Menimba Ilmu dari CEO di Jalan Pemimpin

Menimba Ilmu dari CEO di Jalan Pemimpin

Hari minggu, 9 November 2014 lalu saya mendapatkan kesempatan istimewa bersama 18 teman lainnya dari 300an lebih pendaftar melalui Program Jalan Pemimpin. Apa yang istimewa dari Program tersebut? simak yuk..

Day – 1

Saya berangkat hari Minggu jam 11.00 dengan menggunakan KRL dan janjian dengan Aulia dan Denis di Sta. Kalibata, kemudian dari sana kami berangkat bersama-sama menuju Swiss Bell Hotel dengan menggunakan taksi. Disana kami langsung makan siang plus berkenalan dengan teman-teman dari jalan pemimpin lainnya serta buddy masing-masing. Disitulah untuk pertama kalinya kami bertemu dan kami langsung akrab karena sebelumnya sudah berkomunikasi meskipun hanya via whattsapp. Setelah makan, kami memasuki sesi perkenalan yang di pandu oleh Grace dan Angga. Suasana perkenalan berjalan hangat karena ketika berkenalan kami di minta untuk menyebutkan 3 fakta tentang diri kita, dimana harus mengandung 1 fakta yang salah dan teman lainnya harus menebak mana fakta yang salah tersebut. Banyak fakta-fakta unik yang kami dapatkan satu sama lain sehingga kita bisa lebih mengenal. Acara kemudian di lanjutkan dengan pengenalan tentang program Jalan Pemimpin oleh Yosea. Apa itu jalan pemimpin? Simak yuk ulasan saya disini. Kemudian acara di lanjutkan dengan inspiring speech dari Pak Handry GE, selaku inisiator program Jalan Pemimpin. Saya sudah lama kagum dengan Pak Handry GE. Pertama kali saya bertemu dengannya di acara 3rd Anniversary Akademi Berbagi, salah satu komunitas tempat saya bergabung. Saya sangat kagum dengan Pak @HandryGE, dia itu sangat passionate terhadap anak muda, karena dia percaya “Leaders Create another leaders”, “Leaders are made not born”, mereka bekerja sangat keras menghadapi banyak masalah, kegagalan dll. Setiap pemimpin yang hebat tidak melalui jalan yang mudah. –If you just take easy, forget to be a leaders.. Seorang leaders juga deal dengan keputusan yang sulit and deal with tough issue, sehingga Jalan Pemimpin harus di temukan …Leaders also need to fire, try to find your differentioation, need to have connection (mentor), have ideas. Pak Handry berpesan to be a leaders you need to have 3E (Energy, Energize and Execute).

Selanjutnya adalah sesi bersama Pak Mardi Wu. Pak Mardi banyak menceritakan perjalanan hidupnya, bagaimana dia dari daerah yang cukup terpencil berhasil menapaki ibukota dan memimpin PT. Nutrifood. Pak Mardi mempunyai hobby travelling dan hanya 2 provinsi saja yang belum pernah dia kunjungii..wOw #mupeng. Pak @wumard mengatakan bahwa banyak hal besar karena ada yang mulai, leaders lah yang berani memulai. Leadership adalah panggilan, tiap orang punya panggilan untuk berbuat sesuatu. Leaders membutuhkan persistance, jangan pernah berusaha mengetok (berusaha), harus kuat, jangan takut kegagalan, adaptif terhadap perubahan lingkungan dan kunci sukses leaders adalah terus belajar.

Selanjutnya adalah sesi Pak Budi Gunadi Sadikin @BudiGSadikin, seorang CEO Bank Mandiri yang menyempatkan diri bertemu dengan kami. Wuih mimpi apa coba kami bisa bertemu dengan CEO Bank BUMN terbesar di Indonesia. Pak Budi banyak mengisahkan pengalaman hidupnya berkecimpung di beberapa bank sehingga terakhir berhasil menapaki karir sebagai CEO dari BUMN terbesar di Indonesia tersebut. Banyak pelajaran yang kami dapatkan antara lain Pak Budi mengatakan bahwa “Di atas langit masih ada langit, if you feel the best you won’t hear others and you tend to fail …” dan yang lebih amazing lagi adalah Pak Budi akan menjadi mentorku selama setahun kedepan di program Jalan Pemimpin.. I was so speechless at that time… setelah inspiring speech, saya kemudian secara langsung melakukan sesi mentoring dengan Pak Budi, wah saat ini saya sangat nervous. Pak Budi banyak bertanya tentang program yang sedang kami lakukan serta banyak memberikan masukan. Pak Budi orang yang sangat humble, sehingga saya pun bisa lebih nyaman untuk bercerita banyak. Terim akasih Pak, ga sabar dapat ilmu-ilmu selanjutnya ^^

