Menjadi Guru yang Lebih Produktif dengan Notebook Acer Aspire E1 Slim Series

Perkembangan teknologi berpengaruh di hampir semua elemen masyarakat, termasuk guru. Saat ini teknologi semakin canggih membantu mempermudah, mempercepat dan mengoptimalkan pekerjaan. Teknologi muncul seperti dua sisi mata uang, namun sebagai guru,  tugas saya bukan menghindarinya dengan berbagai alasan, namun mengoptimalkan penggunaannya guna meningkatkan kompetensi yang berpengaruh positif terhadap proses pembelajaran.

Memanfaatkan teknologi untuk pembelajaran

Memanfaatkan teknologi untuk pembelajaran, dok pribadi

Pemanfaatan teknologi untuk pendidikan tentunya harus di dukung oleh perangkat yang canggih termasuk PC. Setelah lulus dan terjun ke dunia pendidikan, saya membeli netbook untuk mengajar. Netbook pertama saya ternyata kurang optimal dan sering mengalami masalah. Medio 2011, saya kemudian mencari Notebook Acer berdasarkan referensi dari siswa saya di jurusan Komputer, bahwa dengan budget terbatas yang saya punya, bisa mendapatkan Notebook dari Acer Indonesia dengan spesifikasi yang bagus. Berikut adalah beberapa manfaat produktif dari teknologi untuk dunia pendidikan yang saya rasakan yang di dukung oleh  Notebook Acer yang handal :

  • Mengakomodir berbagai macam tipe belajar siswa

Seperti kita tahu bahwa kecerdasan tidak selalu menyangkut intelektual saja, Gardner mengungkapkan kecerdasan majemuk karena kita percaya bahwa tidak anak yang bodoh. Pembelajaran dimasa lalu, hanya berfokus pada pembelajaran konvensional dimana guru sebagai centre of attention yang dikenal dengan teacher centered learning. Dengan perkembangan teknologi, sekarang kita mengenal Laptop, LCD proyektor dan internet. Alat tersebut sangat membantu kita sebagai pendidik dalam mengakomodir berbagai tipe belajar siswa. Sebagai contoh, dengan bantuan komputer para guru bisa merancang pembelajaran yang lebih menarik karena bisa dilengkapi gambar, suara, video animasi selain itu siswa pun bisa kita minta untuk belajar aktif dengan merancang sendiri model pembelajaran yang dikuasainya untuk kemudian dipresentasikan.

Siswa Presentasi Kelompok

Siswa Presentasi Kelompok, dok pribadi

  • Memudahkan Guru dan siswa dalam mencari sumber belajar dan komunikasi

Teknologi informasi dan komunikasi seperti internet memudahkan guru dan siswa dalam belajar, seperti mempermudah mendapatkan literatur terkait pembelajaran. Guru dan siswa dapat dengan cepat memperoleh bahan belajar tanpa dibatasi ruang dan waktu. Kegiatan tidak terhenti di ruang kelas. Internet pun mendukung perkembangan sosial media seperti twitter dan facebook sehingga mereka dapat terhubung dengan para pakar dan rekan sesama guru di seluruh dunia. Para guru dapat bertukar informasi, belajar online dan juga penyebaran info kegiatan-kegiatan yang meningkatkan kompetensi guru melalui milis atau lainnya. Untuk mendukung pembelajaran, saya pun membuat Grup English is Fun di facebook sebagai sarana belajar Bahasa Inggris siswa yang bisa dilakukan dimana saja dan kapan saja.

Grup English is Fun

Grup English is Fun

  • Mendukung gerakan guru dan siswa menulis

Dengan adanya blogging, menumbuhkan budaya guru menulis. Hal tersebut menjadi penting, karena dengan menulis maka akan melatih kemampuan berfikir kritis dan ilmiah. Tak dipungkiri, budaya menulis masyarakat Indonesia masih sangat rendah. Budaya menulis dapat menginspirasi siswa untuk gemar menulis yang diharapkan kebiasaan tersebut akan terbawa sampai mereka dewasa nanti. Contoh blog yang bisa menjadi rujukan para pendidik adalah blog Pak Agus di gurukreatif.wordpress.com dan juga Pak Wijaya di wijayalabs.com, bahkan keduanya tahun 2011 mendapat apresiasi dari Acer sebagai pemenang Acer Guraru Award atas pemanfaatan blognya untuk pembelajaran. Selain itu guru dapat memanfaatkan guraru.org dari Acer untuk berbagi ilmu dan pengalaman dan twitternya di @guraruID. Saya pun mewajibkan setiap siswa untuk mempunyai blog yang bisa mereka gunakan untuk mengerjakan tugas, mereview materi dll. Saya juga memanfaatkan perkembangan internet dan sosial media untuk lebih aktif menulis dan berkomunitas dengan sesama blogger yang hebat-hebat seperti di Kumpulan Emak Blogger dan juga Blogger Bekasi. Semangat saya lebih terpacu, karena disana banyak blogger hebat dan tidak segan berbagi ilmu.

