Generasi Muda Indonesia dan Implikasinya

Saat ini komposisi penduduk Indonesia di dominasi oleh kelompok usia muda produktif, dimana kelompok usia ini memiliki karakter dinamis dan energi yang relatif besar. Dengan energi yang besar, kemungkinan terciptanya gerakan sosial akan lebih besar, bahkan generasi muda yang merupakan generasi penerus bangsa dikatakan sebagai agen perubahan yang utama. Jika mereka menyadari, mereka akan melakukan sesuatu untuk Indonesia yang lebih baik. Kita masih ingat tentunya Soe Hok Gie yang berjuang di usia relatif muda atau Che Guevara yang memimpin Revolusi Kuba di usia yang relatif muda. Dia berbuat sesuatu dan tidak sekedar diam melihat ketidakadilan. Gerakan tidak melulu berbentuk fisik, tetapi juga ide atau gagasan.

Generasi Muda Indonesia, Sumber : forum.kompas.com

Generasi Muda Indonesia, Sumber : forum.kompas.com

Generasi muda bisa menjadi agen yang kuat untuk perubahan sosial. Banyak anak muda yang mempunyai keinginan dan kapasitas untuk mengubah dunia, dan mencari kesempatan untuk melakukannya. Faktanya, anak muda menjadi aktor utama dalam setiap gerakan sosial saat ini. Anak muda sering mengambangkan konsep yang kuat untuk berbicara dan memobilisasi sasamanya. Anak muda saat ini mengorganisisr ruang dan jaringan untuk berbagai baik keterampilan organisasi maupun media. Saat ini banyak anak muda dari berbagai gerakan yang berbeda membangun jaringan untuk membangun kolaborasi yang lebih kuat.

Generasi muda banyak yang lebih suka terkoneksi terhadap aktifitas gerakan sosial melalui keluarga atau komunitasnya bahkan secara langsung berhubungan dengan gerakan sosial di belahan dunia lain dan sering terinspirasi oleh gerakan yang mereka temui melalu sosial media atau televisi

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s