangun pilar pemasukan yang efektif? Bagaimana rahasia membangun pasar yang berkelanjutan dan masih banyak lagi!

Nah, untuk teman-teman yang ga sempat ikut workshopnya, bisa mendapatkan materinya yang lebih lengkap di buku Pak Laksita yang berjudul “10 Greatest Advertising Secrets”. Buku ini sudah terbukti mengakselerasi bisnis saya dan siswa saya di siswa wirausaha , waktu itu kami berkesempatan mendapatkan buku Pak Laks, yang kalo beli harganya mencapai 1,4 dan harga tersebut sangat sebanding dengan isinya yang “daging” semua. Saya sering membahas isinya bersama siswa saya, dan alhamdulillah selain usaha kami yang perlahan-lahan naik, ada salah satu siswa saya yang sudah mempunyai bisnis sendiri yaitu Bayu dengan jasa siluetnya. Dia sudah tau apa yang menjadi keunggulannya, dan saya terus mendorong bagaimana dia mendapatkan pilar-pilar pemasukan yang optimal.

Jasa siluet bayu

Jasa siluet bayu

Nah, di acara itu juga saya sangat kaget ketika oleh Pak Laksita diperkenalkan ke peserta. Suer.. ga nyangka sama sekali. Pak Laksita menyampaikan apa yang selama ini saya kerjakan di SMK Itaco walaupun kebagusan pak ..alhamdulillah makasih banyak, akhirnya saya cerita awal mula smk itaco dan bagaimana selama ini kegiatan kami belajar dan saya harap dengan sharing informasi ini bisa menjalin silaturahmi dan kolaborasi yang lebih luas untuk anak-anak. Makasih Pak Laks..

Dan… sayang sekali saya ga bisa mengikuti workshop ini sampai selesai, karena ada urusan yang tidak bisa ditinggalkan dan sebelum pulang, lagi-lagi Pak Laks memberikan sesuatu yang luar biasa untuk SMK Itaco, yaitu 11 eksemplar buku “10 Greatest Advertising Secrets” wow, alhamdulillah, terima kasih banyak Pak, semoga segala kebaikannya mendapat balasan berlipat ganda dari Allah SWT dan alhamdulillah nanti tahun ajaran baru, di kelas kewirausahaan anak-anak ga perlu lagi gantian membacanya dan mereka bisa lebih khatam dan segera mengaplikasikan apa yang ada di buku..

11 eks buku "10 Greatest Adv secrets" sumber : Bisnis wizard online

11 eks buku “10 Greatest Adv secrets” sumber : Bisnis wizard online

Alhamdulillah, hari yang sangat indah ^^

oya, untuk bahas apa aja si yang ada dibuku itu, tunggu updatenya ya teman-teman di facebook dan jika ada teman-teman yang ingin membeli buku tersebut dengan harga special bisa hubungi saya di WA 085711433250 ^^

Buku

Buku “10 Greatest Advertising Secrets”

Leave a Reply

