Ciptakan Konten Positif di Dunia Maya Yuk Nak..

Di sebuah ruang kelas sederhana…
  • Siswi   : Miss, itu teman saya nulis update status galau melulu di facebook..
  • Saya    : Galau kenapaa?
  • Siswi   : Biasa miss, soal cowok gitu..ya gitu dia kan punya pacar terus pacarnya jalan sama cewek lain, terus dia marah-marah, update status galau deh di Facebook. Sering banget deh, kan lama-lama sebel juga.. kayak ga ada yang lain aja…
  • Saya    : Ya bilang aja ke teman kamu baik-baik, daripada galau mending internet dan social media nya di manfaatkan untuk hal-hal yang positif
  • Siswi   : Contohnya apa bu?
  • Saya    : Nih contohnya, kamu bisa menulis blog, buat dan share foto atau video yang bermanfaat, bisa juga untuk berjejaring, berkomunitas, melakukan vounteering, belajar hal baru, berwirausaha dan masih banyak lagi…jadi kita tidak sekedar menikmati konten saja. Internet dan social media menjadi alat yang efektif, efisien serta mudah.
Dengan beberapa siswi <3

Dengan beberapa siswi ❤

Itulah gambaran percakapan saya di kelas dengan siswa di suatu waktu. Perkembangan teknologi termasuk internet yang berkembang begitu cepat mau ga mau membuat kita sebagai orang tua atau pun saya sebagai seorang guru untuk terus membekali diri sehingga bisa mengarahkan penggunaannya kepada anak-anak kita, atau jika tidak anak-anak akan mudah terpengaruh hal-hal negatif yang membahayakan masa depannya. Pun demikian dengan siswa perempuan saya di SMK Itaco. Saya sangat concern karena sama-sama perempuan, saya sering mewanti-wanti mereka dalam hal penggunaan internet dan social media, seperti tidak mudah terpengaruh jika melihat teman-temannya di facebook/twitter memamerkan kemesraan dengan lawan jenis, hal-hal berbau hedonisme dll. Tidak mudah juga dibujuk berkenalan terutama oleh lawan jenis yang tidak di kenal karena banyak kasus yang terjadi berawal dari facebook. Update status atau share hal-hal yang bermanfaat. Saya menekankan kepada mereka hal-hal yang mereka posting akan terekam selamanya dan saat ini banyak HRD yang melakukan pencarian karyawan dengan melihat rekam jejaknya di dunia maya.

Saya pun kemudian melakukan upaya-upaya untuk menciptakan konten positif di internet dan social media khususnya kepada siswi saya seperti dengan:

  1. Mengajari menulis blog dan share di social media.. ini contoh beberapa blog siswa saya : http://analisah.wordpress.com/,http://alfiyatunnimah.blogspot.com/,http://milangitaco.blogspot.com/ dll.
  2. Mengajari untuk menjadi admin website social media sekolah dan siswa wirausaha. Saya sudah mulai mendelegasikan pekerjaan tersebut ke siswa sehingga mereka juga bisa belajar banyak tentang dunia digital. Bahkan, tanggal 29 kemarin saya sangat bersyukur bisa membawa beberapa siswa melakukan kunjungan perusahaan ke salah satu perusahaan Digital Agency, Think Web.
  3. Membantu mengembangkan wirausaha siswa. Saat ini untuk mengembangkan jiwa wirausaha sejak dini dan membantu biaya pendidikan mereka, saya membangun portal siswa wirausaha http://siswawirausaha.net, disana kami menginformasikan kegiatan-kegiatan kami dan juga mengundang volunteer mengajar di bidang wirausaha dan lainnya, serta membuat form sederhana jika ada pihak yang ingin membeli produk atau jasa yang kami tawarkan.
  4. Mengajari hal-hal yang membantu memudahkan pekerjaan seperti membuat google docs, mencari referensi materi pelajaran, membuat video tutorial sederhana dan masih banyak lagi.
Salah satu link blog siswa yang di share di FB:)
Salah satu link blog siswa yang di share di FB:)
Kunjungan ke Think Web

Kunjungan ke Think Web

Masih banyak yang harus saya lakukan, tentunya saya pun harus terus mengupgrade ilmu saya yang belum seberapa ini diantaranya dengan ikut komunitas yang tepat sebagai sarana belajar, salah satunya di Komunitas Emak Blogger

Dukungan siswaku <3

Dukungan siswaku ❤

Twitter KEB :)
Twitter KEB 🙂
Fan Page KEB
Fan Page KEB
62 comments on “Ciptakan Konten Positif di Dunia Maya Yuk Nak..

  1. Wah asyik nih bila komunikasi antara guru dan murid berjalan dengan baik… sehingga guru bisa transfer banyak hal (ilmu, pengalaman, saran dll) kepada murid2nya.
    Sukses utkmu Mak…

  2. Pingback: List Data Emak2 Peserta #50FinalisSB2014, Lengkap | Anita's Personal Blog | Fotografi | Komputer

  3. Pingback: Perempuan dan Internet – 50 Besar Calon Srikandi Blogger 2014

  4. Aiiih kalo inget pengalaman Mak Suzie diatas, jadi teringat murid-muridku waktu di SMK TKJ..hiiik kangeen banget pengalaman mengajar. S
    Sukses melaju ke final berikutnya ya, mak… 🙂

  5. coba klo dulu pas SMA bu guruku keren kayak mak Icus ini, tentu sekarang jiwa wirausahaku telah terasah dengan baik hehehee… dulu kan SMA taunya dikasih teori, apalin, terus ulangan, iya to mak?
    Great job, Bu Guru, go goooo Mak Susie Icus for Srikandi Blogger 🙂

    • hhehe.. betul mak, internet akan membantu akselerasi kemajuan pendidikan Indonesia jika bisa dimanfaatkan dengan baik..makasih ya kunjungannyaaa:))
      good luck makk ..I admire you 🙂

    • salam kenal mak arifah… makasih banyak apresiasinya ..Iyaa seneng bangett bisa ketemu siswa dan berinteraksi dengan mereka..berasa muda terus hehe..mksh y kunjungannyaa:))

Leave a Reply

