Liputan Seminar Rahasia Sukses MEA Bersama Siswa Wirausaha

Awal tahun selalu membawa semangat baru yang di harapkan bisa terus menaungi semangat kita di 11 bulan berikutnya. Begitupun saya dan siswa di SMK Itaco dan komunitas Siswa Wirausaha. Dengan maksud ingin belajar bersama dengan para praktisi dalam rangka menghadapi MEA 2015 yang sudah di depan mata, maka saya setengah “Nekad” menyiapkan seminar wirausaha ini untuk pertama kalinya. Acara tersebut kami agendakan tanggal 10 Januari 2015. Kami menyiapkannya ga kurang dari 1 bulan. Dari mulai proses mencari narasumber, membuat flyer, mendata peserta, membuat promosi dan persiapan-persiapan lain. Untunglah saya banyak di untungkan dengna hobi saya bernetworking. Mayoritas pembicara saya dapatkan karena saya kenal mereka sebelumnya. Seperti misalnya Pak Budi Sadikin (CEO Bank Mandiri), saya mengenalnya karena beliau merupakan mentor saya di program Jalan Pemimpin. Setelah itu, ada Mas Natali Ardianto karena saya membantunya di Komunitas Startup Lokal, Mas Tuhu Nugraha saya juga kenal awalnya dari Facebook, meskipun sebelumnya sudah sering mengenal namanya sebagai pakar Digital Marketing. Selanjutnya ada Pak Laksita Utama selaku CEO Balai Kartini dan juga Pak Ibrahim karena mengenalnya di Komunitas Tangan di Atas.

flyer info seminar

flyer info seminar

Semakin hari H kami semakin deg-degan.. Takut ini, takut itu.. tapi kami hanya berusaha dan menyerahkan sisanya pada yang Maha Kuasa. Alhamdulillah semua pembicara confirm. Sehari sebelum seminar, kami lebih sibuk mempersiapkan ini itu dan alhamdulillah juga tidak ada halangan yang berarti. Hari H saya pagi-pagi sudah jalan di temani suami tercinta *uhuk*. Di lokasi kami mempersiapkan apa-apa yang kurang dan sebelum memulai acara, kami melakukan briefing dan berdoa demi kelancaran acara. Tepat jam 8.15, acara di mulai dengan duet MC kece, Mb Mira dari Kumpulan Emak Blogger dan Kibot dari Akademi Berbagi. Ah beruntungnya mempunyai teman seperti mereka :), pengunjungpun mulai hadir dan bersiap belajar bersama. Setelah sedikit ice breaking, tak lama kemudian Pak Budi datang. Kami pun menyambutnya, Pak Budi terkejut di sambut banyak siswa :D, kemudian kami berbincang sebentar dan kemudian beliau memulai speech nya yang memukau banyak orang. Banyak peserta yang hadir ternyata dari luar Bekasi seperti Jakarta, Cileungsi, Karawang, Bandung bahkan ada yang dari Medan *menjura*. Beberapa poin penting yang di sampaikan Pak Budi atau yang akrab di sapa Pak BGS adalah jika kita bergaul dengan orang sukses, maka kita akan akan ketularan sukses. Selain itu, salah satu tanda orang rajin adalah jalannya cepat *ngaca*, Pak BGS berpesan untuk tidak menilai orang dari tampilan fisiknya. Menurutnya penting juga untuk untuk mempunyai teman yang banyak dan baik untuk membantu kita menjadi sukses. Bagaimana kita biar terus bersemangat? kalian harus punya cita-cita, kejarlah dengan serius dan jangan lupa beramal. Kesempatan wirausaha itu ada kalo kita mau belajar dari siapapun dan kapan saja karena itu jantung dari networking :)) wah makasihh Pak Inspirasinya 🙂

Selanjutnya adalah sesi saya, saya menjelaskan sekilas tentang SMK Itaco dan Komunitas Siswa Wirausaha disambung dengan pegumuman pemenang pembuatan desain kaos Pumpkidz yang di menangkan oleh Reza, Bayu dan Wahid. Setelah itu kami melaunching produk baru kami, yaitu kaos Pumpkidz. Kami melakukan launching sederhana dengan menggunakan model cilik untuk produk kaos anak kami. Alhamdulillah semoga usaha kami diberkahi dan dilancarkan.. Aaamiin…

