Social Movement di Indonesia

Sebagian dari kita mungkin sudah tidak asing dengan nama Akademi Berbagi, Indonesia Berkebun, Ayah ASI, Nulis Buku Club dan masih banyak lagi nama-nama lainnya. Nama-nama tersebut merupakan sedikit dari banyaknya social movement atau gerakan sosial yang datang dari inisiatif masyarakat.

Gerakan Ind Mengajar, sumber: Sumber: bocahbancar.wordpress.com

Gerakan Ind Mengajar, sumber: Sumber: bocahbancar.wordpress.com

Anda mungkin pernah juga mendengar gerakan Indonesia Mengajar, sebuah inisiatif dari Anies Baswedan yang mengirim putra/i terbaik bangsa ke daerah terpencil untuk mengajar? Mereka lulusan terbaik dari Universitas terbaik dan bersedia meninggalkan kemapanan hidup di kota untuk menyalakan lilin dalam kegelapan dengan menjadi Guru SD di pelosok negeri. Atau gerakan Save Street Child yang peduli terhadap anak jalanan dan masih banyak lagi gerakan-gerakan yang lahir di era digital saat ini.

Gerakan Sosial

Sebenarnya gerakan sosial sendiri itu apa? Gerakan sosial merupakan aktivitas sosial berupa gerakan sejenis tindakan sekelompok yang merupakan kelompok informal yang berbentuk organisasi, berjumlah besar atau individu yang secara spesifik berfokus pada suatu isu-isu sosial atau politik dengan melaksanakan, menolak, atau mengkampanyekan sebuah perubahan sosial. (Wikipedia). Istilah “gerakan sosial” sendiri diperkenalkan pada 1850 oleh Sosiolog Jerman, Lorenz von Stein, dalam bukunya “Sejarah Gerakan Sosial Perancis dari 1789 hingga saat ini” (1850). Kemudian, istilah ini dipakai untuk menamai suatu reaksi massa atas status quo di seluruh dunia.

Gerakan sosial mengajak masyarakat untuk dapat dibentuk dan diarahkan sesuai yang kita harapkan untuk perubahan yang lebih baik dan dapat menghasilkan solusi-solusi atas problem sosial yang ada di masyarakat. Jika kita mengacu pada pemikiran Max Weber, perubahan sosial didasarkan pada kekuatan ide. Selain ide, individu yang kuat atau tokoh-tokoh besar juga mempengaruhi perubahan sosial. Disamping itu semua, gerakan sosial, seperti LSM, komunitas, yayasan juga dapat menjadi agen perubahan sosial.

Contoh Masy Menyuarakan Perubahan, sumber: Sumber : www.utblick.org

Contoh Masy Menyuarakan Perubahan, sumber: Sumber : http://www.utblick.org

Gerakan sosial bukan sesuatu yang baru di Indonesia hingga saat ini meskipun saat ini dalam skala yang berbeda. Contohnya gerakan rakyat Indonesia baik secara peperangan maupun diplomasi melawan penjajah, gerakan mahasiswa yang di pimpin oleh Soe Hok Gie terhadap pemerintahan Orde Lama atas berbagai permasalahan yang muncul pada waktu itu, atau juga yang paling banyak menyedot perhatian dunia ketika terjadi gerakan reformasi pada tahun 1998 yang menggulingkan rezim Orde Baru dan mengubah tatanan sosial, politik dan banyak aspek lain yang berdampak luas bagi bangsa Indonesia.

Gerakan sosial merupakan kombinasi berbagi ide dan aktivitas yang berhubungan dengan pola kehidupan sosial (Sinclair). Aktifitas yang dibagi bersama mungkin di definisikan sebagai “Tujuan yang di arahkan secara aktif bersama-sama oleh dua orang atau lebih” (McAdam and Snow 1998: xxiv).

Menurut @salsabeela atau yang akrab di panggil Ollie, Co-founder dari Nulis Buku, gerakan sosial merupakan pergerakan yang efeknya berdampak positif kepada banyak orang. Menurut saya sendiri, gerakan sosial merupakan gerakan yang muncul atas upaya kolekif dan inisiatif masyarakat yang berhubungan melalui keterikatan ketertarikan yang sama untuk fokus pada isu sosial untuk mewujudkan perubahan sosial, mempunyai wadah dan organisasi untuk melaksanakan gerakannya seperti komunitas, mempunyai alternatif terhadap ide perubahan dan aktivitasnya di laksanakan secara terus-menerus.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s