Ada Apa Dengan Pemilihan Guru Terbaik LP3I?

Sabtu 22 Maret saya mendapatkan telpon dari Mb Irenne LP3i, beliau mengucapkan selamat dan menginformasikan bahwa saya masuk menjadi finalis lomba guru berprestasi LP3i.. Wow, saya sempat terkejut karena saya sendiri terus terang lupa dengan karya tulis yang saya kirimkan tahun 2013 lalu.. Mb Irenne kemudian memberitahu bahwa saya di undang ke Jakarta untuk presentasi final dengan finalis lainnya sekaligus menginformasikan apa saja yang harus saya bawa kesana… saya hanya terdiam sebentar, masih speechless…

Hari-H

Tanggal 27 Maret, saya di beritahu oleh Pak Mahsus dari Lp3i Sumber Artha bahwa yang mengantar nanti Pak Oman. Kemudian berangkatlah saya ke LP3i Sumber Artha.. perjalanan kami cukup macet dan saya juga di telpon terus sama Mb Neno karena acara akan segera di mulai.. heuu.. maafkan saya Mb Neno… saya tadi ke sekolah dulu karena ada beberapa hal yang harus di bereskan. Kemudian saya tiba di Hotel Balairung pukul 14.00 dan di sambut dengan ramah oleh Mb Irenne dkk, saya bergegas ke kamar mandi untuk ganti baju dan bergabung dengan sesi pembukaan. Di dalam sudah berkumpul 9 guru hebat lainnya namun. Disana sedang ada sesi pembukaan oleh Dirut LP3i dan kemudian di lanjutkan oleh sesi motivasi dengan Pak Ponijan dari Kemenpora. Motivasi yang di sampaikan sangat bagus. Pak Ponijan memberikan pengetahuan-pengetahun keguruan berdasarkan pengalamannya mengajar SD di daerahnya sampai kemudian berhasil menduduki posisi penting di Kemenpora. Keren pak.. Pak Ponijan menekankan pentingnya mendidik dengan hati..

Acara kemudian berlanjut dengan pemberian materi tentang hypno teaching oleh Pak Suarna Dijaya. Di awal Pak Suarna melakukan passion test dimana kita diminta untuk menyebutkan 10 hal yang membuat kita bahagia dan dari 10 tersebut, kita diminta untuk memilih hanya satu saja.. wow, pilihan yang berat!! saya kemudian mengatakan yang membuat saya bahagia jika saya bisa menjadi Sociopreneur Pendidikan ^.^ aamiin…. Pak Suarna kemudian memberikan tips-tips bagaimana dengan hypno teaching kita bisa membuat pembelajaran dengan menarik karena kita bisa menguasi alam bawah sadar siswa kitaa… hmmm, perlu praktek banyak niii :)) jam 21.30 kami mengakhiri acara malam itu dan kembali ke kamar masing-masing untuk beristirahat.. zzzzz

sumber: dok pribadi, LP3i

sumber: dok pribadi, LP3i

Jumat, 28 Maret 2014…

pagi itu setelah sarapan kami ke ruang Merapi di lantai 2 untuk briefing presentasi final yang dipandu langsung sama Bapak Tri Endi.. kamipun mengambil undian dan alhamdulillah saya mendapat urutan ke-3 .. jadi bisa tenang lebih cepat. Ketika di panggil saya deg-degan namun berusaha tenang. Setelah memperkenalkan diri, saya pun memulai presentasi dan kemudian di lanjut dengan tanya jawab. Dewan juri nya adalah Pak Ponijan selaku Asisten Deputy IV Kemenpora, Pak Sudrajat Rasyid mantan Dirjen PLS Kemdiknas RI, dan Pak Abbas dari Kopertis. Woww.. luar biasa, saya bukan lebih banyak ditanya tapi diberikan masukan-masukan dan pencerahan :)) diantara nya saya di minta membuat road map, meneruskan kegiatan volunteering dan networking dan bisa bekerja sama dengan LP3i.. NOTED Pak, terima kasih banyakkk 🙂 setelah selesai, giliran teman-teman yang lain maju .. saya bisa lebih tenang bahkan bisa jalan-jalan untuk transfer gaji guru-guru dan makan Pizza sendirian.. *isengmodeon