Setelah sesi kelas, kami pun ke kamar untuk bersiap-siap makan malam. Saya stu kamar dengan Lina. Lina adalah seorang dokter yang sedang mengambil spesialis jantung di Unair dengan program @BukuUntukPapua. Lina bercita-cita meningkatkan tingkat literasi untuk anak Papua .. semangat Lina! Kemudian setelah magrib kami bergegas menuju Restoran Bebek Bengil di Kawasan HI dan setelkah selesai pulang untuk mempersiapkan diri aktifitas keesokan harinya ^^

Day – 2                     

Hari kedua, kami sarapan setelah itu langsung masuk sesi kelas. Yang pertama adalah bersama Bapak Josef Bataona seorang HR Director Indofood. Pak Josef berasal dari Florel namun berhail menapaki kehidupan yang lebih baik jauh dari desanya yaitu di Jakarta. Pak Josef suka menulis di blog nya Josefbataona.com ini berpesan untuk selalu menjaga kepercayaan yang kita terima, karena sekalinya kepercayaan tersebut hilang, makan akan sulit di peroleh kembali. Sedangkan apabila kita bisa menjaga kepercayaan, maka kita akan mendapatkan kesempatan terus. Hal lain adalah menurutnya penting untuk “Be your self..” tapi ingat harus be better everyday, lakukan segala sesuatu dengan sepenuh hati, jangan sampai menyesal nantinya. Setiap manusia di ciptakan unik dengan talenta masing-masing, dan jika kita percaya kita akan sukses, maka Insya Allah kita akan sukses. Bapak ini keren banget loh karena bisa mengupdate tulisannya di blog setiap selasa/jumat, kerennn!! Menurutnya lakukan apa yang penting di lakukan terlebih dahulu, atau istilahnya First Things First! Pak Josef juga rajin berolahraga 4x dalam seminggu dan situp 50x/hari..beberapa pesan lainnya adalah:

  • Start with DREAM, but need follow up action..
  • Every moment prepare you for the future
  • Open yourself for learning
  • Change and network
  • Balance your physic and mental spiritual
  • Be grateful dan bangun mindset positif setiap pagi
  • Perilaku kita setiap hari adalah kita yang memilih
  • Be there, be present
  • Make a day for others
  • Play and fun!
  • Practice in your daily life
  • Connect people and get emotion
  • Develop your communication skills
  • Establish your credibility (discipline, responsible..)

Nah selanjutnya adalah sesi Bu Betti Alisjahbana. Bu Betti ini wanita yang sangat keren sekali menurut saya. Mengapaaa?? Karena di satu dari banyak pemimpin yang tanggung di Indonesia. Beliau pernah menjabat sebagai Direktur Utama PT. IBM Indonesia selama 8 tahun dan saat ini menjabat Komisaris di PT. Garuda Indonesia dan juga menjalankan usaha salah satunya di bidang konsultasi dan training. Bu Betti ini orangnya sangat humble dan membuat siapapun yang mendengarkan nya menjadi terpana.. 🙂

Bu Betti sharing tentang Leadership. Leadership adalah the energetic process ot getting peoplefully & willing commited. Menurutnya Leader harus kompeten dan soft skills dan memimpin organisasi social merupakan the real challenge of leadership. Leadershis is simply about Influencing people. Leaders find a way for the team. Trust is the foundation for all effective leadership. Seorang leader memerlukan 3C (Competence, Connection and Character), and it takes a leader to raise up a leader. Leaders dan follower harus punya standar yang sama. Artinya jika kita meminta followers kita untuk disiplin dan kerja keras, maka kita pun harus bisa disiplin dan kerja keras. If your actions inspires others to dream more, learn more, do more and become more, so you are a leaders! Kepemimpinan adalah sesuatu yang harus di asah, di perlukan :

  • Drive & passsion
  • Desire to lead
  • Integrity
  • Self confidence
  • Intellegence
  • Job relevant knowledge

Leader’s job antara lain : Motivate followers, Create vision, build team, allocate task. Leadership orientation selalu mengedepankan ethics, be of services, tau mau kemana, tau sekarang ada, think big, act with sustained initiative. Ethics menjadi sangat penting karena orang bisa memaafkan kita ketika kita gagal, namun tidak untuk pelanggaran ethics. Bu Betti menjelaskan tentang SOAR yang terdiri atas Strength (what’s your greatness assets), Opportunities (What are the best opportunities), Aspiration (Who do we want to be, and what is your preffered future and Result (what are the measureable result you want to achieve)

The Success Sequence : Value, believe, tough reflect in what we say and do to achieve the best result by capitalize your strength!what are the measureable result you want to achieve).

