Mau Kemana Setelah SMA? (University Day 2015)

Awal Januari 2015, saya mendapatkan pesan dari Pak Yandrina, salah satu guru di SMA 1 Cirebon, tempatku dulu menuntut ilmu ..intinya Pak Yan bertanya apakah saya bersedia mengisi acara tahunan di SMANSA yaitu University Day, ketika pertama kali mendengar, saya langsung mau, udah lama banget pengen berkunjung ke SAMANSA yang selama ini cuma bisa liat foto-fotonya aja yah walopun ke Cirebon, paling beraninya lewat doang .. takut ga ada guru yang kenal hihii …

Ya udah kemudian percakapan berlanjut dengan Budi, salah satu panitia University Day 2015. Budi ini ternyata adiknya Hanna, teman seangkatan waktu SMA dulu:) ya udah kemudian kami kontak-kontakan via WA. Intinya nanti saya sharing untuk kelas X, XI, dan XII. Garis besar materi kurang lebih tentang bagaimana mempersiapkan diri di masa peralihan dari SMA ke dunia kuliah. Tentang bagaimmana memilih jurusan yang seusai dengan bakat dan passion mereka. Kemudian saya menyarankan agar di bagi 2 sesi. Kelas XII sendiri terpisah dari kelas X dan XI. Saya berfikir materi yang lebih tepat untuk kelas X dan XI adalah bagaimana menemukan potensi dalam diri mereka. Alhamdulillah juga saya diizinkan ke Cirebon bersama suami *suamisiaga*

Jumat sore, 30 Januari 2015 kami berangkat ke stasiun Gambir untuk naik kereta Tegal Bahari dan turun di Stasiun Kejaksan. Disana kami di jemput oleh Budi dkk dan langsung makan bubur ayam M.Toha dan kemudian di antar ke hotel untuk beristirahat di Hotel Mega tapi sayang pas nyampe sana mati lampu… *hiks, tapi untungnya cuaca ga panas, jadi masih bisa tetap beristirahat 🙂

Paginya, saya kelaparan dan sarapan dari hotel belum datang, alhamdulillah jalan ke depan hotel ada yang jual nasi lengko… *Yummy*

Nah setelah itu saya siap-siap karena rencananya akan di jemput jam7.30. Jam 8 kurang saya di jemput oleh Cahya, yang hari itu bertugas sebagai moderator. Kemudian jam 8 lebih kami tiba di SMA 1 Cirebon. Saya takjub karena masjid nya sekarang sudah berubah loh.. ada 2 lantai 🙂 kemudian saya masuk ke SMUNSA, dan yang paling mencolok adalah sekarang lapangan upacaranya sudah di kasi atap, jadi kalo hujan ga ada alasan ga upacara :)), selain itu ada juga perubahan dimana saat ini bangunan berlantai 2 semua. Kalo kelasku dulu pas kelas 1 dan 2 masih tetap, namun IPS 1 nya sudah berlantai 2.. ruang guru pun sekarang lebih besar. Kantin dan koperasi juga ga banyak perubahan. Pokoknya wow deh masuk sana sekarang.. jadi inget masa-masa nongkrong di kantin bareng teman-teman.. or ngecengin kakak kelas dari lantai 2:))

SMA 1 Cirebon

SMA 1 Cirebon

Sudah dulu nostalgia nya 🙂 balik lagi ke acara. Jam 9-an acara di mulai. Setelah perkenalan dengan moderator, saya mulai membawakan materi untuk kelas XII. Di kelas XII ini saya membukanya dengan pertanyaan, mau kemana mereka setelah lulus SMA? rata-rata menjawab akan melanjutkan ke perguruan tinggi, karena memang SMA berbeda dengan SMK dimana siswanya di didik untuk lebih mendalami keilmuan di bandingkan skills. Saya memberikan gambaran kepada mereka tentang perbedaan masa SMA dengan kuliah. Sebelum masuk kuliah, saya menekankan pada mereka untuk mengetahui dulu “WHY” faktornya, sehingga kuliah ga sekedar ikut-ikutan, gengsi, mengejar ijazah dll. Saya menjelaskan bahwa kuliah itu Mahasiswa di tuntut belajar lebih mandiri, Banyak tugas paper dan presentasi, Moving class. Mulai menentukan arah peran di dunia, Masa yang efektif untuk membangun jejaring sosial, berorganisasi, jangan mahasiswa “kupu-kupu”. Nah beberapa tips yang saya berikan untuk memilih PT or jurusan antara lain:

  • Pilih jurusan yang sesuai dengan kemampuan, bakat dan minat. Lihat jurusankuliah.tumblr.com
  • Lihat prospek kerja dari jurusan yang dipilih …
  • Lihat potensi dengan :-Personality type-Multiplle intelegence type
    VISIT mypersonality.info
  • Pertimbangkan Sekolah kedinasan (Gratis, Ikatan dinas)
  • Perhitungkan biaya.
    • Biaya Masuk > Biaya Kuliah > Biaya Hidup
    • Sumber?? Orangtua, Beasiswa, atau Membiayai sendiri
    • Cari peluang beasiswa, syarat : IPK, Aktif
    • Biaya kuliah itu mahal.. Bertanggungjawablah ….
  • Restu orang tua itu penting …

Saya pun menceritakan beberapa pengalaman saya terkait passion dan karir yang akhirnya saya tekuni. Nah saya juga menyinggung tentang MEA 2015 dan skills apa yang mereka butuhkan untuk menghadapinya. Beberapa di antaranya adalah :

  • —Foreign Language
  • —Negotiating
  • —Communication
  • —IT
  • —Teamwork
  • —Creative thinking
  • —Marketing

Kesimpulan dari apa yang saya berikan antara lain:

  • Setiap orang unik dan spesial, dengan potensi dan “tugas khusus” masing-masing di muka bumi
  • Dengan mengenali diri dan potensi lebih baik bisa mengetahui bidang apa yang kita bisa maksimal ngejalaninnya
  • Disarankan untuk meneliti dan mengkaji benar-benar setiap jurusan yang mau dipilih sebelum masuk kuliah. Jangan salah pilih dan menyesal
  • Di setiap tempat pasti ada tantangannya. Harus persistence apalagi kalo sudah memilih dengan sadar dan penuh pertimbangan

—Nah, di sesi kelas X dan XI saya lebih banyak mengarahkan batak dan minat mereka. Saya menekankan pentingnya passion dalam memilih karir mereka nanti. Selain itu juga memberikan tes menentukan best career sesuai dengan personality type mereka, sehingga di harapkan nantinya mereka bisa menjalani hidup sesuai dengan keunggulan mereka masing-masing. Membuat rencana dan arah hidup dari sekarang and be the best version of them!

Nah, itu aja sekilas ceritanya.. pokoknya seneng banget bisa balik lagi ke SMANSA:)

Leave a Reply

