Belajar Pengantar Social Media Bersama Ilmu Berbagi

18  April 2014 lalu, SMK Itaco kedatangan Kak @ArdiTimika dalam rangkaian Ilmu Berbagi Goes to School. Materi yang dibawakan kali ini adalah “Pengantar Social Media”. kak Ardi saat ini bekerja di Ednovate. Ednovate memberikan pelayanan dlm digital service, ecommerce service, media portal&education.

Media sosial sendiri adalah sebuah media dgn para penggunan bs dgn mudah berbagi,berpartisipasi,dan menciptakan isi meliputi blog, jejaring, social dll. Menurutnya ada 3hal yg membuat internet user meningkat: paket layanan semakin murah, gadget semakin murah, dan sosial media. Indonesia saat ini memiliki pengguna internet dan sosial media yang cukup besar. Manfaat social media antara lain : conversation, branding, support product promotion, support event offline, custumer relation dll. Jadi melihat peluang tersebut, jangan sampai menggunakan sosial media hanya sekedar untuk update status atau hal-hal yang kurang bermanfaat.

pizap.com10.61044510314241051398680703602

Nah sekarang, bagaimana memaksimalkn social media?? Pilih media&fokus, tentukan target, konten, konsisten, optimalkan-schedule, interaksi. Jika hal tersebut dijalankan, tidak mustahil sosial media akan memberikan manfaat yang besar sesuai dengan tujuan yang kita inginkan. Jenis konten untuk mengoptimalkan sosial media antara lain :Tips, quote, education serial tweet, edukasi produk, conversation, health campaign dl. Nah, bagaimana jika kita memegang akun sebuah brand?? Kak Ardi memberi tips untuk mengisi dengan 80% konten yang bermanfaat untuk follower dan 20% promo produk, jangan sebaliknya, kalo ga mau di unfollow rame-rame2 :p, kita juga harus konsisten mengupdate social media kita, contohnya untuk twitter usahakan mengupdatenya 15-20/hari dan facebook 6 update/hari.

Setelah, itu jangan lupa untuk mengevaluasinya, bagaimana caranya? banyak web untuk melihat sejauh mana keefektifan sosial media yang kita miliki, seperti misalnya menggunakan tweetreach.com untuk melihat sejauh mana jangkauan twit kita..

Seru banget belajar kali ini.. semakin membuka wawasan dan ilmu tentang sosial media..

Terima kasih kak Ardii :))

dan juga kak Rian, Fuad dan Juju dan Ilmu Berbagi :))

Untuk siswa SMK Itaco, ini contoh postingan materi Sosial Media, DILARANG COPY PASTE, langkah mengerjakan tugasnya :

1. Membuat postingan tentang materi sosial media Kak Ardi, foto2 kegiatan bisa di ambil di https://www.facebook.com/smkitacobekasi/media_set?set=a.404783559659342.1073741833.100003831030360&type=1&notif_t=like

2. Setelah posting, di share di twitter masing2, dan mention ke @ArdiTimika @suzieicus

3. Isi dari postingan blog di kultwit di twitter, seperti contoh berikut :

12

4. Akan ada reward untuk postingan terbaik

5. Ditunggu sampai tanggal 2 Mei 2014, lewat akan ada sanksi dan juga tidak akan dinilai

SELAMAT MENGERJAKAN

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s