Komunitas dan Social Movement

Osborn & Neumeyer (dalam Taneko, 1984: 59) menyatakan bahwa komunitas adalah sekelompok orang dalam area yang berdampingan, mempunyai ketertarikan dan aktivitas yang sama. Komunitas erat kaitannya dengan sekelompok orang yang terlibat untuk mencapai keputusan bersama untuk melaksanakan gerakan sosial yang dapat mengubah situasi ekonomi, sosial, budaya atau lingkungan mereka.

Di Indonesia, perkembangan gerakan sosial saat ini di wadahi oleh dibentuknya komunitas-komunitas. Indonesia di kenal sebagai bangsa yang menjunjung adat ketimuran dengan nilai sosial yang tinggi, tak heran pertumbuhan komunitas sebagai wadah gerakan sosial atau hanya sekedar sarana kumpul-kumpul atau sosialisasi antar anggotanya menjadi suatu kebutuhan. Saat ini seiring dengan berkembangnya sosial media, semakin memudahkan manusia untuk berkomunitas.

Komunitas Indonesia Berkebun, sumber : Sumber : hiddenpark-id.com

Komunitas Indonesia Berkebun, sumber : Sumber : hiddenpark-id.com

Komunitas-komunitas masyarakat dengan kegiatan-kegiatannya yang positif bagi anggoa maupun lingkungan sosial harus terus di dukung karena hakikatnya komunitas merupakan kumpulan orang-orang yang punya satu atau beberapa nilai positif, berkumpul berbagi untuk meningkatkan kemampuan, minat, skill sehingga lebih baik dan memiliki nilai dalam hidup masing-masing, disamping mendapatkan teman baru, lingkungan baru, dan dukungan sosial (social support) tentunya. Komunitas berperan melakukan gerakan sosial di masyarakat dan tidak sekedar kumpul-kumpul namun memiliki arti yang bisa diberikan untuk masyarakat. Bahkan saat ini komunitas menjadi bagian dari kebutuhan.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s