Cerita Kalo Saya Sehari Tanpa Internet, Kamu?

Rasanya sulit membayangkan jika sehari saja saya tidak bersinggungan dengan internet.. banyak pekerjaan yang saya lakukan sangat terbantu dengan kehadiran internet. Mengapa oh mengapa? Internet sangat saya perlukan terutama menyangkut beberapa aktifitas saya. Mau tau apa saja? intip yukkk …

1. Tidak bisa mengoptimalkan kegiatan belajar mengajar

Sebagai guru melek digital, saya sangat menyadari pentingnya kehadiran internet. Seperti kita tahu bahwa kecerdasan tidak selalu menyangkut intelektual saja, Gardner mengungkapkan kecerdasan majemuk karena kita percaya bahwa tidak anak yang bodoh. Pembelajaran dimasa lalu, hanya berfokus pada pembelajaran konvensional dimana guru sebagai centre of attention. Dengan perkembangan internet, saya bisa mencari bahan pembelajaran yang mengakomodir berbagai tipe kecerdasan siswa. Saya bisa dengan mudah mencari materi-materi atau memodifikasi materi pembelajaran yang menarik untuk siswa. Sebagai contoh, saya merancang pembelajaran yang lebih menarik karena bisa dilengkapi gambar, suara, video animasi dll. Dengan internet, guru dan siswa dapat dengan cepat memperoleh bahan belajar tanpa dibatasi ruang dan waktu. Kegiatan tidak terhenti di ruang kelas. Ga kebayang kalo ga ada internet, walau cuma sehari.. karena saya selalu ingin memberikan yang terbaik untuk siswa.

Memanfaatkan teknologi untuk pembelajaran

Memanfaatkan teknologi untuk pembelajaran

2. Tidak bisa terhubung dan berinteraksi dengan pendidik di berbagai belahan dunia

Perkembangan sosial media seperti twitter dan facebook sehingga kita dapat terhubung dengan para pakar dan rekan sesama guru di seluruh dunia. Para guru dapat bertukar informasi, belajar online dan juga penyebaran info kegiatan-kegiatan yang meningkatkan kompetensi guru melalui milis atau lainnya. Nah, jika ga ada internet sehari saya ga bisa berinteraksi dengan mereka dan bahkan bisa kehilangan informasi yang bermanfaat.

3. Tidak bisa membantu budaya menulis

Saat ini kita jangan hanya menikmati konten, tapi kita harus bisa menciptakan konten. Internet juga menumbuhkan budaya menulis. Hal tersebut menjadi penting, karena dengan menulis maka akan melatih kemampuan berfikir kritis dan ilmiah. Tak dipungkiri, budaya menulis masyarakat Indonesia masih sangat rendah. Budaya menulis guru dapat menginspirasi siswa untuk gemar menulis yang diharapkan kebiasaan tersebut akan terbawa sampai mereka dewasa nanti. Nah, kalo ga ada internet, bagaimana kita bisa menciptakan konten-konten di dunia maya dan saya juga tidak bisa membaca tulisan blog hasil karya siswa saya.

4. Tidak bisa mengoptimalkan wirausaha melalui Komunitas Siswa Wirausaha

Saat ini, saya juga bersama siswa memanfaatkan internet untuk mendukung gerakan wirausaha melalui komunitas Siswa Wirausaha. Komunitas tersebut bertujuan menanamkan jiwa wirausaha dan hidup mandiri karena membantu biaya transport dan keperluan sekolah lainnya.  Nah, jika ga ada internet sehari, kami ga bisa memasarkan dan mengupload kegiatan wirausaha kami, itu berarti kami kehilangan kesempatan memperoleh pendapatan untuk membantu siswa kami.

Kewirausahaan di Sekolah, dok pribadi

Kewirausahaan di Sekolah, dok pribadi

5. Tidak bisa membantu kegiatan komunitas & volunteering secara maksimal

Selain mengajar, saya juga aktif sebagai relawan di beberapa komunitas seperti TDA Bekasi, Akademi Berbagi Nasional dan Bekasi, Startup Lokal. Selama ini komunikasi kami banyak dilakukan via internet setiap harinya seperti email, chat, milis, social media. Nah, bagaimana kalo ga ada internet? hal tersebut akan mengganggu kegiatan volunteering kami yang artinya tidak bisa membantu masyarakat secara maksimal..

Bersama Komunitas Akademi Berbagi. Sumber : FB Mas Wahyudi

Saya juga sering sharing kepada siswa tentang pentingnya internet dan bagaimana mengoptimalkannya. Saya sering mewanti-wanti mereka dalam hal penggunaan internet dan social media, seperti tidak mudah terpengaruh jika melihat teman-temannya di facebook/twitter memamerkan kemesraan dengan lawan jenis, hal-hal berbau hedonisme dll.  Update status atau share hal-hal yang bermanfaat. Saya menekankan kepada mereka hal-hal yang mereka posting akan terekam selamanya dan saat ini banyak HRD yang melakukan pencarian karyawan dengan melihat rekam jejaknya di dunia maya.

Saya pun kemudian melakukan upaya-upaya untuk menciptakan konten positif di internet dan social media kepada siswa saya seperti dengan:

  1. Mengajari menulis blog dan share di social media.. ini contoh beberapa blog siswa saya : http://analisah.wordpress.com , http://rezapecintadesain.blogspot.com/ dll.
  2. Mengajari untuk menjadi admin website social media sekolah dan siswa wirausaha. Saya sudah mulai mendelegasikan pekerjaan tersebut ke siswa sehingga mereka juga bisa belajar banyak tentang dunia digital. Bahkan, tanggal 29 Februari lalu saya sangat bersyukur bisa membawa beberapa siswa melakukan kunjungan perusahaan ke salah satu perusahaan Digital Agency, Think Web.
  3. Membantu mengembangkan wirausaha siswa. Saat ini untuk mengembangkan jiwa wirausaha sejak dini dan membantu biaya pendidikan mereka, saya membangun portal siswa wirausaha http://siswawirausaha.net, disana kami menginformasikan kegiatan-kegiatan kami dan juga mengundang volunteer mengajar di bidang wirausaha dan lainnya, serta membuat form sederhana jika ada pihak yang ingin membeli produk atau jasa yang kami tawarkan.
  4. Mengajari hal-hal yang membantu memudahkan pekerjaan seperti membuat google docs, mencari referensi materi pelajaran, membuat video tutorial sederhana dan masih banyak lagi.

Masih banyak yang harus saya lakukan, tentunya saya pun harus terus mengupgrade ilmu saya yang belum seberapa. Namun untunglah kegiatan berinternet ini sangat terbantu oleh Telkomsel.. I love Telkomksel 🙂

http://telkomsel.com/genggam-internet

Nah itu cerita saya jika sehari saja tidak ada internet, bagaimana dengan ceritamuu?? :))

Leave a Reply

