Mengapa Pelajar Harus Mendapatkan Pengalaman Kewirausahaan?

Pepatah dalam sistem pendidikan kita adalah jika anda berkerja keras selama di sekolah, maka hampir di jamin pekerjaan yang baik akan menghampiri anda. Namun pepatah tersebut terpatahkan karena keterbatasan ekonomi dan kompetisi global. Banyak perusahaan saat ini mengharapkan siswa untuk mempunyai paling tidak satu kali melakukan kegiatan magang atau dikenal dengan istilah Praktek Kerja Lapangan (PKL) di Indonesia. Dalam era saat ini, anda tidak bisa menggantungkan diri pada sesuatu atau seseorang untuk membuat kamu sukses. Anda harus bertanggung jawab terhadap karir anda sendiri dan menciptakan jalan anda sendiri.

Banyak siswa yang mengeluh dan stress karena ketika magang dibayar rendah bahkan sangat sulit mendapatkan bayaran.  Jelas, solusinya adalah siswa memulai bisnis atau proyek sampingan, dimana keduanya bisa merupakan kegiatan magang. Jika bisnis gagal, mereka masih belajar sesuatu dan mempunyai pengalaman dalam daftar riwayat hidup mereka.

Siswa Belajar Design Grafis

Siswa Belajar Design Grafis

Saat ini, banyak universitas menawarkan kursus kewirausahaan atau juga banyak institusi menyelenggarakan lomba tentang kewirausahaan. Selain itu, perusahaan mulai mengerti pentingnya pendidikan kewirausahaan tersebut. Jika di telisik lebih jauh, banyak fakta  menunjukkan bahwa beberapa perusahaan sebenarnya mencari siswa yang mempunyai pengalawan berwirausaha ketika mencari karyawan untuk posisi level awal/entry level staf. Mengapa? Karena siswa yang mempunyai mindset kewirausahaan bertanggung jawab atas tindakan mereka sendiri, agresif dan mereka tahu bagaimana mengeksekusi. Mereka juga memiliki kemampuan komunikasi dan menjual yang merupakan hal penting dalam bisnis saat ini. Perusahaan yang cerdas sangat mengerti bahwa jika mereka tidak berinovasi, mereka tidak bisa memenangkan masa depan. Dengan merekrut wirausahwan muda, mereka membawa perspektif baru dan ide-ide segar ke tempat kerja.

Ketika berbicara kepada pemberi kerja tentang fenomena ini, beberapa top eksekutif mengatakan bahwa mereka lebih memilih siswa yang mempunyai pengalaman wirausaha daripada siswa yang mempunyai pengalaman 5 kali magang. Kewirausahaan secara alamiah mengembangkan soft skills seperti kemampuan komunikasi dan kemampuan bekerja sama dimana saat ini perusahaan hampir putus asa mencari kandidat generasi pemimpin mendatang diperusahaannya. Jika anda seorang pelajar saat ini, buatlah misi untuk menjemput karir anda di tangan anda sendiri dan mulailah proyek atau bisnis kecil baik dengan jualan online, menjual produk ke sesama teman atau anda datang dengan ide besar Facebook berikutnya. Perusahaan tidak peduli jika hal itu sukses atau gagal, namun yang terpenting anda belajar sesuatu darinya. Jaka kamu ingin lulus dengan sebuah pekerjaan, kemudian lebih baik anda memoles keterampilan wirausaha anda dan masa depan anda bergantung padanya!

Itulah yang coba saya terapkan pada siswa saya di SMK ITACO. Kami berusaha untuk mengembangkan sebuah usaha. Selain untuk membantu biaya pendidikan mereka, tujuan dari kegiatan kewirausahaan kami adalah untuk memberikan pengalaman wirausaha untuk mereka sedini mungkin, sehingga setelah lulus nanti mereka mempunyai mindset seorang wirausahawan meskipun nantinya mereka memilih jalan menjadi profesional, namun karakter wirausahaan akan menyertai mereka seperti kerja keras, pantang menyerah, inovatif, open mind, tidak gengsi dan masih banyak lagi yang bisa di petik nilai dari seorang wirausahawan. Pastinya karakter tersebut akan memberikan nilai plus untuk tempat kerjanya nanti. Mereka di harapkan tidak hanya menjadi karyawan biasa-biasa saja minim kontribusi. Apalagi seperti kita tahu di era globalisasi dan akan di bentuknya ASEAN Community tahun 2015 nanti, persaingan akan semakin ketat dan tidak hanya bersaing dengan sesama WNI namun juga dengan warga ASEAN lainnya.

Referensi:

http://techcrunch.com/2012/06/30/why-students-should-gain-entrepreneurship-experience-before-graduating/

Advertisements

2 comments on “Mengapa Pelajar Harus Mendapatkan Pengalaman Kewirausahaan?

  1. anak mahasiswa juga harus dibekali enterprenure supaya yang gak pinter2 amat dengan ipk atau nilai pas pasan bisa bikin usaha sendiri dari pada ngaryawan kan kak (salam kenal dari saya, ikutan asean blog fest ya kmrn d solo) 🙂

  2. yupss betull.. dengan dibekali entreprenuership mereka bisa menjadi lebih kreatif dan berharap bisa menjadi solusi banyaknya pengangguran, jadi ga semata2 lulus, IPK tinggi dan masuk ke antrian pelamar kerjaa.. salam kenal juga mas, iya kemarin ikutan Asean Blogger, ikutan juga kah?mksh udh berkunjung

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s