Wisata Ke Myanmar Pake Visa? Ga Perlu Kali Yee…

Yap sampailah di tema ke-4 tantangan #10daysforASEAN ini..

Temanya tentang Visa.. emmm, sebenarnya agak sensi ngomongin soal visa, lah wong passport aja saya belum punya #siapayangnanya #kasiandeh . Oke-oke back to the topic .. jadi ini pertanyaannya :

Hampir semua negara di ASEAN, telah membebaskan pengurusan visa bagi wisatawan yang ingin berkunjung ke negaranya, namun tidak dengan Myanmar. Kenapa ya, berwisata ke Myanmar tidak cukup dengan mengandalkan paspor saja? Perlu atau tidak visa bagi perjalanan wisata. 

Well dulu saya pernah diminta sama atasan saya untuk membuat permohonan visa ke kedutaan Arab Saudi. Visa itu sederhananya surat izin yang di keluarkan oleh negara tertentu untuk orang yang akan memasuki negaranya. Hmm, menurut saya memang wajar seorang negara menerapkan kebijakan visa untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan. Contohnya aja ni, mereka takut orang asing tersebut di negara nya menjadi beban seperti menganggur atau bahkan yang lebih parah merencanakan tindakan terorisme. Wuih.. serem! salah satu negara yang menerapkan kebijakan visa yang cukup ketat adalah Amerika, terutama sejak kejadian serangan September 2011 yang memporakporandakan WTC building dan yang paling kena imbas adalah negara-negara dimana mayoritasnya umat muslim termasuk Indonesia.

Salah Satu Objek Wisata Myanmar, sumber : www.theaustralian.com.au

Salah Satu Objek Wisata Myanmar, sumber : http://www.theaustralian.com.au

Nah, jika melihat Myanmar yang menetapkan visa jika ada orang asing yang ingin berwisata ke negaranya tersebut, menurut saya itu merupakan hak preogratif dari pemerintah Myanmar itu sendiri. Setiap negara mempunyai aturan masing-masing dan mungkin pemberlakukan visa tersebut di berlakukan dengan berbagi pertimbangan. Jika kita lihat negara Myanmar merupakan negara di ASEAN yang masih sering mengalami konflik terutama konflik internal. Contohnya aja ni, kuatnya junta militer di sana dan meskipun pada pemilu 1990 partai pro-demokrasi pimpinan Aung San Syu Kyi memenangi 82% suara namun hasil pemilu ini tidak diakui rezim militer yang berkuasa dan kasus terbaru adalah pembunuhan dan pengusiran etnis muslin Rohingya bahkan mereka sampai terlunta-lunta ke Indonesia. Duh miris banget mendengarnya 😦

Dengan terbentuknya Komunitas ASEAN 2015 nanti, jika pemerintah Myanmar ingin meningkatkan pendapatan negara melalui sektor pariwisata, ya syaratnya dengan tidak memberlakukan visa jika wisatawan ingin berkunjung ke Myanmar apalagi jika yang berkunjung dari sesama negara ASEAN, move on gt lah.. harus berfikiran terbuka, soalnya kan ribet jika kita mau berlibur kesana saja harus ngurus visa segala sedangkan liburan kan waktunya sebentar, malah tar bisa jadi lebih lama ngurus visanya daripada liburannya. Jadi calon wisatawan akan malas ketika akan berkunjung ke Myanmar donk, nah yang rugi siapa? Myanmar sendiri kan?? padahal negara-negara ASEAN lainnya sedang berlomba-lomba meningkatkan sektor pariwisata dan tidak hanya di tingkat ASEAN, tapi juga ASIA dan dunia ..

Jadi wisata ke Myanmar pake visa? ga perlu kali yee :p

Advertisements

2 comments on “Wisata Ke Myanmar Pake Visa? Ga Perlu Kali Yee…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s