Mencetak Siswa yang Kreatif dan Inovatif: Catatan dari Kunjungan Kak Ardi

Berbicara tentang inovasi dan kreatifitas, saya jadi ingat ketika kami kedatangan Kak Ardiansyah. Kak Ardi saat ini sedang belajar S2 di Korea tepatnya di Chonnam National University mengambil Jurusan IT. Kak Ardi bercerita bahwa dia datang dari keluarga yang sangat sederhana, bahkan termasuk kurang sehingga ketika kecil harus harus berjualan gendar untuk mendapatkan uang jajan. Keterbatasan tidak menghalanginya untuk berprestasi. Contohnya aja menjadi Juara Lomba Cerdas Cermat Matematika SD, Peringkat 1 di SD selama 6 tahun, NEM tertinggi SD, Peringkat 1 di SMP selama 3 tahun, Ketua OSIS SMP, Juara Lomba Cerdas Cermat, SMP se-Jakarta, Peringkat 3 besar di SMA dan segudang prestasi lainnya. Lulus SMA, Kak Ardi diterima di Jurusan Teknik Komputer UI, dengan uang pangkal mencapai 25 juta rupiah. Untunglah karena prestasinya Kak Ardi mendapat Beasiswa Etos, tidak hanya untuk uang kuliahnya namun juga mendapatkan uang saku, akomodasi asrama serta pembinaan Kewiraausahaan.

Kunjungan Kak Ardi ke SMK Itaco. sumber: dok pribadi

Kunjungan Kak Ardi ke SMK Itaco. sumber: dok pribadi

Ketika kuliah Kak Ardi juga bercerita bahwa dia bekerja sebagai teknisi komputer, warnet engineer dan juga berjualan laptop. Kak Ardi kemudian meraih prestasi lebih tinggi lagi berkat kreativitas dan inovasinya yaitu menjadi 6 Worldwide Finalist Imagine Cup 2009 di Mesir dan 5 Worldwide Finalist Imagine Cup 2010 di Polandia. Salah satu karyanya hingga menjadi Finalis di Imagine Cup adalah membuat alat pengingat minum obat untuk penderita TBC, karena seorang penderita TBC jika telat minum obat maka harus mengulang pengobatan dari awal. Kak Ardi bercerita dulu kakeknya meninggal karena penyakit tersebut.

Kak Ardi berpendapat setiap orang bisa memotivasi dirinya untuk melihat dan dapat menjadikan kelemahan, kekurangan, tantangan baik yang ada pada dirinya maupun lingkungannya menjadi suatu peluang. Sebagai contoh Kak Ardi tahu bahwa dia tidak bisa menjadi dokter karena takut darah, jarum suntik, tidak suka bau obat-obatan namun tidak menghalangi Kak Ardi untuk berkontribusi di bidang kesehatan. Dengan latar belakang yang dimilikinya di bidang Teknik Komputer dan melihat tantangan bidang kesehatan yang ada di Indonesia seperti masih banyaknya penderita TBC (nomor 3 dunia), tingginya tingkat kematian ibu dan bayi dll, Kak Ardi berinovasi mendesain dan mencipta alat atau setidaknya membantu mengurangi jumlah penderita penyakit tersebut.

Prestasinya juga mengantarkannya meraih beasiswa S2 dan penelitian di Chonnam National University, Korea Selatan, menjadi Peneliti di LG R&D, Korea, Peneliti di Korea Advanced Research Network (KOREN), Peneliti di Korea  IT Research Center dan Beasiswa Brain Korea 21.

Saat ini Kak Ardi sedang menciptakan sebuah alat dimana bisa mengontrol rumah dengan menggunakan smartphone. Seperti misalnya bisa mematikan lampu, mematikan air, mengunci pagar dan lain-lain melalui smartphone.

Pengontrol rumah melalui smartphone. sumber: dok Kak Ardi

Pengontrol rumah melalui smartphone. sumber: dok Kak Ardi

Kak Ardi berpesan agar keterbatasan jangan menghalangi untuk berkarya dan berprestasi. Selain itu jangan pernah malu terhadap keterbatasan yang kita miliki, jadikan hal tersebut sebagai motivasi terbesar kita untuk merubah kondisi diri menjadi lebih baik, bukan justru sebagai penghalang langkah kita. Motivasi terbesar Kak Ardi adalah ketika ibunya tersenyum, sehingga Kak Ardi akan melakukan apapun, untuk menjadi yang terbaik di sekolah maupun di kegiatan luar sekolah. Kak Ardi memomotivasi siswa untuk bisa mendapatkan beasiswa, menghilangkan rasa minder, dan bagaimana bisa mengelilingi dunia dengan “gratis” seperti Kak Ardi. Kak Ardi berbagi tips untuk sukses seperti merubah pola pikir sejak dini, menentukan prioritas dalam mencapai cita-cita, serta bagaimana agar menjadi pribadi yang berkarakter unggul. Terima kasih Kak Ardi kunjungan dan sharingnya:)

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s