Kita perlu fokus dalam melakukan sesuatu dan juga :

  • You gonna believe it’s sexy
  • Harus tau bahwa semua butuh interaksi
  • The power of execution
  • Start with why

Waktu pun tak terasa berakhir, ingin rasanya menahanmu buuu.. thank you for the inspiration …

Sesi terakhir adalah sesi kelas bersama wanita yang ga kalah awesome, siapa diaa? Dia adalah bu Prita Kemal Gani, Direktur dan Founder dari LSPR atau London School of Public Relations. Bu Prita ini juga sangat menginpirasi terutama saya yang juga terjun di dunia pendidikan. Bagaimana dia bisa membesarkan sebuah lembaga pendidikan dari 0 hingga sekarang telah meluluskan lebih dari 10.000 alumni. Wow.. keren!

Bu Prita banyak menjelaskan tentang Public Realtion for business. Menurutnya PR is about performance and reputation, P is for Performance and R is about Reputation. PR is the result what you do, the result what you say and the result what others say about you!

Menurut Bu Prita, kunci sukses seorang entrepreneur adalah :

  1. Buat orang percaya dengan apa yang kita lakukan
  2. Present to others
  3. Inform the pulics of company’s achievement
  4. Maintain a positive situation (company behaviour, company performance)

Menurutnya, step ini oublicity planning adalah : Collect the facts, Use company history, Collect biographs, explain ideas of the project ..dan PR untuk usaha non profit adalah cari dulu manfaatnya dari usaha tersebut.makasih banyak bu Prita.

Selanjutnya kami bersiap-siap untuk acara makan malam dan mentoring dengan para mentor kami sekaligus pengenalan program kepada rekan media dan komunitas. Kami berangkat menggunakan bus ke Pelataran Dharmawangsa. Selanjutnya adalah sesi mentoring dan acara kemudian di lanjutkan dengan acara makan malam. Selanjutnya acara di mulai oleh sang comic ngehits yaitu Ernest Prakarsa. Dia sangat mencairkan suasana dan acara berlangsung dengan penuh gelak tawa. Acara kemudian dilanjutkan oleh sambutan dari Pak Handry GE selaku perwakilan para inisiator, ada juga inspiring speech dari Ananda Sukarlan, seorang pianis yang  masuk dalam 2000 maestro musik ternama di dunia. Wow, luar biasa! Kemudian di lanjutkan dengan perkenalan Mentee dan Mentor, wah mentor kami keren-keren loh sob.. yuk makanya prepare yourself buat ikut the next batch @JalanPemimpin .. akhirnya acara harus berakhir, hiks.. semoga kami bisa belajar dengan baik dengan para mentor kami setahun kedepan ya teman.. doakan program-program kami sukses dan membewa manfaat untuk orang banyak! Aamiin…

Terima kasih tak terhingga untuk inisiator Jalan Pemimpin, Pak Handry, Pak Mardi dan Mas Arif..

Untuk para Buddy yang keren dan tanpa kenal lelah membantu kamii.. Yosea, Grace, Icha, Angga, Intan, Aria ..

Untuk teman-teman di jalan pemimpin semua.. semoga nanti kita bertemu lagi dengan cerita-cerita luar biasa yahhh ^^

Untuk para mentor-mentor yang sudah bersedia meluangkan waktu dan effort nya hingga setahun kedepan..semoga selalu di berikan kesehatan …

Untuk keluargaku, teman2 di Akademi Berbagi dll yangs elalu support dan terutama untuk keluarga besar SMK Itaco dan Siswa Wirausaha.. Semoga kita menjadi lebih maju yaa, terutama untuk lebih banyak membantu siswa pra sejahtera untuk masa depan mereka yang lebih baik.. aamiin..

See u at the TOP!

Advertisements

9 comments on “Menimba Ilmu dari CEO di Jalan Pemimpin

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s