Serunya Kopdar Akbar Guru Bersama Indosat

image

Hari ini, Minggu 15 Maret 2015 merupakan hari yg istimewa untuk saya karena pagi ini saya akan bertemu dengan guru-guru keren dari berbagai daerah. Saya berangkat menggunakan KRL, turun di Gondangdia dan kemudian di lanjutkan dengan ojek. Ga sampai 10 menit, saya tiba di Gedung Indosat. Di pintu gerbang saya bertemu dengan Mb Nuniek dan Mb Khalida, rekan di Komunitas Emak-Emak Blogger.

Acara dibuka dengan meriah oleh Mb Meti Mediya, Guru dan blogger kece dari Komunitas Emak Blogger dan Relawan TIK serta Mas Ivan. Setelah itu acara di lanjutkan dengan pembacaan doa oleh Pak Bhayu dari IGI Bekasi dan di lanjutkan dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya yang di pimpin oleh Bu Juli dari IGI Bekasi. Wiuh.. merinding!! apalagi liat antusiasme sekitar 300 guru yang libur-libur tetap semangat untuk belajar dan berbagi bersama-sama. Selanjutnya adalah perkenalan dengan para pengurus KSGN yang menginisiasi kopdar guru keren hari ini, diantaranya adalah Omjay, Pak Namin , Bu Betti, Pak Bhayu, Pak Sukani dll.. wuih, usia baru setahun namun KSGN sudah menunjukkan kiprahnya yang luar biasa dan Omjay mempunyai visi menghasilkan 1 juta guru blogger melalui KSGN. Kerennn!!!

image

Kopdar Akbar Guru

Setelah itu ad Mb Gina dari Indonsat. menjelaskan tentang Indosat icity, yaitu forum berbasis solusi pertama di Indonesia yang identik dengan crowd solution.
Menurut MB Gina, Forum Indosat icity dulu bernama forum ngobrol bareng. Nama Indosat Icity dipilih langsung oleh komunitas. Solusi yang di tawarkan adalah dari komunitas dan untuk komunitas itu sendiri. Indosat menjadi satunya provider yang menyediakan layanan google career billing yang langsung memotong pulsa kita. Indosat juga mempunyai program Duta IM3, award untuk pengguna teraktif dan menyelenggaran Community Festival.
Kita juga bisa ikut 5 grup yang ada di Indosat icity seperti travel&culinary, music&movie, smartphone photograpy, dan otomotif. Indosat juga punya bank solusi, dimana semua solusi yang terverifikasi ada disini. Saat ini Indosat akan meluncurkan program khusus untuk blogger di bulan April. Pertama kenali kesukaan anda dan di akhir tahun ada apresiasi untuk penulis konten terbaik dan teraktif.

Saat ini ada 20.000 lebih member dan 113.000 post yang sudah ada di forum icity dan views mencapai 9juta. Yuk gabung ke icity.indosat.comhttp://icity.indosat.com

Selanjutnya adalah sesi sharing dengan para guru keren dan berprestasi, yaitu Pak Dedi Dwitagama, Bu Amiroh dan Pak M. Subakri yang di moderatori oleh Pak Namin.
Menurut Pak Dedi yang aktif ngeblog ini, menyayangkan sedikitnya guru yang di kenal kiprahnya di tingkat nasional. Menurut Pak Dedi, banyak manfaat dan nikmat yang di dapatkannya dengan menjadi seorang guru blogger.

Menurut Pak Dedi, dengan menjadi guru blogger maka kita bisa menjadi penulis yang lebih baik, menjadi pembelajar seumur hidup, bisa terkenal :D, bisa menjadi profesional, bisa menjadi juara, makin banyak relasi, makin kreatif, bisa bersinergi, makin hebat pake ICT dan meningkatkan memori. Alhamdulillah, saya ingin terus ngeblog dan lebih aktif lagi.. aamiin…
as always, Pak Dedi selalu menginspirasi, mau kenal lebih lanjut kontak aja twitternya di @dwitagama .. *follbackeaaa.. *

Selanjutnya yang ga kalah inspiratif adalah Bu Amiroh, guru di SMKN 3 Jombang. Bu Amiroh mengajar di SMKN 3 Jombang dan bisa di temui di Facebook : Amiroh Adnan dan twitter @amiroh_adnan dan web di amiroh.web.id. Bu Amiroh bertanya di awal apa alasan kita ngeblog? kalo saya yang pasti ingin mengasah kemampuan menulis, ingin membuat portofolio tulisan dimana ketika nanti saya sudah tidak adapun, tulisan tersebut bisa di nikmati oleh anak cucu dan alhamdulillah jika tulisan saya bisa di baca dan bermanfaat untuk orang lain :))