Setelah makan malam, kami dikumpulkan dan melakukan ngobrol santai dengan Pak Tri. Pak Tri mengatakan bahwa juri memuji semua peserta dan mereka bahwa meminta kontak kami dan jika nanti mereka berkunjung ke daerah kami, kami akan di libatkan.. berkah yang luar biasaa.. Pak Tri juga mengatakan bahwa kami semua telah menjadi pemenang karena kami adalah 10 terbaik setelah di seleksi dari 220 orang, kemudian menjadi 160 orang, kemudian menjadi 30 orang dan akhirnya 10 orang.. I’m proud to be here! Pak Tri mengatakan bahwa besok kita akan melakukan city tour ke Museum Nasional dan kebetulan saya belum pernah kesana hihiii…

Sabtu, 29 Maret 2014 ..

Pagi-pagi setelah sarapan kami berangkat ke Museum Gajah atau Museum Nasional yang berlokasi di dekat Monas. Disana kami melihat kekayaan negara Indonesia dan peninggalannya dari zaman dahulu kala hingga kini… yang paling membuat saya kagum adalah banyaknya arca/candi yang usianya sudah ratusan bahkan ribuan namun tetap kokoh berdiri. Saya kagum bagaimana nenek moyang kita membuatnya, padahal belum ada alat canggih pada saat ini. Mungkin teknologi sekerangpun belum ada yang bisa menyamainya…

Setelah puas, kami bergegas ke Senayan City untuk makan siang… nyammm2… menu saya saat itu adalah iga penyet yang yummy sambil ngobrol-ngobrol ringan dengan finalis lain… kemudian kami ganti baju dan meneruskan perjalanan ke TVRI untuk persiapan acara puncak live …

Kami tiba di TVRI untuk kemudian menghadiri acara ulang tahun Founder LP3i, Bapak Syahrial Yusuf sekaligus ulang tahun LP3i yang ke-25. Yang istimewa kami mendapatkan buku gratis karangan beliau yang berjudul “Titip Rindu buat Mamak”, belum selesai dibaca niii.. setelah itu kami menuju ke studio untuk melakukan GR …daann tibalah acara puncak yang dihadiri oleh mahasiswa, dosen, kepala cabang, BOD dan masih banyak lagi tamu undangan dengan menghadirkan tamu istimewa yaitu Andra & The Backbone, Rini Idol dan The Massive.. Acara tersebut dipandu oleh 2 MC kondang, Olga Lidya dan Ronny Waluya… daannn tibalah saatnya pengumuman pemenang… kami pun naik ke panggung dan menerima piagam penghargaan. Berikut nama-nama pemenang Guru Terbaik LP3i

Juara 1 : Pak Ruswanto

Juara 2: Pak Falah

Juara 3: Pak Muhlisin

selamat untuk semuanyaaa…

Terima kasih untuk semua finalis : Bu Turati, Bu Zelma, Pak Istanta, Pak Agus, Pak Kiki, Pak Hadiyanto .. terima kasih atas kebersamaannya, saya bisa belajar banyak dari kalian dan semoga bisa terus bersilaturahmi dan belajar…

Terima kasih untuk segenap panitia ..Mb Irenne, Pak Tri, Mb Neno, Mas Puji, Pak Oman, Pak Mahsus, Pak Aidil. Para Dewan Juri yang luar biasa, Pak Adriza, Pak Syahrial dan segenap keluarga besar Lp3i. Kalian telah membuat saya pribadi sangat terkesan dengan pelayanan yang diberikan.. pelayanan yang datang dari hati. Terima kasih atas keramahannya.. semoga LP3i terus sukses dan memberikan kontribusi nyata untuk pendidikan di Indonesia dan juga semoga saya bisa memberikan kontribusi untuk LP3i…

Sumber foto : Pak Hadi

Sumber foto : Pak Hadi

Ammiin….

Leave a Reply