Launching kaos Pumpkidz:)

Launching kaos Pumpkidz:)

Selanjutnya adalah sesi dari Pak Laksita Utama dengan tema The Great Marketing Roadmap. Kami termasuk yang beruntung karena mendapatkan buku keren dari Pak Laksita yang nilainya mencapai 1,4 juta *wow*, menurut Pak Laksita bisnis harus punya solusi bagi yang menjadi target. Jantung bertugas memompa darah dalam tubuh manusia, bila darah tidak mengalir maka akan mati, maka pompalah darah wirausaha dari dalam diri …menurutnya rahasia membangun yang efektif adalah better 5P (price, product, promotion, people and place), Pak Laksita juga berpesan untuk menjadikan sabar dan shalatmu sebagai penolong bisnismu…wow, merinding! Makasih Pakk!

Selanjutnya adalah sesi ishoma yang kali ini di temani oleh iringan lagu yang ciamik dari Senar Senja.. wow, penampilan mereka sungguh memukauuu :))

Duo MC dan Senar Senja:)

Duo MC dan Senar Senja:)

Selanjutnya masuk ke sesi Webpraktis bersama mas yang sangat ramah, Hermas Puspito. Hermas berbicara tentang visinya untuk UKM di Indonesia melalu Webpraktis. Yuk guys, era MEA saatnya UKM go online lohh.. setelah itu juga ada Ardi Sragen yang sharing tentang startup barunya yaitu Pajon Checkout. Apa itu? langsung aja ya kunjungi web nya:)

Masuk ke pemateri berikutnya adalah Pak Ibrahim. Beliau merupakan direktur dari Tuneeca, nah yang belum tau apa itu Tuneeca, coba di intip dulu..keren banget produk Indonesia yang satu ini… beliau berbagi strategi bagaimana memenangkan MEA 2015. Banyak sekali tantangan yang kita hadapi seperti misalnya Indonesia akan kebanjiran produk dari Thailand yang berkualitas tapi murah, atau siap ga dengan serbuan tenaga kerja berkualitas dari Vietnam?? Nah saatnya kita lebih mempersiapkan diri jika tidak ingin hanya menjadi penonton di negeri sendiri. Disatu sisi memang ada ancaman pasar Indonesia tergerus, namun di sisi lain ada peluang untuk memperkuat dan memperbesar pangsa pasar kita. Let’s take the chance! Ada beberapa tips dari Pak Ibrahim untuk memenangkan MEA antara lain Tingkatkan nilai prodok kita, Perkuat marketing, Perbesar marketing online dan berperan sebagai trader..Pak Ibrahim juga banyak cerita tentang perjalanan Tuneeca yang bahkan sempat hampir mau ia tutup karena banyak masalah berat yang menerpa. Untunglah beliau bertemu dengan komunitas Tangan di Atas yang kemudian menjadi titik balik bisnisnya sampai sekarang bisa mencapai omset hingga milyaran *wow*, di komunitas TDA, Pak Ibrahim menyadari bahwa ilmu bisnis itu penting dan pentingnya memiliki mentor *catet*, belajar dari pengalaman juga Pak Ibrahim akhirnya menciptakan pasar baru untuk tuneeca yang mana fokus pada keunikan, connect marketshare, ciptakan karakter produk anda, pahami kebutuhan konsumen, jangan hanya sekedar ikut yang sedang trend, jadikan pelanggan sebagai teman…wow inspiratif sekali 🙂

