Meet My Womanprenuer Inspiration: Mba Ollie “Salsabeela”

Bertemu dengan seseorang yang kita kagumi atas prestasi dan inspirasinya itu menyenangkan, namun bisa berbincang dengannya itu luar biasa. Ya, aku baru saja mengalaminya dan rasanya masih seperti mimpi. Selasa lalu 4 Juni 2013 merupakan hari yang istimewa di awal bulan Juni. Apa pasal? Cerita bermula ketika hari itu aku ke @atamerica yang Pacific Place untuk menyimak sebuah materi dari Gepi (Global Entrepreneurship Program Indonesia), saya sangat tertarik mengetahui lebih lanjut tentang Angel Investment tersebut. Disana aku janjian sama Fiduy, rekan di Akademi Berbagi Bekasi. Dannn … surprise!! Disana aku melihat Mba Salsabeela atau yang akrab di sapa Mba Ollie. Saat ini aku bingung antara pengen ngobrol atau diam ga berani nyamper … *pites*

Mau cerita dikit ah, jadi sebenarnya aku udah cukup sering liat Mba Ollie, beberapa diantaranya nih pas pertama kali ketemu nya di acara Bincang Edukasi, terus di acara On Off, acara launching Sams*** Galaxy Note, acara Asean Blogger, acara Muktamar Blogger dan beberapa lainnya yang aku lupa. Tapi ya gitu seringnya ga berani ngajak ngobrol atau nyamper *payah*, tapi hari itu aku bertekad untuk berbincang lebih banyak walopun sebelumnya cuma berani mensyen:p mungkin karena melihat Mba Ollie nya juga sedang sendiri. Ya udah pas acara kelar, aku memberanikan diri menuju ke tempatnya. Mba Ollie tersenyum ramah jadi bisa sedikit mengurangi kegugupanku.. padahal ya kan sesama cewek, pake gugup banget gitu, kalo sama pacar si mungkin maklum #apasih. Ya udah aku dan Fiduy kemudian berbincang dengan Mba Ollie. Aku bercerita sedang mencari masukan jenis wirausaha yang bisa dilakukan siswaku di SMK ITACO. Aku kemudian bercerita bahwa siswaku memiliki keterampilan design grafis meskipun belum terlalu bagus hasilnya karena lebih banyak otodidak dan belum ada yang mengajarkan. Mba Ollie menyarankan untuk berkunjung di www.tees.co.id, portal tshirt on demand, dimana siswaku bisa membuat design kaos sekreatif mungkin dan kemudian ketika ada orang yang memesan mereka mendapatkan profit dari harga jual dengan biaya produksi. Wahh, boleh banget dicoba atau aku punya keinginan ada portal sendiri dimana kami bisa menjual tshirt kreasi kami.

:)

🙂

Mba Ollie juga bercerita kisah lainnya seperti @nulisbuku/ www.nulisbuku.com yang beliau bangun dan saat ini telah menjadi indie publisher online di Indonesia. Wuihhh.. Mba Ollie bercerita bahwa siswa SMK ITACO bisa menawarkan jasa pembuatan cover buku ke penulis-penulis yang akan menjual bukunya di nulisbuku. Mudah-mudahan ada yang bisa melatih mereka untuk belajar membuat design buku yang bagus.

Kisah lain juga datang dari akun @Longdistance_R, dimana orang-orang yang mempunyai kisah yang sama saling bercerita dan kemudian menjadi sebuah buku best seller tentang LDR. Wah… dari ide sederhana bisa membuat seseorang sukses ketika jeli memanfaatkannya. Aku semakin kagum dengan Mba Ollie dan tau ga, aku dan Fiduy diajak untuk berbincang lebih jauh, sembari Mba Ollie menunggu acara di Kedutaan Amerika. Wah… I was excited. Sebelum itu, Mba Ollie juga mengenalkanku dengan Mr. Fung dari GEFI untuk berdiskusi. Aku semakin kagum dengan Mba Ollie. Dari sama kami menuju Go Churry yang masih terletak di Pacific Place. Kami pun melanjutkan diskusi disana sambil menikmati minuman dan juga french fries.

 Ada beberapa hal yang bisa aku rangkum dari pertemuan berharga kita kali ini:

  1. Everything has deadline. Jadi ketika melakukan sesuatu, tetapkanlah batas waktunya. Hal tersebut akan membuat kita tidak berleha-leha dan fokus mengerjakannya.
  2. Di dalam hal yang kita senangi, harus ada hal yang bisa kita pecahkan. Contohnya ketika itu Mba Ollie ingin menerbitkan buku, namun tidak diterima oleh penerbit. Karena masalah itulah Mba Ollie membuat startup nulisbuku, dimana hal tersebut tidak hanya memecahkan masalahnya, namun juga masalah orang banyak. Wew .. inspiratif!
  3. Buatlah challenge-challenge kita sendiri. Iya seorang pemenang adalah bukan orang yang bisa mengalahkan musuhnya, tapi seseorang yang bisa mengalahkan ketakutan-ketakutan/hambatan-hambatan yang ada pada dirinya sendiri. Selain itu dengan membuat challenge untuk diri sendiri kita bisa mengukur seberapa besar kemampuan kita dan mulailah dengan challenge-challenge kecil yang ketika kita mampu melewatinya, buatlah challenge yang lebih besar supaya kita bisa terus mengupgrade kemampuan kita.
  4. Make your own dream and divide it into a little piece. Mba Ollie mengatakan buatlah mimpi dan kemudian tarik kebelakang menjadi step-step kecil yang bisa kita lakukan. Contoh nya ketika aku ingin mempunyai sekolah dengan sarana yang oke dengan target 2 tahun lagi dan pada waktu itu membutuhkan dana sekitar 2M, maka apa yang harus dilakukan? Maka aku bisa membaginya menjadi 1M/tahun atau sekitar Rp.83 juta/bulan, lalu aku bagi lagi Rp.83 juta perbulan tersebut sumbernya darimana saja. Misalnya 1. Sponsorship brand 2. Spomsorship perorangan/orang tua asuh 3. Produk tshirt 4. Produk book royalti 5. Unit kusrus. Nah kemudian tetapkan nominal target-target yang ingin dihasilkan dari masing-masing unit tersebut.
  5. Start small, act fast. Yak, lebih baik kecil namun segera di mulai dari pada besar tapi masih di awang-awang.

Ahhh.. waktu 3 jam terasa berlalu begitu cepat jika berbincang dengan Mba Ollie, bertemu dengannya serasa menghadirkan oase dan energi baru untuk terus berkarya. Terima kasih Mba Ollie atas waktunya, semoga dilain waktu bisa bertemu dan berbagi cerita lagi.. aamiin… semoga Mba Ollie selalu diberikan kesehatan dan dikabulkan segala cita..aamiin..

2 comments on “Meet My Womanprenuer Inspiration: Mba Ollie “Salsabeela”

  1. Hihihihi, baca cerita mbak jadi ingat pengalaman pas di Sukuh kemarin, ada Gus Weng alias Mas Agustinus Wibowo yang jd pejalan penulis favoritku. Pas mau nyamperin grogi, tapi setelah ngobrol orangnya humble, bahkan sampe hari terakhir ABFI bisa ngobrol banyak dan sharing ilmu 🙂

Leave a Reply

