Image

Kartini di Era Digital

Jika memasuki bulan April apa si yang terlintas di benak anda selain April Mop? yups! benar sekali ada yang istimewa juga di bulan April terutama untuk kaum hawa yaitu Hari Kartini, dimana tepat 21 April 1879 Ibu Kartini di lahirkan. Kartini yang dilahirkan di Mayong, Jepara merupakan seorang wanita yang dikenal karena jasanya memperjuangkan hak-hak kaum perempuan atau sering disebut dengan emansipasi wanita.

Saya jadi teringat perjalanan bulan lalu ke Kab.Jepara dalam rangka program Perpus Seru dari Coca Cola Foundation dimana saya menyempatkan diri mengunjungi museum RA.Kartini, saya termasuk penyuka museum sehingga kunjungan ke Jepara pun ga lengkap kalo ga belajar di Museum RA.Kartini yang merupakan pahlawan kaumku. Setelah melakukan evaluasi dan sharing dengan Perpustakaan Daerah Kab.Jepang, diwaktu saya yang tidak sampai sehari saya diantarkan oleh Mas Khoirul yang baik hati ke Museum RA.Kartini.  Disana saya disamput oleh seorang petugas yang sedang berjaga setelah sebelumnya kami membeli tiket yang cukup murah yaitu Rp.2000/orang. Sayangnya museum tersebut sepi entah karena waktu itu bukan weekend atau memang bukan sesion liburan. Saya pun masuk ke ruangan tersebut. Setelah masuk yang saya temui pertama adalah lukisan yang menggambarkan asal usul Jepara. Disitu diceritakan bahwa Jepara merupakan salah satu kota yang penting karena lokasinya sebagai jalur perdagangan komoditas dengan berbagai negara. Kemudian disana saya juga melihat foto tempat ari-ari Kartini dikuburkan, silsilah keluarga Kartini dimana beliau merupakan keturunan bangsawan dimana ayahnya merupakan seorang Wedana (nama Bupati dulu) di Wilayah Jepara. Saya sangat senang berada disana karena saya jadi bisa mengetahui banyak tentang sosok Ibu Kartini antara lain saya baru mengetahui bahwa beliau menikah dengan seorang Wedana dari Rembang yang saya lihat dari fotonya berusia jauh lebih tua darinya. Kemudian saya juga baru mengetahui bahwa beliau meninggal di usia yang masih sangat muda yaitu 25 tahun 😦 andai Kartini berusia lebih lama tentunya akan lebih banyak hal yang beliau wariskan ..

Museum Kartini

Museum Kartini

Saya sangat terkesan dengan peninggalan RA.Kartini yang nampak masih bagus dan terawat diantaranya adalah lukisan cat minyak, kursi dan meja tamu, kursi dan meja makan,piring kaca, tempat maen congklak, meja kerja beliau, mesin jahit muridnya yang katanya masih dapat digunakan sampai sekarang dan juga hasil kerajinan rajutan dari siswanya. Saya juga melihat surat-surat yang beliau kirimkan kepada sahabat-sahabatnya di Belanda yang kemudian di jadikan buku yang fenomenal dengan judul “Habis Gelap Terbitlah Terang” Kartini banyak berkisah tentang nasib wanita di Indonesia dimana pada saat itu kaum wanita tidak mendapat hak yang sama dengan kaum pria terutama dalam persamaan pendidikan, pekerjaan, dan hak-hak lainnya. Kaun wanita hanya diposisikan sebagai kaum minoritas dan hanya sekedar pelayan bagi kaum pria. Kartini memberontak dengan keadaan yang ada. Hal tersebutlah yang mendorong beliau kemudian memberikan pendidikan dan keterampilan bagi wanita-wanita yang ada disekitarnya. Kartini mengajarkan baca tulis, melukis, merajut dan masih banyak lagi namun karena adat, Kartini tidak bisa menolak ketika beliau di jodohkan dengan Bupati Rembang, RM AA Djojodiningrat. Di Rembang Kartini terus melanjutkan perjuangannya, sayangnya setelah melahirkan anak satu-satunya yang diberi nama Soesalit. Itulah sekilas cerita tentang RA. Kartini, dimana meskipun berusia pendek namun beliau telah menorehkan sejarah terutama untuk kaum wanita, tidak salah jika kemudian Presiden Soekarno mengangurahi beliau sebagai Pahlawan Nasional. Ibu Kartini jasamu akan selalu abadi dan dikenang sepanjang masa ..

Saat ini sedikit banyak kebebasan dan hak-hak untuk perempuan adalah berkat jasa RA.Kartini. Nah sekarang ni tugas kita lah meneruskan perjuangan beliau apalagi di era digital sekarang ini lebih memudahkan kita untuk memberikan kontribusi lebih banyak kepada wanita dan masyarakat. Sejak era Kartini kemudian banyak muncul wanita-wanita hebat dan ikut memajukkan bangsa Indonesia. Mereka mampu mengenyam pendidikan tinggi, mempunyai pekerjaan dan karir cemerlang dan berkontribusi positif untuk masyarakat. Sebutlah misalnya Martha Tilaar pemilik Sariayu, Karen Agustiawan CEO Pertamina, Nia Dinata Sutradara dan Produser film, Sri Mulyani Managing Director World Bank bahkan Indonesia pun pernah memiliki presiden wanita yaitu Ibu Megawati. Masih banyak nama-nama wanita lainnya. Mereka mengabdi di bidangnya masing-masing sesuai dengan talent-talent yang dimiliknya. Nah, yang ga kalah keren juga wanita-wanita hebat di sekitar kita baik yang mengabdikan diri sebagai ibu rumah tangga ataupun ibu-ibu yang bekerja tentunya dengan tidak mengesampingkan perannya sebagai ibu rumah tangga. Tapi jangan salah pemirsa, saat ini wanita banyak juga yang memanfaatkan dunia online untuk tetap berkontribusi salah satunya dengan menekuni bisnis online, penulis lepas, freelancer dll. Selain itu dunia digital juga telah membantu para wanita untuk terus menunjukkan eksistensinya untuk hal-hal yang positif. Salah satunya nih dengan dibentuknya komunitas-komunitas wanita dengan beragam kegiatan. Pastinya pernah juga dong mendengar Emak-Emak Blogger? ada nih profil singkat KEB seperti yang tertulis di websitenya …

Kumpulan Emak Blogger  atau yang biasa disebut KEB adalah komunitas blogger perempuan Indonesia. Anggotanya terdiri dari ratusan blogger perempuan dari berbagai komunitas blogger Indonesia, baik yang berdomisili di dalam maupun di luar negeri.

KEB digagas oleh emak blogger Mira Sahid pada tanggal 18 Januari 2012 melalui laman group Facebook dan dalam waktu 1 hari 100-an lebih blogger perempuan, baik yang masih aktif ngeblog maupun tidak, bergabung di group ini. Member KEB secara rutin saling berbagi inspirasi, informasi, motivasi dan karya melalui blognya masing-masing dan berdiskusi di Facebook Group KEB.

 KEB saat ini sudah banyak menyelenggarakan baik aktivitas online atau offline, mereka berbagi inspirasi satu sama lain melalui tulisan di blognya. Sering juga membuat kelas online tentang menulis dan blogging. Pokoknya banyak emak2 keren yang ada di sini seperti Mb Mira, Mb Indah, Mb Irma, Mb Haya, Mb Wylvera, Mb Carolina, Mb Lala dan masih banyak lagi …

Yuk menjadi Kartini masa kini!

di Museum RA.Kartini

di Museum RA.Kartini

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s