Wirausaha Bisa di Tularkan? Saya Percaya! (Startup Camp TDA Bekasi day 2)

Day – 2

Hari ke-2 ga kalah keren dengan hari pertama. Pamateri pertama adalah Pak Erry. Pak Erry merupakan owner dari sepatuwanita.com yang mengeluarkan merk Eltaft. Materi yang dibawakan adalah Bisnis Model Canvas. Menurut Pak Erry dalam bisnis yang pertama harus hidup, berorientasi profit, berguru dengan orang pintar (profesional) dan kemudian membuat sistem. Menurut Pak Erry ketika bisnis baru mulai, maka kita harus FOKUS satu atau dua usaha terlebih dahulu. Pilihlah usaha yang menjadi kelebihan dan kekuatan kita. Tapi kita suka salah kaprah, misal anak dari kecil di berikan kursus tapi pada pelajaran yang menjadi kelemahan dia, harusnya fokuss ke yang jadi kelebihannya, karena setiap anak mempunyai multiple intelegence masing-masing dan ga sama setiap anak. Begitupun dengan bisnis, pilihlah yang menjadi kekuatan kita ..

Kita harus bisa melihat di lini bisnis mana kita akan bermain apakah trader, manufactur, designer atau distributor. Trader memperdagangkan komoditas (unbranded) dan kunci terletak pada kualitas,harga dan jaringan. Manufakturer adalah memproduksi produk/brand sendiri/org lain. Kuncinya adalah kapasitas produksi dan biaya produksi. Designer adalah memasarkan produk sendiri. Kuncinya terletak pada niche dan diferensiasi.

Pak Erry

Pak Erry

Menurut Pak Erry Brand kita harus SPEAKABLE AND WRITEABLE, jangan membuat merek yang susah di mengerti oleh pelanggan. Kita juga harus melihat kita mainnya di lokal atau global dan juga harus punya copyright (hak cipta). Yang tidak kalah penting adalah, konten dan konteks brand kita harus bagus. Selanjutnya kita belajar tentang membuat bisnis model. Yang pertama adalah customer segment terdiri dari demografi (wilayah,usia,status sosial dan psikografi (hobi,gaya hidup dll). Kemudian selanjutnya adalah targeting. Tentukan usia yang jadi target, jenis kelamin, status. Pun dalam pemasaran online sesuaikan web dengan target pasar kita. Jadi sebagus apapun produk kalo tidak di sesuaikan dengan target pasar ya ga bisa laku. Setelah itu tulis value preposition, yaitu apa value yg anda tawarkan, mengapa konsumen harus membeli produk kita. Bisnis saat ini adalah tentang value yg kita berikan. Selanjutnya adalah channel, yaitu bagaimana konsumen bisa menghubungi kita sehingga bisa menghasilkan transaksi, sedangkan customer relationship tempat kita memaintain konsumen. Kemudian Revenue stream atau sumber-sumber pemasukan kita contoh reseller, online selling, dll. Key resources, yaitu sumber daya internal yang kita punya contoh tenaga kerja, expertise, peralatan dll. Key activities, yaitu aktivitas apa saja yang kita lakukan hingga produk kita sampai ke konsumen. Key partners atau sumber daya luar yang bekerja dengan kita contoh supplier, pemerintah, kurir, bank dll. Yang terakhir adalah cost stucture yaitu hal-hal yang mengeluarkan biaya. Wahh, berguna banget ini untuk wirausahawan terutama yang pemula.. terima kasih Pak Erry..

Pemateri selanjutnya adalah Pak Alfarisi Fadjari, yang memberikan materi tentang Pengenalan Pembukuan dalam bisnis. Pak Ary menerangkan kegunaan melakukan pencatatan keuangan yaitu 1.Mengetahui arus keluar masuk uang 2.Mengetahui kesehatan keuangan usaha 3.Mengetahui laba/rugi usaha kita 4.Mengetahui kekayaan usaha kita 5.Menentukan proyeksi usaha 6. Prospektus kepada calon investor.. Apa si pengaruh laporan keuangan terhadap perjalanan usaha? kita harus membuat catatan keuangan dari usaha kita untuk untuk melihat perkembangan usaha kita secara rill apakah mengalami kenaikan/penurunan, mengevaluasi kontribusi tiap-tiap produk terhadp pendapatan, melihat dan mengevaluasi beban-beban biaya yang harus di tanggung, dan menentukan target penjualan dan atau produksi yang harus di capai atas usaha kita. Prinsip pengelolan usaha adalah 1.menentukan alokasi keuangan untuk usaha 2.memisahkan keuangan usaha dengan keuangan pribadi 3.membuat daftar kebutuhan belanja 4.menentukan budget untuk belanja usaha tersebut 5.kurangi beban pembayaran rutin yang membebani 6.membuat pencatatan semua transaksi dan 7.membuat dokumentasi/menyimpan bukti atas pengeluaran dan pemasukan. Ada tiga jenis pencatatan sederhana yaitu Jurnal arus kas harian, laporan laba/rugi dan juga neraca. Jurnal arus kas merupakan catatan arus uang kas yang keluar dan masuk sebagai akibat dari aktivitas transaksi usaha. Jadi bentuknya ada pemasukan, pengeluaran dan saldo. Selanjutnya adalah membut laporan laba rugi. Laporan laba rugi adalah laporan yang di dalamnya terdapat informasi mengenai pendapatan dan biaya yang terjadi selama satu periode. Teakhir neraca yang merupakan, laporan yang berisi dengan terperinci semua aktiva, kewajiban, atau hutang perusahaan dan modal pemilik. Mantap, terima kasih Pak Ary, sangat bermanfaat untuk membuat pencatatan usaha kita..

