Selamat Tinggal Gigi Ngilu, Selamat Datang Parodontax

Apakah anda pernah mengalami ngilu di gusi? Saya pernah, terutama pas lagi minum yang dingin-dingin. Rasanya itu ga enak banget, kayak ngilu ditinggal nikah sama mantan pacar #yakale 😀

Jadi ya udah, kalo misal lagi makan diluar, kalo orang lain minumnya pake minuman dingin, saya cukup pasrah dengan minum air mineral. Meskipun minum air mineral itu menyehatkan tapi kadang-kadang pengen minum-minum yang dingin juga..apalagi es campur kesukaanku.. hee. Ya udah pas baca twit dari seorang teman tentang pasta gigi yang bisa membantu masalah gusi yaitu Parodontax, saya tertarik ikutan 14 days challenge karena saya ingin tau apakah masalah gigi ngilu saya bisa teratasi?

Pas pertama kali nyoba Parodontax itu rasanya asin-asin gimana gitu dan ternyata rasa asin tersebut berasal dikarenakan kandungan garam mineralnya. Namun yang aku suka meski baru pertama kali pake Parodontak rasanya dingin ampe ke hati :p , dan ternyata memang Parodontax itu mengandung bahan sodium bicarbonat yang mampu mengusir plak dengan mudah dan segar lebih lama. Rasa unik Parodontax juga berasal dari 5 macam ekstrak herbal alami, pantesan jadi seger banget.. kayak liat Iker Casillas di gurun pasir #apuee. Saya tertarik banget memakai Parodontax karena membantu masalah  plak. Hem.. plak itu kan susah dihilangkan dan jangan sampai lama menempel di gigi karena bisa berakibat fatal. Plak tersebut merupakan awal dari masalah gusi yang berasal dari sisa makanan. Telat penganganan maka maka masalah gusi bisa menyebabkan penyakit gusi yang lebih serius seperti gingivitis atau peradangan gusi. Jikapun terlanjur kena masalah gusi seperti gusi berdarah, pasta gigi Parodontax terbukti mengurangi 33% pendarahan di gusi. Tau juga nggak, bahwa ternyata survey menunjukkan bahwa 5 dari 10 orang Indonesia pernah mengalami gusi berdarah (Synovate AsiaBus, 2011). Wuiss, berarti setengahnya!

Oya saya juga sempat sharing bareng siswa/i di SMK ITACO tentang ciri gigi dan gusi sehat serta bagaimana menjaga kesehatan gigi&gusi. Cirinya antara lain adalah:

  1. Gusi sehat berwarna merah. Tapi, merahnya yang agak sedikit pink
  2. Gusi dalam keadaan stabil atau tidak gerak. Struktur gusinya bagus
  3. Gusi sehat itu adalah gusi yang tidak berdarah dan tidak boleh ada rasa sakit.
  4. Ciri gusi yang tidak sehat biasanya ditunjukkan dengan pembengkakan pada gusi
  5. Gusi dan gigi sudah benar-benar menempel, atau tidak ada ruang di antara gigi dan gusi
:)

🙂

Saya sampaikan ke mereka jika ketika muncul darah ketika menyikat gigi atau memakan sesuatu itu menandakan hal yang tidak normal. Alhamdulillah, selain ngilu kalo minum dingin, saya tidak pernah masalah gusi yang serius, tapi lebih baik mencegah daripada mengobati dengan menggunakan pasta gigi yang tepat seperti Parodontax. Menjaga gusi sehat sangat penting karena beberapa penyakit serius seperti jantung diawali dari gusi bermasalah. Kuman digusi dibawa oleh aliran darah bisa sampai kesana. Hiiii….. Jadi Parodontax itu adalah pasta gigi yang diformulasikan khusus untuk memberikan perlindungan dan perawatan terhadap masalah gusi, so ga perlu nunggu bermasalah dulu kan?:p