Pemenang Guraru Award 2011

Pemenang Guraru Award 2011, dok pribadi

Saat ini, saya juga bersama siswa memanfaatkan teknologi dan Notebook kesayangan untuk mendukung gerakan wirausaha melalui komunitas  Siswa Wirausaha (siswawirasuaha.com). Komunitas tersebut bertujuan menanamkan jiwa wirausaha dan hidup mandiri karena membantu biaya transport dan keperluan sekolah. Kami membuat blog yang digunakan untuk mereka berwirausaha sesuai dengan unit usaha masing-masing seperti di swkaos.wordpress.com, swjasadesain.wordpress.com dan swpinmug.wordpress.com dan akan menyusul untuk divisi usaha lainnya. Notebook ini pula yang membantu saya menulis buku yang berjudul “Ikut Komunitas&Jadi Volunteer itu Asik!” serta mengedit buku kompilasi siswa saya yang berjudul “Mimpi-Mimpi Siswa Wirasausaha” dan alhamdulillah sesuai target bisa di launching di acara Social Media Festival tanggal 13 Oktober lalu.

w/ Mba Ollie (Co-Founder Nulisbuku.com)

Launching buku w/ Mba Ollie (Co-Founder Nulisbuku.com)

Tapiii …. akhir-akhir ini saya sering bermimpi untuk mempunyai Notebook baru yang tidak terlalu tebal sehingga bisa dibawa kemanapun seperti Notebook Acer Aspire E1 Slim Series. Hal tersebut tentu akan membuat saya lebih produktif ngeblog; browsing dan berjejaring; mencari referensi dan membuat materi pembelajaran; mengecek tugas siswa dll, tapi budgetnya belum ada hehe *ngaku*. Saya ingin Notebook yang dipakai sekarang, di hibahkan kepada Komunitas Siswa Wirausaha untuk mengoptimalkan bisnis dan juga tugas sekolah. Selain itu, Notebook yang sekarang kurang mendukung untuk dibawa setiap waktu karena saya seringnya menggunakan kendaraan umum dan motor. Jadilah saya mengandalkan buku catatan untuk mencatat dan kemudian menuliskannya kembali sesampainya di rumah/sekolah karena Handphone saya juga kurang mendukung untuk mencatat.

Saya melihat banyak kelebihan yang di miliki oleh Acer Aspire E1 Slim Series seperti yang dimiliki tipe E1-432, antara lain 30% lebih tipis (yang saya cari) dan fitur 100% lengkap untuk bekerja termasuk untuk nonton film pas refreshing :). Selain ringkas dan ringan dengan dimensi 30% lebih tipis dengan ketebalan 25.3 mm saja, Acer Aspire E1-432 mempunyai resolusi 1366×768 px yang memadai untuk kebutuhan office basic, browsing, multimedia. Pas banget untuk saya yang suka menggunakan multimedia untuk mengajar. Oya untuk informasi kelebihan lainnya yang membuat saya “WoW”, dapat spAcer dapatkan disini.

Kesimpulannya, Notebook ini sangat recommended dan bersahabat dari segi dimensi terutama untuk yang mobile, tanpa mengabaikan fungsi esensial sebuah Notebook. Pokoknya Notebook ini impian saya banget terutama untuk mendukung kegiatan mengajar, volunteering, menulis dan berkomunitas. Jangan ragu deh untuk yang sedang mencari Notebook, karena harganya pun sangat kompetitif jika dibandingkan dengan fitur yang di tawarkan, yaitu Rp.4.749.000,- .

Tantangan yang dihadapi guru memang semakin kompleks dan sudah saatnya sekarang guru untuk terus belajar dan meng-upgrade kemampuannya dalam memanfaatkan teknologi untuk pendidikan, karena peserta didik saat ini lahir di dunia yang semakin maju peradabannya. Jika tidak mau belajar dan bebenah diri, niscaya akan tertinggal dan menjadi tidak menarik lagi karena saat ini guru bukan lagi menjadi satu-satunya sumber belajar bagi peserta didik. Hal tersebut tentunya harus di dukung oleh perangkat Notebook yang mumpuni, salah satunya ya Acer Aspire E1-432 🙂

Credit, Acer Aspire E1-432

Credit, Acer Aspire E1-432

“Tulisan ini diikutsertakan dalam event “30 Hari Blog Challenge, Bikin Notebook 30% Lebih Tipis” yang diselenggarakan oleh Kumpulan Emak Blogger (KEB) dan Acer Indonesia.”

24 comments on “Menjadi Guru yang Lebih Produktif dengan Notebook Acer Aspire E1 Slim Series

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s