Jumat yang Seru, dari Survey Siswa sampai Belajar Financial Planning

Tanggal 3 Mei 2013 menjadi hari yang cukup istimewa di awal bulan untuk saya, apa pasal? yuk simak ceritanya …

:)

1. Pagi itu saya menemui calon siswa baru SMK ITACO, saya agak kesulitan menuju kesana karena lokasinya yang terletak di gang sempit sehingga meskipun menggunakan motor tidak mudah untuk mencapai sana. Saya kesana dalam rangka survey tentang kondisi ekonomi orang tua siswa tersebut. Jika memang kondisinya kurang layak secara ekonomi, maka saya wajib mencarikannya orang tua asuh. Ketika sampai di rumah kontrakannya, saya sangat terhenyak melihat keadaannya. Ruangan yang jauh dari kondisi layak tanpa tempat tidur, tanpa cahaya yang cukup, ruangan dimana semua menjadi satu, dipan untuk tidur, alas untuk menonton tv yang tidak terlalu besar, kompor, pakaian yang bergantungan.. saya sangat teriris melihat pemandangan tersebut. Beban tersebut terlalu berat untuk anak itu, dimana dia harus kehilangan ibunya di usia 3 tahun. Tinggal bersama ayahnya yang seorang tukang becak dan kakaknya yang terpaksa putus sekolah. Namun anak tersebut tidak menampakan kesedihan, keceriaan tersungging di senyumnya.. saya meyakinkan dia dan ayahnya bahwa saya akan membantu semampu saya, saya ingin dia terus sekolah sehingga bisa membawa keluarganya ke kondisi yang lebih baik .. ayahnya juga bercerita bahwa masih ada 3 orang lagi sepupunya dengan keadaan sama .. duh, pulang dari sana, saya banyak dapat belajar, saya harus lebih banyak bersyukur dan berbuat semampu saya menolong mereka …

2. Saya dan vina melanjutkan perjalanan ke SMP Darma Patria dan bertemu  langsung dengan Waka Kurikulumnya, Ibu Ira. Ibu Ira menyambut kami dengan ramah. Saya bercerita bahwa ada 5 orang alumni SMP Darma Patria yang menjadi siswa kami. Bahkan 3 orang diantaranya mempunyai bakat lebih di bidang design grafis dan sekarang sedang magang di salah satu BUMN terkemuka, Waskita Karya. Bu Ira mengatakan meskipun mereka mempunyai keterbatasan ekonomi, namun mereka cukup pandai dan rajin untuk terus melanjutkan pendidikan. Bu Ira senang mereka saat ini bersama kami. Selanjutnya saya meminta izin untuk bisa presentasi dalam rangka mensosialisasikan SMK ITACO, Bu Ira menyambut baik dan akan memberikan waktu ketika para siswa kelas 3 tersebut dikumpulkan dalam rangka persiapan perpisahan.

3. Dari sana saya mengantar vina untuk memasukan lamaran ke Al Azhar Sumarrecon, sekolah tersebut belum selesai dibangun. Cuaca yang ckup panas membuat saya agak kesulitan mengendarai motor namun setelah mencari-cari akhirnya kami sampai juga. Namun sayang ternyata jika ingin melamar ke Al Azhar harus melamar langsung ke pusat, yaitu Al Azhar Kebayoran. Mengingat perut sudah lapar, akhirnya sebelum menuju ke Al Azhar Harapan Indah kami pun makan ayam bakar terlebih dahulu. Karena tempatnya dekat dengan teman saya. Saya sms dia untuk makan bareng. Saya sangat prihatin dengan keadaannya, dia seorang wanita muda namun menjadi tulang punggung keluarga. Harus membiayai sekolah adiknya dan biaya di rumah. Saat ini dia terpaksa ngojek karena belum ada pilihan pekerjaan yang lebih baik 😦

4. Perjalanan berlanjut ke Al Azhar Harapan Indah yang juga baru dibangun, disana vina mengajukan memasukkan lamaran. Kami diterima oleh salah satu guru SD yang akan mengajar disana. Jenjang pendidikan yang akan dibuka disana adalah TK-Sekolah tinggi bahkan ada juga SBK (Sekolah Berkebutuhan Khusus) yang saat ini masih jarang keberadaannya. Mengingat ini merupakan sekolah baru dan di sisi lain saya sedang mencari tempat untuk SMK ITACO, maka saya coba menawarkan kerjasama siapa tau ada kemungkinan kita bisa bertepat disana, sehingga saya bisa sedikit berkurang untuk membayar biaya sewa tempat. Who knows? 🙂

