LANGKAH MUDAH SADAR INVESTASI SEJAK DINI

PS : Tulisan saya berikut masih related dengan artikel sebelumnya tentang cerdas keuangan > https://suzieitaco.wordpress.com/2014/12/15/cara-mudah-mempunyai-kecerdasan-finansial/ < di baca juga ya..thank u:))

Saat ini masih banyak yang hanya mengetahui bagaimana mencari uang, kemudian di gunakan untuk membiayai berbagai kebutuhan hidupnya dan jika ada sisa, maka akan di tabung. Adapun yang telah mengenal investasi lebih banyak menginvestasikan di produk-produk seperti emas atau tanah. Kebiasaan tersebut sudah turun-temurun di masyarakat Indonesia.

Atas dasar itulah saya mencoba memberikan pengetahuan yang saya miliki meskipun masih dasar banget kepada siswa saya tentang perencanaan keuangan dan investasi kepada siswa saya.

Mengajarkan Tentang Finansial Planning&Investasi Kepada Siswa

Mengajarkan Tentang Finansial Planning&Investasi Kepada Siswa

Banyak dari mereka berfikir bahwa investasi memerlukan modal yang besar, namun saya menekankan kepada mereka Investasi bisa dimulai dari yang kecil. Ingat prinsip sedikit-sedikit lama-lama menjadi bukit. Untuk seusia mereka yang belum mempunyai pendapatan aktif, saya mengajarkan menabung terlebih dahulu, namun mereka di jelaskan juga perbedaan menabung dengan investasi, sehingga kelak ketika mereka sudah bekerja bisa langsung berinvestasi. Saat ini mereka mempunyai buku tabungan pribadi, harapannya ketika sudah lulus bisa di alihkan untuk investasi.

Continue reading

Cara Mudah Mempunyai Kecerdasan Finansial

Saat ini beberapa orang di sekitar saya belum menyadari pentingnya perencanaan keuangan atau Financial Planning. Saya dulu kuliah di Fakultas Ekonomi dan Jurusan IPS ketika SMU, sedikit banyak belajar tentang pentingnya mengatur keuangan dan juga investasi. Setelah lulus dan menjadi guru, passion saya tentang financial planning tidak berubah. Saya ingin memasukan materi-materi tentang perencanaan keuangan dalam pembelajaran yang saya berikan ke anak didik saya, termasuk mimpi saya adalah memperdalam ilmu tentang financial planning sehingga saya bisa sharing ke rekan-rekan guru dan juga orang  tua murid siswa saya. Namun keinginan itu harus saya pending dan akhirnya lebih banyak belajar via google dan juga kelas-kelas seminar/workshop. Beruntunglah saya tergabung di komunitas Akademi Berbagi Bekasi, sehingga kami bisa menyelenggarakan beberapa kelas tentang financial planning dan investasi. Yang pertama adalah kelas tentang Basic Investment bersama Pak Endy Kurniawan dan kedua adalah tentang Financial Planning bersama Mba Diana Sandjaja.

Menurut Mba Diana, makna financial planning adalah Langkah-langkah yang digunakan oleh individu, secara terencana dan teratur yang bertujuan untuk mencapai tujuan keuangan. Tujuan hidup ini dapat termasuk membeli rumah, untuk pendidikan atau untuk perencanaan dana pensiun. Sayangnya, masyarakat awam saat ini menilai bahwa perencanaan keuangan hanya diperuntukkan bagi kalangan “ber-uang” lebih atau orang-orang kaya raya. Padahal, kita yang “ber-uang” pas-pasan justru paling membutuhkan perencanaan keuangan yang baik. Dalam bukunya “Passion, Profit and Power” Marshal Sylver menyebutkan bahwa hanya 1% orang di dunia namun menguasai 50% uang di dunia, 4% menguasai 40% uang di dunia dan sisanya 95% orang memperebutkan uang 1% di dunia.. Nah see??? Oleh karena itu 95% penduduk mengalami masalah kekurangan uang. Untuk menghindari masalah-masalah keuangan yang mungkin terjadi, maka dibutuhkan  perencanaan keuangan yang baik. Selain kelas di Akademi Berbagi Bekasi, saya juga membaca buku karangannya yang di tulis bersama Pandji Harsanto, yang menurut saya sangat simple tapi mengena, berjudul “Make Your Own Plan! Perencanaan Keuangan, Nggak Pake Ribet!.