Materi terakhir adalah tentang Marketing Melalui Internet bersama Pak Dewanto Purnomo. Pak Dewanto sebelum berhasil dengan bonekalucu.com adalah seorang karyawan di PT. Erlangga dan Bank Danamon, dan juga sempat berwirausaha bakso raos, susu dan juga laundry kiloan. Menurut Pak Dewanto, ada tiga tahapan dalam Entreprenuer yaitu Struggle, Challenge dan Opportunity. Ya menjadi entrepreneur pada akhirnya akan membawa kita pada kebebasan waktu dan finansial. Jadi jika anda telah memiliki kedua hal tersebut, maka anda telah menjadi seorang entrepreneur. Bisnis itu tidak bisa dipelajari, tapi ditularkan. Jadi sering-seringlah berkumpul dengan wirausahawan, maka perlahan kita akan terpacu juga untuk menjadi wirausahawan. Ada 3 tingkatan Entrepreneur pedagang, franchise, Entreprenuer kelas 1 (jual, beli, bisnis).

Pak Dewanto

Pak Dewanto

Pak Dewanto menekankan pentingnya memiliki bisnis online. Jika saat ini bisnis masih di jalankan secara konvensional/offline semata, maka bisnis kita tidak akan maju. Bill Gates pernah mengatakan bahwa jika bisnis kita tidak ada di internet, maka bisnis anda akan hilang. Menurut Pak Dewanto, bisnis itu harus fokus seperti ketika dia secara total mengurus bonekalucu.com dan sampai akhirnya mengantarkan dia ke titik sukses bahkan pernah masuk di Kick Andy bahkan ketika itu omsetnya baik 10x lipat. Keren! Jika dulu membuka usaha identik dengan mempersiapkan tempat, stok, pegawai dll maka tidak saat ini. kita bisa memulai bisnis online, bagaimana caranya? Pak Dewanto memberikan langkahnya, yaitu :

  1. Temukan produk/jasa
  2. Temukan cerita
  3. Gunakan resources online
  4. Mulai dari kamar/garasi
  5. Mulai sekarang juga!

Mimpi akan cepat tercapi jika ada role modelnya, itulah pesan Pak Dewanto Purnomo. Pak Dewanto juga menekankan pentingnya bisnis yang sesuai passion, seperti apa yang disampaikan oleh Pak Mustofa di hari pertama. Pak Dewanto yang sempat mengalami masa “galau” ketika memutuskan resign ini, memberikan tips jika resign yang berhasil adalah resign yang membuat kita lebih sibuk dan lebih banyak uang J

Pak Dewanto mengatakan jika bisnis terus keuntungan untuk sosial itu biasa, tapi jika bisnis one for one, misalnya setiap satu penjualan di sumbangkan untuk satu orang, itu lebih LUAR BIASA. Ada 4 gunung kekayaaan yaitu BUSINESS, PROPERTY, INVESTMENT DAN INTERNET.

Bisnis tidak langsung membuat kita langsung kaya, sebanding dengan perjuangan pada akhirnya. Kita harus bisa membidik pasar online karena pengguna internet tahun 2012 ada 65 juta user, 2013 sekitar 100 juta user & lebih dari 100jt HP tersambung ke internet. Jadi jika kita serius ingin bisnis online, maka website, facebook dan twitter. Buatlah website yang mobile artinya bisa secara mudah di buka dengan menggunakan smartphone, simple dan powerfull. Pilihlah satu bisnis, karena satu bisnis pun pekerjaannya banyak. Kalimat terakhir dari Pak Dewanto “Dengan siapa kita berteman dan buku apa yang dibaca akan menentukan nasib kita 5 tahun mendatang”

Akhirnya berakhirlah acara Startup camp TDA Bekasi. Antusiasme peserta, banyaknya pertanyaan, semangat berlipat ganda untuk memulai usaha menjadi satu. Terima kasih banyak kami ucapkan kapada panitia, Pak Rawi, Kang Enjang, Pak Mufid dan segenap Suhu yang secara total menularkan ilmunya… banyak ilmu yang bisa saya dapat untuk mengembangkan siswawirausaha.com dan banyak ide-ide yang di dapat. Terima kasih semuaa…

jadi percaya bahwa WIRAUSAHA ITU BISA DI TULARKAN? SAYA PERCAYA 🙂

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s