Menurut Bu Amiroh, blog itu tentang bagaimana kita bisa bertemu dengan orang baru, menjadi kebiasaan yang nenyehatkan dll dan bisa menjadi e-learning tools. Sebaiknya blog di berikan ketegorisasi sehingga bisa lebih memudahkan. Blog bisa menjadi sumber belajar siswa, orang tua dll dan juga bisa menjadi alat untuk assestment siswa. Bu Amiroh memberikan tips bagaimana cara blog tetap update? Self discipline, scheduled post, easy to contact, improve and information capture. Untuk pertama kali, jangan menjadikan blog untuk mencari uang, traffic, dan popularitas..
wah ..thank you Bu Amiroh..

Pemateri terakhir adalah Pak Subakri, seorang guru SD di Lumajang yang mempunyai alamat blog di ayomendidik.wordpress.com. Pak Subakri terinspirasi oleh Omjay dengan kata-katanya “Teruslah menulis dan tunggulah keajaiban” serta Al Gazali “Jika engkau bukan putra raja atau bangsawan, maka menulislah.. “Mantap!

Pengembangan blog ayomendidik ini udah keren banget seperti misalnya membuat jeket, membuat blog sahabat dan lomba logo ayo mendidik. Blog Pak Subakri ini sudah di kunjungi sekitar 4 juta orang.Kerennn!!!

image

Kopdar Guru Akbar Indosat

Selanjutnya adalah sesi break untuk Ishoma. Enak banget menunya.. ayam bakar dan tempe oreg.. nyam-nyam..
setelah itu ada sesi bersama Pak Onno W Purbo, pakar TIK tentang Menjadi Produsen Informasi dan sharing dari Seorang inisiator tengsis reportase, Pak Imam tentang #SelfieJurnalism..

Sambil makan siang, ditemani oleh sharing dari IndiTIK tentang peranannya dalam berbagi informasi tentang TIK untuk para guru. Kunjungi @IndiTIK untuk info lebih lanjut.

Udah makan, udah sholat.. yuk lanjut belajar :))
Pemateri pertama yang di moderatori oleh Pak Bhayu Sulis adalah Pak Imam Suwandi. Menurutnya selfie jurnalism adalah pengembangan dari citizen jurnalism. Sebagai produser atau jurnalis harus menginformasikan ke audiens bahwa mengapa suatu cerita penting dan bagaimana kejadian tersebut mempengaruhi hidupnya. Pak Imam saat ini adalah News producer di Metrotvnews.com.

Selfie Jurnalism menggunkan peralatan sederhana, simple reportase dan tak terbatas ruang dan waktu. Apa saja kelebihan menggunakan Smartphone dan Tongsis? pertama adalah lebih ekonomis, bisa cepat dan bisa kapan saja, tidak melibatkan banyak orang dan bisa segera kirim berita (online).
Skill yang di perlukan untuk selfie jurnalism : Mempunyai skill jurnalis, bisa menulis dan videografer, production expert, punya jiwa tesearcher serta mengetahui etika. Format berita TV selfie jurnalism antara lain: live on tape, live report via streaming, interview, VO SOT (suara yang di rekam). Sesi Pak Imam diakhiri dengan sesi praktek langsung selfie jurnaalism dari salah satu peserta yang sukses memancing gelk tawa hadirin đŸ˜€

Selanjutnya sesi Pak Onno W Purbo. Pak Onno ini dulu dosen di ITB dan mengundurkan diri karena ingin membuat anak bangsa pintar .. dimana kalo ‘hanya’ menjadi dosen, hanya membuat pintar segelintir siswa. Kemudian Pak Onno menulis buku dan saat ini sudah memiliki lebih dari 40 judul. Bertemu dengan Prof. Yohanes Surya membuka matanya, bahwa jika ingin membuat pintar siswa, maka caranya adalah dengan membuat pintar gurunya.. Akhirnya Pak Onno, mengajar para guru di sebuah STKIP.

image

Kopdar Akbar Guru Indosat

Seru banget pokoknya hari ini.. dapat banyak ilmu, inspirasi, teman baru, silaturahmi, pulsa, buku dan masih banyak lagi..
terima kasih KSGN, terima kasih Indosat.. see you next event!! :v

Advertisements

One comment on “Serunya Kopdar Akbar Guru Bersama Indosat

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s