Yang Muda Yang Berwirausaha (Liputan dari Akber 21)

Usia bukanlah halangan untuk berwirausaha, bahkan berwirausaha sejak muda akan mempercepat kesuksesan kita berwirausaha.. ga percaya?? Arry Rahmawan dan Wisnu Dewobroto membuktikannya dan berbagi inspirasi wirausahanya di kelas Akber Bekasi yang mengambil tempat yang sangat nyaman di kediaman Pak Barra_CAD dari TDA Bekasi. Kak Arry Rahmawan adalah Ketua TDA Kampus periode 2013-2015. TDA atau Komunitas Tangan di Atas merupakan komunitas yang telah berhasil menumbuhkan banyak wirausahawan sukses, bahkan di bina sejak bangku sekolah/kuliah dengan TDA Kampusnya. Kak Arry merupakan seorang pengusaha di bidang pendidikan, lembaga taining dan biro privat melalui Cerdas Mulianya. Lulus S1 dari Fakultas Teknik dengan IPK 3,79. WoW! Meraih prestasi sebagai mahasiswa berprestasi FT UI 2012, saat ini masih aktif sebagai mahasiswa Pascasarjana FT UI dan juga sebagai penulis buku Kewirausahaan dan Pengembangan Pemuda Indonesia. Bukunya yang akan terbit berjudul Studentprenuer Guidebook.  Anak-anak Komunitas Siswa Wirausaha harus baca buku ini nih…

Kak Arry mengungkapkan bahwa saat ini era globalisasi semakin ketat, sehingga kunci memenangkan persaingan adalah dengan meningkatkan daya saing di berbagai sektor. Tau kan, ga lama lagi kita akan memasuki era Komunitas ASEAN 2015 dimana seluruh negara ASEAN akan menjadi satu kesatuan tunggal, termasuk pasar dan tenaga kerjanya. Siapkah kita??

Untuk menjadi wirausaha, keinginan aja tidak cukup harus juga kita pintar dan terpelajar. Jadi untuk yang masih menjadi pelajar dan ingin berwirausaha, pendidikan tetap penting. Menjadi pelajar tidak cukup hanya dengan duduk di kelas, namun kita bisa membentuk mindset kita. Memperbanyak pengembangan soft skills kita, memperluas jaringan dan yang pasti menjadi pelajar kita banyak mendapat diskon untuk belajar terutama diskon harga :D, see, dengan menjadi pelajar merupakan anugerah bukan hambatan. Bersyukurlah untuk orang yang masih bisa mengenyam bangku pendidikan.

Kak Arry sedang mengajar:)

Kak Arry sedang mengajar:)

Balik lagi ke topik bisnis.. sebenarnya apa sih kewirausahaan itu? wirausahawan adalah seorang yang berani memulai sebuah usaha sendiri dengan cara menyediakan barang atau jasa yang diminta baik untuk perorangan maupun perusahaan lainnya untuk menghasilkan keuntungan. Sebenarnya bagaimana metode sampai kita memperoleh keuntungan tersebut? Kak Arry mengungkapkan bahwa yang pertama adalah tentu saja kita harus mempunyai ide, kemudian validasi ide tersebut, ciptakan, jual dan yang terakhir adalah membangun sistem. Nah biasanya orang bingung untuk menemukan ide usaha, namun sebenarnya mencari ide tidaklah serumit yang kita bayangkan. Bahkan banyak kasusnya ide tersebut muncul dari lingkungan kita sehari-hari. Ide bisa di mulai dari hobi atau bisa juga berdasarkan keahlian yang kita punya. Niscaya kita akan lebih enjoy untuk menjalaninya. Yes, I agree ..Kak Arry juga berpesan untuk menempatkan sistem di urutan terakhir. Working first, then create system .. awal berdirinya usaha mungkin kita akan menjadi single fighter untuk usaha kita, namun seiring dengan berjalannya waktu, kita bisa mendelegasikan sebagian dari pekerjaan tersebut. Yes, couldn’t agree more .. dalam berwirausaha Kak Arry berpesan untuk selalu belajar bisnis, baik ilmu maupun prakteknya! Nah..