Sesi selanjutnya ga kalah menarik dan panas adalah sesi Mas Natali yang merupakan Co-Founder dari tiket.com. Mas Natali cerita jatuh bangunnya membangun startup seperti misalnya Urbanesia, Golfnesia sampai akhirnya sukses dengan tiket.com nya..bisnis modelnya adalah kerjasama dengan hotel, event dan juga ticketing. Dalam bisnis, menurutnya tidak ada yang terlalu muda atau terlalu kecil. Bekerja hanya dengan orang terbaik dan belajar dari yang terbaik. Selanjutnya adalah jangan mengunderestimate the power of Persistence and Consistency. Hal tersebut telah di buktikannya dengan pertumbuhan tiket.com sebesar 320% tahun 2013-2014 *wow*. Beberapa tipsnya dalam ecommerce antara lain:

  • Buatlah sebuah online presence yang bagus.
  • Industri e-commerce online itu harus kreatif dalam menelurkan ide-ide e-commercenya.
  • Namun jangan hanya situs statis satu halaman. Situs harus bisa membantu customer mencari informasi yang dia butuhkan.
  • Pengaturan harga di online bisa sangat mempengaruhi omzet yang anda dapatkan
  • Gambar yang anda upload harus sebisa mungkin berkualitas
  • Gambar produk jangan hanya satu. Ambil berbagai sudut dan berbagai sisi, agar customer dapat lebih yakin lagi dalam memilih produknya.
  • Detailkan setiap produk yang anda miliki. Semisal untuk pakaian, detilkan hingga ke ukurannya, jenis bahannya dan hal-hal menarik lainnya yang dapat menarik minat customer.
  • Kata kunci yang unik dapat meningkatkan posisi pencarian anda di search engine seperti Google. Google suka situs yang banyak teksnya!
  • Walau e-commerce merupakan toko online, namun customer akan makin percaya jika anda menyediakan alamat dan nomer telepon di website anda. Hal ini akan meningkatkan rasa percaya diri customer.
  • Permudah navigasi menu anda. Jangan dibuat terlalu kompleks. Juga hindari tampilan yang berbeda ketika mengakses menu yang berbeda pula. Jaga agar sederhana dan mudah dimengerti. Customer yang bingung akan dengan mudahnya meninggalkan situs anda dan melakukan pencarian kembali.
  • Putuskan dimanakah anda akan menjual produk anda. Anda bisa menjualnya di situs marketplace seperti tokopedia, tokobagus. Bisa juga di social media seperti Facebook. Bisa pula menjualnya di situs service toko online seperti shopify.co.id, volusion.com dan bigcommerce.com. Atau anda bisa menginstall sendiri dan melakukan kostomisa

Wow, makasih Mas Natali atas ilmu kerennya :))

Nah yang terakhir tapi ga kalah nendang adalah Mas Tuhu Nugraha, seorang digital marketing expert.. Mas Tuhu membawakan materi tentang Digital Marketing Strategy. Materi tersebut di ambil dari buku terbarunya yang berjudul http://www.HM.Defining Your Digital Strategy.

Tahapan digital strategy

Tahapan digital strategy

Menurutnya penting sekali brand memahami setiap tahapannya supaya strategi yang dilakukan di digital terukur hasilnya melalui indikator KPI. Nah kalo mau tau lebih lanjut, mending beli bukunya aja langsung… dijamin kita punya banyak info tentang strategi-strategi digital marketing yang ciamik :))

Alhamdulillah acara kelar sekitar puluk 17.20. Alhamdulillah acara berjalan lancar. Terima kasih kepada para sponsor @CheckoutID @webpraktis @masterpenyet @BankMandiri @Qwordsdotcom , Boneka Lucu, Souvenir Cokelat. Terima kasih juga untuk media partner yang selalu support @CeritaBekasi @BekasiUrbanCity @DaktaRadio , Para speakers, Para Peserta, Mc keren Mb Mira dan Kibot, Teman-teman komunitas, siswa-siswaku tercinta..pokoknya semuanya..sampai jumpa di lain waktu 🙂

<3

Advertisements

5 comments on “Liputan Seminar Rahasia Sukses MEA Bersama Siswa Wirausaha

  1. Pingback: Menjadi Guru itu Seru! • Guraru

  2. Pingback: Mobil Ayla dan Sejuta Cerita di Dalamnya | SUZIE ICUS PERSONAL BLOG

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s