Mb Diana Mengajar di Akber Bekasi

Mb Diana Mengajar di Akber Bekasi

Continue reading

Happy Birthday My Lovely Husband

Good morning ^^

Hari ini mas genap berusia 28 tahun, walopun udah keliatan seperti usia 29 ya kan ya kan :p

10801617_10152663494513743_8360481468315954080_n

pertama kalinya bertambah usia setelah berganti status dari pria single jomblo yang bebas merdeka menjadi pria yang berani menikahi seorang perempuan dengan segala tanggung jawabnya ..di usia pernikahan kita yang baru seumur jagung ini (emang berapa umur jagung ya *abaikan) masih banyak PR kita kedepan.. tapi Insya Allah dengan niat dan usaha, kita bisa terus saling memahami :))

Semoga di usia 28 ini mas tambah sehat, tambah baik, sabar, pengertian terutama untuk segala kekurangan-kekuranganku :p, tambah lancar kerjaan nya jadi, tambah banyak rezeki nya (ini penting banget :D), LOL

Tambah soleh, lebih rajin ibadahnya ..dan di rihdoi setiap langkahnya sama Allah SWT..

Oh iya, ini ada puisi untuk mu..walopun yang bikin Kibot, tapi bisa mewakili perasaan ku..:p

Happy birthday sayang ^^

Cintaku,kita adalah satu.
Damai yang tak pernah terhapus waktu.
Kamu adalah rumah terakhir yang selalu ada
Dalam doaku.

Ada banyak harapku atasmu.
Namu satu yang selalu harus kamu ingat bahwa jadikanlah
Aku istana tempat dimana keluh kesahmu
Berakhir,kebahagiaan yang seakan tanpa akhir.

Selamat ulang tahun,berbahagialah selalu cintaku…

pizap.com14178351972941

Maju TIK Indonesia Bersama INDITIK

Bertepatan dengan hari Guru 25 November lalu saya menghadiri acara yang sangat luar biasa yaitu Konferensi Guru dengan Tema Pemanfaatan TIK dan kesiapan guru dalam menghadapi Masyarakat Ekonomi ASEAN 2015″ yang bertempat di Aula Perpusatakaan Nasional. Sayang saya tidak bisa menyimak dari pagi karena baru tiba dini hari dari Solo kemudian pagi-pagi sekali saya harus sudah pergi ke suatu tempat. Namun beruntung, pihak panitia men-share materi yang di berikan dari pemateri yang sangat luar biasa yaitu Prof. Dr. Arief Rachman, M.Pd, Bapak Uwes Anis, S.Pd, M.Pd dan juga Bapak Wijaya Kusuma atau yang akrab di sapa Omjay. Oya untuk teman-teman yang ingin mendapatkan materinya bisa unduh disini. Ada kalimat bagus yang saya kutip dari Fanpage IndiTIK yaitu apa yang di sampaikan pak Uwes bahwasanya “Pengajaran modern bukan hanya menggunakan teknologi modern. Konsep modern di sini artinya pembelajaran aktif berpusat pada siswa. Apa pun teknologi dan kurikulumnya, ruh pembelajaran aktif berpusat pada siswa”.Betul sekali 🙂

Saya tiba disana pas waktu makan siang, jadi ya udah langsung makan hehe :p

kemudian setelah ISHOMA dilanjutkan dengan sesi Omjay yang berhasil mengundang gelak tawa para guru sekaligus menginspirasi para guru untuk melek teknologi termasuk memanfaatkan blog untuk pembelajaran. Omjay banyak bercerita tentang banyak nya manfaat yang dia dapat dari ngeblog ^^