Darimana memulainya? Kak Arry berpesan untuk mengikui passion yang kita miliki. Passion itu sebenarnya apa? passion merupakan kekuatan kita, suatu hal yang paling kita nikmati dan lakukanlah. Setiap orang unik maka hiduplah dengan keunikan kita masing-masing. Sedihnya, hanya 3% saja manusia di dunia ini yang memahami apa passion nya dan hidup dengannya. Phiww… mulai saat ini buat rencana dan arah hidupmu. Jika kita tidak merencanakan hidup kita, maka selamanya kita akan menjadi bagian dari rencana orang lain. Buatlah target-target dalam hidup kita dan patuhilah! Jangan lupa juga untuk memilih sahabat dengan bijak, jangan teman yang akan membawamu ke anah yang tidak baik. bertemanlah dengan siapapun, namun bijaklah memilih sahabat dekat, karena mereka juga akan menentukan nasibmu kelak. Wow, benar-benar keren materi dari Kak Arry ini, jangan lupa follow beliau ya di @ArryRahmawan atau buka web nya di www. arryrahmawan.net, jadii siapa bilang pendidikan itu ga penting? Sesi pertama kemudian di lanjutkan oleh tanya jawab dengan akberian. Banyak pertanyaan-pertanyaan keren yang di ajukan oleh akberian ke Kak Arry. Sayang sekali, pertemuan ini di batasi oleh waktu ..namun jangan khawatir, masih ada satu guru keren lainnya :’)

Sebelum break untuk sholat ashar, saya memperkenalkan komunitas Siswa Wirausaha. Komunitas ini merupakan komunitas siswa yang di inisiasi oleh siswa/i SMK ITACO yang memproduksi produk/jasa untuk membentuk jiwa kewirausahaan sekaligus juga membantu keperluan pendidikan mereka. produk yang di hasilkan seperti mercahndise (mug, pin, kaos), jasa design dan juga akan merambah ke food and beverage dengan rujak es krim sebagai andalannya. Kami juga secara berkala mengundang wirausahawan untuk secara sukarela berbagi ilmunya seperti juga Mba Ollie @salsabeela yang pernah sharing tentang inspirasi wirausahanya. Sebagai siswa, pastinya mereka pun ingin bisa berwirausaha juga dan mereka mempunyai motivasi lebih untuk itu, semoga akan semakin banyak ilmu-ilmu yang mereka dapat salah satunya lewat kelas Akber iniJ untuk info lebih lanjut bisa colek @siswawirausaha atau siswawirausaha.com

Sesi 2

Mas Wisnu in the stage :)

Mas Wisnu in the stage 🙂

Setelah selesai sholat ashar, akberian lanjut belajar, kali ini kita belajar bersama mas Wisnu Dewobroto. Mas nu ini adalah seorang Dosen di Univ Trisakti. Mas nu ini praktisi di bidang bisnis manajemen, SEO certified, search engine marketing dan Lean “stuf”. Nah , apa itu lean?? Kita cari tau nantii yaa ..:) Mas nu ini memulai usaha sejak 1999 dengan menjual jaket di trotoar istora Senayan. Saat ini usaha yang mas nu jalankan antara lain Resto Sami Kuring, GM Valuta (money changer), Rekacipta Amerta dan masih banyak lagi. woww.. kerenn …mas nu bertanya siapkah anda memulai bisnis anda?? Mas nu mengatakan bahwa kunci dari kewirausahaan adalah “Creativity, Innovation and Value” kreativitas merupakan kemampuan melakukan sesuatu yang berbeda dan tidak biasa. Inget banget kan dulu zaman SD kalo di suruhh gambar pemandangan itu pasti ada dua gunung, terus di tengahnya ada matahari dan di depannya ada jalan atau sawah-sawah.. termasuk saya hehe. Kemudian mas nu meminta kita untuk menggambar muka teman kita sebelahnya sekreatif mungkinJ , seru liat para akberian berusaha menggambar muka teman sebelahnya, seru loh! Nah, Inovasi adalah “implementation of something new” dan inget untuk menciptakan value untuk konsumen kita. Mas nu mengatakan bahwa dalam bisnis kita harus SALAH dulu sebelum akhirnya benar dan berhasil. Inget kan dulu Teks Proklamasi aja ada coretannya sebelum akhirnya menemukan kata yang pas. Sekarang masuk ke “Lean”. Lean menunjukkan bahwa konsumen merupakan bagian terpenting dalam line produksi. Dalam bisnia pasti akan menimbulkan “waste”, nah lean ini intinya membuang pemborosan dan belajar dari kegagalan yang sudah ada. Intinya dalam membuat bisnis adalah: make assumption, find the riskiest one and get out the building. Yes teruslah bertanya, bahkan untuk hal ini orang dewasa kalah dengan anak kecil. Mereka selalu bertanya apapun tanpa takut salah atau terlihat bodoh. Selalu bertanya pada konsumen, tanya keinginan mereka bahkan bertanyalah bukan pada orang terdekat namun pada orang lain, sehingga bisa lebih objective dalam menilai. Terakhir Fail fast, succeed faster.. I like that dan juga start small, stay small (stay humble) J

Wah seru banget Akber kali ini dengan dua guru kece nya. Terima kasih guru, terima kasih pak Barra, terima kasih para relawan dan juga akberian yang sudah datang. See you! 🙂

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s