Selalu Ada Jalan untuk Setiap Niat Baik

With my girls

w/ the ladies.. kaliatan seumuran kan? ya kan ya kan … πŸ˜€

Juni 2012 memberikan kesan tersendiri untuk saya. Mengapa? karena di saat itulah saya mengambil langkah besar dalam hidup saya dan mungkin menjadi salah satu titik balik hidup saya. Apa itu? ya, saya yang saat itu masih berusia 20-an (sekarang juga masih sih :D) mencoba memberanikan diri untuk mengambil inisiatif yang saya tau itu tak akan mudah. Setelah ada salah satu siswi saya di sekolah lama yang harus putus sekolah karena biaya dan dia terpaksa bekerja, berlanjut dengan harapannya agar saya bisa membantu 2 adiknya yang saat itu masih SLTP bisa tetap melanjutkan pendidikan, membuat saya memberanikan diri memulai menginisiasi lembaga pendidikan. Saya melihat, setiap anak harus mendapat pendidikan, baik pria maupun wanita. Wanita sama haknya dalam mendapatkan pendidikan. Wanita harus cerdas, karena dari wanita yang cerdas akan terlahir anak-anak yang cerdas (Quote dari My Fav, Mbak Dian Sastro). Alhamdulillah, saya bisa mengajak sekitar 20 anak putus sekolah untuk tetap melanjutkan dengan segala suka dukanya. 9 di antaranya wanita, ya mereka 9 wanita hebat angkatan pertama sekolah kami. Saya yang tidak punya modal uang sedikitpun dan pengalaman apapun, bertekad untuk terus melangkah demi anak bangsa yang terpinggirkan dan hanya bermodalkan niat baik serta upaya semaksimal yang saya mampu.

Foto wefie di atas di ambil beberapa bulan lalu, di kelas mereka. Mereka yang bersama-sama saya kuat untuk terus belajar, meskipun pindah tempat sampai 4 kali, demi mencari sewa tampat yang lebih murah. Mereka siswi yang mengerti akan cita-cita dan harapan saya atas mereka bahwa wanita juga harus mandiri dan berkarya.

Banyak cerita yang sudah kami lalui, diantaranya saya sering mengajak mereka menjadi panitia acara seperti Pesta Wirausaha TDA Bekasi, HUT Blogger Bekasi, Buka Puasa Internet Sehat. Ikut melibatkan mereka dalam acara-acara bagus seperti belajar ke at America Pacific Place, GEPI, Community Festival, Company Visit ke Think Web dll. Bahagia juga ketika pernah terlibat dalam pembuatan proyek buku antologi bareng tentang wirausaha. Mereka juga yang selama ini selalu support saya ketika kadang saya sedang merasa down, terutama ketika memikirkan pembiayaan sekolah dan waktunya guru gajian hihii..

Keterbatasan ekonomi mereka mengajarkan usaya tidak menyerah, saya terpacu untuk terus berjalan karena yakin setiap niat baik pasti akan ada jalannya. Alhamdullillah, sampai saat ini kesulitan muncul selalu di sertai kemudahan. Contohnya aja, pas lagi bingung belum ada uang untuk gaji guru karena terbatasnya orang tua asuh yang kami miliki, dapat kabar menang lomba baik individu ataupun sekolah, seperti Juara 2 Lomba Wirausaha, Harapan 2 Lomba web Desain Sekolah, Pemenang 1 Lomba Guru Blogger 2014, Juara 1 Lomba Blog Kategori Pendidikan PSF, dan yang tak ternilai adalah ketika saya masuk menjadi salah satu mentee di Program Jalan PemimpinΒ dan berkesempatan di mentori oleh Pak Budi Sadikin, CEO Bank Mandiri. Tak jarang juga saya mendapat pekerjaan sampingan untuk membantu sekolah, seperti ketika mendapat kesempatan menjadi Fasilitator Program Perpus Seru plus memungkinkan saya bisa mengunjungi berbagai daerah seperti Balikpapan, Batang, Sukoharjo, Jepara dll. Alhamdulillah …

Mungkin kalo bukan karena mereka, saya tidak akan mendapatkan kesempatan luar biasa tersebut. Saya juga belajar banyak dari mereka, belajar atas kegigihan mereka dalam menjalani hidup. Mereka gigih untuk bisa keluar dari segala keterbatasan, seperti dengan berjualan nasi uduk di sekolah, menjadi admin sosial media, membuka warung kecil-kecilan di rumah, menjual produk-produk sekolah, freelance designer, teknisi komputer dll. Kami pun belajar wirausaha bersama, bahkan di waktu libur sekalipun seperti mencetak mug, pin, kaos sablon dll. Oya untuk melihat produk-produk kami, intip aja siswa wirausaha.Β Puncaknya, kami mampu membuat sebuah seminar wirausaha dengan mendatangkan 200-an orang serta 5 pembicara keren! simak ya ceritanya disini.

Saat ini mereka sedang menempuh Ujian Sekolah setelah sebelumnya menempuh UKOM (Ujian Kompetensi) dan Insya Allah bulan depan akan melaksanakan Ujian Nasional.. Insya Allah selangkah lagi. Bulan-bulan lalu, saya sempat galau karena biaya UN yang lumayan besar, kurangnya untuk keseluruhan siswa mencapai 2 digit! kami khawatir, mereka tidak bisa mengikuti UN, karena itu artinya 3 tahun yang kami perjuangkan ini akan sia-sia. Alhamdulillah, ada jalan untuk setiap niat baik. Beberapa minggu lalu, kami mendapat bantuan untuk biaya UN siswa kami dari salah satu perusahaan. Alhamdulillah… Maha Besar Allah SWT.

Sekarang saya agak-agak galau mau berpisah sama kelas 3, secara dengan mereka lah pertama kalinya saya melewatkan semua hal. Tapi saya harus ingat, masa depan sedang menunggu mereka. Saya berpesan agar mereka tetap melanjutkan pendidikan yang lebih tinggi baik pria maupun wanita, meskipun setelah lulus SMK mereka memutuskan untuk langsung bekerja membantu keluarganya. Mereka harus menjadi pembelajar selanjang hayat (life long learner ..). Bisa nanti dengan mengikuti kuliah malam atau weekend, mencari beasiswa dll. Insya Allah kalo niat mereka kuat, akan di berikan jalannya.. aamiin..

Semoga mereka pun bisa terus saling menyayangi dan mendukung satu sama lain, menjadi Smartfren untuk satu sama lain πŸ™‚ aamiin…

Tulisan ini disertakan dalam Blog Competition #SelfieStory EmakGaoel dan Smartfren

banner

44 comments on “Selalu Ada Jalan untuk Setiap Niat Baik

  1. wah dengan melihat bukti dan perjuangan bu susi seperti ini, saya jadi termotivasi untuk banyak2 melakukan sesuatu yg baik dan berguna untuk semua orang yg membutuhkan. semangat terus ya bu, semoga selalu di beri kemudahan dan kelancaran untuk semua apa yg ibu inginkan :). aammiinn

Leave a Reply