Pasta gigi Parondontax ini memiliki formula yang mengandung 70% bahan-bahan khusus yang terdiri dari garam mineral dan ekstrak herbal sehingga memberikan cita rasa pasta gigi yang unik, jadi membuat nafas segar lebih lama, hal ini terbukti ketika saya sedang berpuasa sunah, nafas saya segar lebih lama ga seperti ketika menggunakan pasta gigi lainnya. Wah siap-siap nyetok ini untuk bulan Ramadhan 🙂

Kandungan Parodontax

Kandungan Parodontax

Saya sharing juga ke siswa bahwa gigi dan gusi yang sehat sangat diperlukan, terutama untuk mengunyah makanan. Hal ini penting agar system pencernaan anda tidak perlu bekerja terlalu keras apabila makanan yang masuk tidak dikunyah dengan baik. Gigi yang rusak atau gusi yang sakit yang disebabkan karena kebersihan mulut yang buruk dapat menimbulkan infeksi yang parah, yang nantinya memungkinkan untuk memiliki dampak buruk bagi organ-organ tubuh yang lain. Saya men-share bebrapa tips pada siswa untuk menjaga gigi dan gusi sehat, diantaranya adalah:

  1. Makanan sehat: kacang-kacangan,buah-buahan, sayuran&produk susu bisa mengurangi radang gusi. Hindari makanan kaya gula.
  2. Teknik menyikat: meliputi gerakan atas-bawah&bersihkan bagian dalam&permukaan gigi. Gantilah sikat gigi setiap 3-4 bulan
  3. Kurangi fluoride:fluoride memperkuat enamel. Tapi pada saat yang sama, trlalu banyak fluoride menyebabkan bintik-bintik putih pada gigi
  4. Sikat gigi 2x sehari: pagi hari untuk menjaga kebersihan mulut, di malam hari adalah untuk menjaga kesehatan gigi
  5. Minumlah cukup air putih: membantu dalam membersihkan sisa-sisa makanan pada gigi&gusi. juga mengurangi jumlah bakteri
  6. Pemeriksaan rutin ke dokter gigi 6 bulan sekali. pemeriksaan rutin dapat membantu mendeteksi gangguan sedari dini
  7. Kunyahlah makanan sebanyak 32x sebelum ditelan.
  8. Hindari memakan/meminum sesuatu yang panas maupun sangat dingin

Terakhir penggunakan pasta gigi yang tepat seperti Parodontax. Menurut informasi, setelah penggunaan parodontax selama 14 hari, mayoritas pengguna penyukai rasa uniknya. Selain itu yang saya suka dari pasta gigi ini adalah ga terlalu banyak mengandung busa jadi ga merepotkan. Hehe.

Jadi penting banget merawat gigi dan gusi. Dimana masalah gigi gusi berawal dari plak. Plak tersebut mengandung kuman dan akibat yang ditimbulkan tergantung dimana kuman tersebut belabuh. Jika kuman terbawa aliran darah ke tubuh bagian bawah, maka jantung dan ginjal bisa terganggu. Begitu pula bila kuman terbawa ke aliran darah tubuh bagian atas, kuman bisa tersangkut di selaput yang menyelimuti otak dan mengakibatkan meningitis. Selain itu ternyata, kesehatan gusi berhubungan erat dengan kekebalan tubuh terhadap berbagai penyakit seperti seperti insomnia, batuk, rematik, bahkan rambut rontk bersumber dari gangguan gusi. Kesehatan gigi dan mulut sangatlah penting untuk menunjang kesehatan tubuh secara keseluruhan. Mulut adalah pintu gerbag segala makanan dan minuman yang masuk ke dalam tubuh.

Nah sekarang setelah seminggu lebih menggunakan Parodontax, saya ga ngilu lagi minum minuman dingin termasuk es campur favoritku, nafas lebih segar, plak berkurang, dan pastinya lebih percaya diri ketika beraktivitas 🙂

Ec campur fav:)

Ec campur fav:)

Terima kasih:)

Referensi:

http://parodontax.co.id/

http://idesehatku.blogspot.com/2012/07/tips-menjaga-kesehatan-gigi-tetap-sehat.html

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s