5. Setelah mampir kerumah untuk solat, saya mengajak vina ke Kota Kasablanka untuk melihat keseruan acara Jakarta Marketing Week yang diselenggarakan oleh Mark Plus&Co. Kami kesana menggunakan KRL sampai Satasiun Manggarai dan lanjut menggunakan taksi karena kesulitan jika menggunakan angkutan umum. Sampai ditempat acara sedang beralngsung talkshow bersama dengan pria-pria muda keren seperti Pandji, Billy Boen dll. Sayang kami hanya sebentar menyimak, karena waktu yang akan segera berakhir. Intinya mereka mengatakan bahwa saat ini anak muda harus mau bergerak untuk bangsanya dan tidak melulu meributkan hal-hal yang kurang penting terutama anak Jakarta. Lebih baik energi tersebut disalurkan ke hal-hal yang positif seperti membuat movement yang bermanfaat. Saat ini sudah cukup banyak gerakan/gerakan dengan berbagai sasaran seperti Akademi Berbagi, Young on Top, Indonesia Mengajar dll akan lebih bagus jika gerakan tersebut bisa berkolaborasi sehingga bisa mengakselerasi kemajuan bangsa. Bayangkan ketika Indonesia merdeka tahun 1945, rakyat Indonesia yang melek huruf hanya 4% namun berhasil membangun gerakan untuk memperjuangkan kemerdekaan. Saat ini melek huruf di Indonesia sudah mencapai 90% namun belum terlihat gerakan menuju Indonesia maju, jika kemajuan bangsa di serahkan pada pemerintah artinya hanya menjadi program pemerintah maka akan lambat perkembangan yang terjadi, maka sebaiknya hal tersebut menjadi gerakan dengan apa yang kita bisa. Keren!

6. Yay! ternyata program 8-11 nya kali ini berbicara tentang Financial Planning bareng bang Aidil Akbar.  Wah meskipun sudah lama follow saya baru punya kesempatan melihat langsung kali ini. Senang banget dong pastinya dan banyak ilmu yang saya dapat. Bang Aidil membahas setelah kita pensiun/tidak bekerja nanti nilainya mencapai milyaran! wah2 kok bisa? ya bisa donk.. kan ada yang namanya inflasi *bukabukuekonomi* tapi ga usah heran, tanpa kita sadari kita pun sudah dan sedang mengalaminya. Sederhananya gini, dulu tahun 1990-an ketika SD dengan uang Rp.50 rupiah saya sudah bisa jajan di sekolah. Uang tersebut cukup untuk membeli bubur ayam semangkok dan juga rujak. Nah, sekarang boro-boro dapet dengan uang segitu. Makanya kebutuhan tersebut harus kita persiapkan dari sekarang. Lewat apa? dengan investasi tentunya. Saya juga sempat bertanya langsung (dua malah) :p dan karena nanya, dapet buku donk 🙂 antara lain soal reksadana, saya sudah mulai investasi reksadana meskipun belum banyak. Menurut bang Aidil ketika membeli reksadana maka tentukan dulu tujuan kita apa? jangka pendek, menengah atau panjang nah hal tersebut akan menentukan instrumen reksadana apa yang tepat untuk kita. Seperti untuk jangka pendek (1-2tahun) maka lebih baik kita membeli reksadana pendapatan tetap, jangka menengah (5-10 tahun) bisa menggunakan reksadana campuran dan untuk jangka panjang bisa membeli reksadana saham karena dalam jangka panjang nilai saham selalu meningkat. Selain itu saya juga bertanya tentang unitlink, dimana saya baru saja memaksa adik saya untuk menutup unitlink nya walaupun saya tidak memiliki jawaban yang meyakinkan. Saya hanya bilang bahwa hasilnya ga akan maksimal. Bang Aidil menjawab bahwa betul investasi ga akan maksimal karena dua tahun pertama premi yang kita bayarkan akan hilang. Loh ko bisa, iya uang tersebut akan dipakai untuk membayar seperti beban administrasi, komisi agen dll. Intinya gini, di analogikan seperti kita membeli obat batuk murni dengan obat batuk dengan manfaat lain, maka yang akan lebih memberikan hasil maksimal adalah obat batuk murni. Jadi sebaiknya investasi terpisah dengan asuransi yaa.. karena keduanya juga beda tujuan, asuransi bertujuan untuk proteksi. Banyak lagi yang dibahas pokoknya, yang jelas penting banget lo belajar perencanaan keuangan. Pengen banget ikut kursus nya bareng Bang Aidil, tapi apa daya kondisi keuangan belum memungkinkan. Di akhir sempat ngobrol bareng dan foto bareng juga, Bang Aidil itu ramah dan baik banget dehh ^^

7. Dannn .. terakhir saya bertemu dengan teman kuliah semasa di Yogya dulu dimana kami sudah cukup lama tak berjumpa. Waktu kuliah dulu saya dan teman-teman sering merusuh dikamarnya untuk nonton bola walaupun yang dilihat banyak semutnya. hehhe… saya mengantar mug pesanan dia untuk diberikan kepada temannya yang akan resign .. senang banget bisa berjumpa lagi 🙂

Intinya hari itu saya banyak belajar dan saya berharap saya bisa banyak belajar setiap harinya 🙂

aamiin…

By suzieicus Posted in Event

Leave a Reply

