Harapan untuk Pak Anies Baswedan di Kabinet Kerja

Precious Moment with Mr. Anies Baswedan :)

Precious Moment with Mr. Anies Baswedan 🙂

Halo Pak, apa kabar? semoga kesehatan dan keberkahan selalu bersama Bapak sehingga Bapak bisa menjalankan amanah dengan sebaik-baiknya..aamiin..

Oya pak, kita pernah bertemu di acara On Off tahun 2011, mungkin Bapak sudah lupa. Kita sempat berfoto bersama dan Bapak memberikan tanda tangan di buku Indonesia Mengajar dengan pesan “tetaplah menjadi guru yang menginspirasi…” kalimat singkat tersebut menjadi penyemangat saya untuk mengabdikan diri di dunia pendidikan. Oya Pak, btw kita mempunyai kesamaan yaitu sama2 lahir di Kuningan, Jawa Barat dan juga Alumni FE UGM :)) Bapak menginspirasi saya untuk bisa memberikan yang terbaik di dunia pendidikan.

Ketika mendengar Bapak masuk menjadi Menteri Kebudayaan dan Pendidikan Dasar Menengah, saya termasuk di antara orang yang berbahagia dan bersyukur, karena saya sedikit banyak mengagumi kiprah Bapak di dunia Pendidikan termasuk dengan Program Indonesia Mengajar dan Kelas Inspirasinya. Saya menaruh harapan besar dan yakin akan kemampuan Bapak membawa dunia pendidikan Indonesia yang lebih maju dan bisa bersaing terutama sebentar lagi kita akan menghadapi MEA 2015.

Saya berharap Bapak bisa membenahi terutama sistem pendidikan di Indonesia. Sebagai guru juga saya berharap pendidikan kita tidak semata berorientasi pada angka, namun juga pada life skills dan akhlak. Pendidikan yang bisa memanusiakan manusia sesuai dengan usia peserta didik. Peserta didik usia dini tidak di bebani dengan berbagai beban belajar yang berat, karena usia mereka masih usia bermain. Di harapkan sistem pendidikan kita bisa mengakomodasi berbagai tipe kecerdasan siswa, sehingga siswa bisa menjadi yang terbaik di bidangnya masing-masing. Sekolah bisa menjadi tempat yang menyenangkan untuk belajar, mengasah dan mengembangkan kreatifitas, bersosialisasi, menciptakan karakter baik yang empatik terhadap lingkungan sekitar dan mempunyai kemampuan untuk mengatasi masalah di sekitarnya (problem solving).

Sebagai guru kewirausahaan juga saya berharap bisa memasukan kurikulum kewirausahaan yang mumpuni dan tidak hanya sekedar teori selama ini. Saya melakukan lebih banyak praktek untuk peserta didik saya, namun akan lebih baik jika mempunyai kurikulum yang komprehensif kerja sama dengan dunia usaha dan industri. Terakhir, memperhatikan pemerataan pendidikan, jangan ada lagi kasus anak putus sekolah karena biaya baik di daerah maupun juga yang masih banyak terjadi di perkotaan. Saya berusaha menginisiasi anak putus sekolah atau tidak mampu, namun kemampuan kami sangat terbatas dan butuh dukungan dari berbagai pihak termasuk pemerintah. Mungkin itu saja pak, semoga Bapak selalu sehat dan terus membawa inovasi-inovasi untuk pendidikan di Indonesia.

Selamat Bekerja Bapak Anies Baswedan.

5 comments on “Harapan untuk Pak Anies Baswedan di Kabinet Kerja

Leave a Reply

