Manfaat Social Movement & Volunteering

Hadirnya sebuah gerakn sosial tidak bisa lepas dengan sosok sukarelawan atau volunteer. Volunteer atau dikenal dengan sukarelawan adalah orang yang bekerja atas kemauan sendiri dan ikhlas hati bekerja untuk orang lain dan yang terpenting mereka bekerja tidak dimotivasi oleh materi dan uang. Peran volunteer merupakan inti dari gerakan sosial karena mereka merupakan penggerak gerakan sosial. Kerja volunteer memang memerlukan pengorbanan, namun pada akhirnya kerja volunteering jika dilakukan dengan ikhlas akan membawa banyak kebaikan yang berlipat untuk si pelakunya karena saya percaya bahwa The more you give, the more you get.

Menurut pendapat saya keuntungan yang paling utama terlibat social movement adalah BAHAGIA, yaps karena dengan membahagiakan orang lain akan membuat kita jauh lebih bahagia   kita hidup tidak sendiri dan akan selalu memerlukan orang lain, berbuat sesuatu yang baik untuk orang lain dampak positifnya akan kembali ke kita, dalam bentuk apapun. Saya juga percaya bahwa sebaik-baiknya manusia adalah manusia yang bermanfaat untuk orang lain dan jadilah orang yang bermanfaat dan bukan hanya sukses, maksudnya bukan dilarang sukses namun alangkah baiknya jika kita sukses dan bermanfaat bersama-sama 🙂

Sumber: Sumber : dydara.wordpress.com

Sumber: Sumber : dydara.wordpress.com

Saya ambil kisah dari seorang founder Akademi Berbagi (Akber), dimana saya sendiri menjadi volunteernya, yaitu Mba Ainun Chomsun. Mba Ainun yang akrab disapa Mba Ai telah membuktikannya,  karena menjadi volunteer di Akber banyak hal yang sudah di dapatkannya seperti mendapatkan project freelancer, menjadi social media director, berkesempatan menjadi pembicara/pengajar, kesempatan menulis buku dan yang paling amazing yaitu ketika beliau berkesempatan keliling Amerika selama hampir satu bulan gratis atas undangan US Department of State. Mba Ai bisa mewujudkan mimpi masa kecilnya yaitu mengunjungi New York karena terinspirasi oleh film Autum in Newyork dan juga Home Alone Lost in New York dan sekarang mimpi itu menjadi nyata. Makanya buat kita nih, jangan pernah menyepelekan mimpi se absurd apapun itu. Ada kata-kata bagus yang di kutip dari Martin Luther, dia berkata :

Make a career of humanity, commit yourself to the noble, struggle for equal rights, you will make a greater person of yourself a greater nation of your country and a finer world to live in.

Pada dasarnya semua manusia mencari kebahagiaan dalam hidupnya dan parahnya sebagian dari kita menganggap bahwa materi dan uang merupakan sumber kebahagiaan utama padahal banyak jalan untuk menjadi bahagia karena bahagia itu adalah pilihan sadar, kita bisa memilih untuk bahagia atau tidak dan saya sependapat dengan apa yang disampaikan Mba Ai bahwa ketika kita membantu masalah orang lain sebenarnya kita sedang meringankan masalah kita sendiri. Apalagi jika bantuan kita tersebut bisa mengubah hidup orang lain!  Saya  juga sering mendengar bahwa ketika orang berpendapat bahwa jika kita ingin berbagi maka kita harus dalam keadaan cukup terlebih dahulu secara materi, namun, orang yang hebat adalah orang yang dalam kesusahan namun masih bisa membantu sesamanya. Jadi, jangan menunggu berkecukupan untuk membantu orang lain, karena kita tidak pernah tau sampai berapa lama usia kita …

Keuntungan lain menjadi volunteer, masih menurut Mba Ainun adalah kita bisa membangun networking yang sangat luas tanpa batas. Mengapa demikian? karena kerja volunteer tidak memiliki struktur kerja yang formal jadi memungkinkan untuk berjejaring dengan siapa saja di posisi apapun, apalag hadirnya sosial media memungkinkan jaringan yang lebih luas lagi. Dengan berjejaring pulalah, kita bisa mendapatkan banyak informasi. Sekarang jaman informasi, dimana orang-orang yang berhasil adalah mereka yang menguasai informasi dan seorang volunteer bisa mendapatkan banyak kesempatan yang tidak bisa didapat dengan bekerja.

Jika mengingat-ingat ke diri sendiri manfaat menjadi volunteer, yang jelas banyak hal yang saya dapatkan setelah menjadi Volunteer di Akademi Berbagi Bekasi ini, contohnya banyak belajar ilmu baru yang di ajar sama praktisi yang pastinya semakin membuatku merasa bahwa banyak hal yang belum saya ketahui, selain itu saya belajar berorganisasi apalagi kemarin saya menjadi Kepala Sekolah di Akber Bekasi yang pastinya menuntut tanggung jawab yang lebih besar. Walaupun saya tidak bisa selalu menyenangkan banyak pihak tapi setidaknya saya belajar mengorganisir, hal lain yang saya dapat adalah jaringan dan teman baru yang berasal dari beragam background dan percayalah selalu menyenangkan mengenal orang-orang baru dan yang terakhir yang bagi saya merupakan bonus adalah ketika kelas Akber Bekasi di liput oleh Kompas TV dan saya berkesempatan memenangkan lomba presentasi dengan membawakan tema tentang Akademi Berbagi.

Ada kabar baik tentang volunteering, di Amerika dan bahkan di Indonesia beberapa instansi sudah mulai memberikan nilai plus bagi orang-orang yang melakukan kegiatan volunteer. Karena dengan menjadi volunteer adalah bukti bahwa dia mempunyai kemampuan bekerja dengan baik dan bertanggung jawab, mempunyai empati yang tinggi, punya kemampuan berorganisasi dan bekerja dalam tim, dan punya kemampuan leadership.Dengan menjadi volunteer kita bisa belajar banyak hal, menambah pengetahuan dan wawasan, pengalaman terjun langsung di lapangan, belajar menjaga komitmen, belajar rendah hati & melayani, mengasah keberanian & kemampuan dan belajar mengenal diri sendiri.

Jadi manfaatkankanlah sosial media sebaik mungkin untuk mencari kesempatan menjadi volunteer, jangan hanya menggunakan sosial media untuk hal-hal yang kurang bermanfaat seperti membuat status galau, mengumpat, mengeluh karena jejak online mu akan terekam selamanya. So be aware ya .. ya kalo sekali-kali si gpp kita galau atau mengeluh toh kita hanya manusia biasa namun jangan sampai menjadi hal yang dominan dalam hidup kita.

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s