Setelah itu acara di lanjutkan dengan sambutan dari Perwakilan Djalaludin Pane Foundation selaku pemrakarsa Gerakan IndiTIK. Dalam sambutannya beliau menerangkan Gerakan indiTIK melibatkan guru-guru seluruh Indonesia dan akan menampung ide dari guru untuk mewujudkan berbagai pelatihan TIK. IndiTIK akan memeratakan pendidikan TIK di seluruh Indonesia dengan berbagai program TIK. Keren banget yaa IndiTIK ^^

Acara kemudian di lanjutkan dengan pemberian bantuan berupa laptop dan LCD untuk beberapa sekolah dilanjutkan dengan peresmian indiTIK yang juga menghadirkan pihak dari Kemdikbud. Keren ^^

Acara penutup adalah pengumuman Lomba Blog yang di selenggarakan oleh IndiTIK yang mengambil tema Pemanfaatan TIK dalam menunjang proses Mengajar, dimana di umumkan untuk Pemenang 1, 2 dan 3.. sayang pemenang ke 2 dan 3 berhalangan karena tinggal di luar kota, ya sudah akhirnya simbolis penyerahan hadiah di lakukan oleh pemenang pertamaa :)) ah, saya ga nyangka bisa mendapat pemenang pertama..alhamdulillah.. terima kasih untuk semua pihak dan maju terus IndiTIK :))

Master Penyet yang Pedas Sadis

Saya termasuk orang yang gemar makan sambel… rasanya kalo makan ga pake sambel itu kurang nendang dan hambar rasanya :p, jadilah setiap makan saya semaksimal mungkin menghadirkan sambel sebagai menu wajib 😀

Pun ketika makan di luar terutama makan yang berbau goreng-gorengan seperti ayam, tempe, telor, ikan dll..nah selama ini belum pernah satupun makanan di luar dengan sambelnya yang membuat saya terkesan… masih biasa lah^^

Nah kemudian ada perasaan berbeda ketika untuk pertama kalinya saya makan di Master Penyet, waktu itu saya makan di outlet cabang Galaxy, Bekasi. Pertama kali melihat nya, langsung membuat saya jatuh cinta. Bagaimana tidak? ayam goreng nan besar di balur dengan sambel yang nampaknya lezat .. saya jadi ingat penampakan penyetan favorit saya ketika kuliah di Yogya, waktu itu ayam atau tempe nya di tumbuk berbarengan dengan sambelnya.. dan itu ENAK BINGITS!!!

10600666_708889169197472_2014913722236616517_n

Jadi deh, sejak saat itu Master Penyet menjadi tempat wajib yang saya kunjungi, saya yang ga terlalu suka pedas, di Master Penyet saya pasti suka sambel Korek nya yang Pedas Sadis itu, dan ga pernah nyobain sambel yang ga terlalu pedasnya 😀

Bisa di bilang, paling tidak saya menyambangi Master Penyet seminggu sekali, bahkan pernah seminggu 2-3 kali :p *kayakminumobat* saya juga berhasil meracuni beberapa teman untuk nyobain sadisnya sambel khas Master Penyet :p

Master Penyet ga cuma punya menu ayam loh… mereka juga punya menu Bebek, Bandeng, Lele, Telor, Tempe, Sayur Kangkung, Toge dll yang ga kalah maknyus nyaa…saat ini Master Penyet berada di 3 tempat, yaitu :

Cabang Taman Galaxi
Ruko Taman Galaxi Blok H No 18, Bekasi Selatan
Telp. 36 777 004

Cabang Perumnas 2
Jl. Lele Raya No.15 Perumnas 2 (Belakang Bekasi Cyber park)
Perumnas 2, Bekasi Selatan.
Telp. 32 222 542

Cabang Wisma Asri
Jl. Raya Perjuangan, Ruko Taman Wisma Asri B27-39
(samping Indomaret) Bekasi Utara.
Telp. 36 777 200

Eh kamu bisa Delivery juga lohhh dan menerima pemesanan untuk acara-acara spesial kamu seperti Ulang tahun, arisan, kumpul keluarga, rapat dll .. yuks ^^

Yuk mampir ke Master Penyet dan rasakan sensasi makan yang berbeda ^^

Follow twitter nya ya di @masterpenyet

Fanpage&Instagram nya di : Master Penyet

Web nya di masterpenyet.com ^^