Yuk! Ajarkan Siswa Berwirausaha

Alhamdulillah .. tak terasa sudah 2 bulan aku dan siswaku di SMK ITACO menjalankan bisnis percetakan mug, dan alhamdulillah juga sampai saat ini kami sudah menjual >1000 pcs mug. Banyak cerita yang sudah kami alami, namun cerita yang sudah kami alami sudah merupakan rangkaian yang utuh dalam hidup kita. halahh:p Awal cerita bisnis adalah ketika aku melihat banyak diantara siswaku yang mengalami kesulitan biaya transport, selain itu kau menyadari bahwa kewirausahaan harus diajarkan sejak dini. Kemudian pada awalnya kami sempat membidik bisnis kaos sablon.

Namun setelah kami jalani, bisnis tersebut masih sulit kami lakukan karena proses produksi yang terlalu panjang, selain itu juga karena harga jual yang cukup mahal&tingkat persaingan yang tinggi. Hmmm, ya sudah setelah browsing-browsing aku melihat bisnis mug adalah bisnis yang kiranya sanggup kami jalankan dan harga jual yang tidak terlalu tinggi. Kemudian aku membeli perlengkapan cetak mug tersebut di Mega Mall Bekasi dan harganya juga lumayan mahal sekitar 2,5 juta. Namun tak apalah karena dari awal aku niatkan usaha ini untuk membantu siswa-siswaku. So, aku jalan terus. Ketika sudah membeli alat tersebut, kami pun mulai melakukan promo dan dimulai dari orang terdekat terlebih dahulu. Hmm, masa-masa awal ini kami merasa bersyukur oleh kemajuan teknologi termasuk sosial media. Promo yang kami lakukan hanya lewat facebook, dan alhamdulillah diawal usaha, banyak yang memesan mug kepada kami. Awalnya aku mengerjakan sendiri menggunkan photoshop namun sekarang-sekarang ini aku menyerahkan kepada siswaku dalam hal design, aku lebih fokus ke pengembangan dan pencatatan. Bahkan diawal usaha, kami sudah mendapat order dalam jumlah besar dari Mb Fiki untuk event yang dibuatnya..makasih mb fiki:) juga pesanan dari Ibu Betty yang memesan untuk promosi sekolahnya yaitu Insan Kamil 🙂

Kami berharap kedepannya akan lebih banyak lagi jenis usaha yang bisa kami kerjakan, sehingga nantinya setiap siswa akan di bagi per bagian/divisi berdasarkan kemampuan/kesukaannya masing-masing. Seperti misalnya siswa tersebut mempunyai kemampuan design grafis yang lebih baik maka dia yang masuk ke tim usaha design. Contohnya Reza. Dia termasuk anak yang mempunyai bakat lebih di bidang design grafis. Hal ini terlihat sejak pertama masuk sekolah. Reza bisa menggambar dengan baik dan akurat, hal tersebut terbukti ketika aku pernah survey kerumah nya disana aku melihat dia pernah mendaptkan penghargaan Juara Menggambar ketika TK/SD. Ketika kemudian diberikan pelajaran tentang design grafis, reza cepat paham selain juga bisa berimprovisasi sendiri untuk design-design yang di buatnya. Harapanku, nanti bisa membeli alat-alat sablon sendiri sehingga nantinya Reza bisa membuat design-design kaos yang bagus untuk kemudian kami tawarkan dan sekaligus bisa membuat nya untuk di jual ke konsumen.

Hmm, sekarang kami pun mulai sibuk namun senang, siswa2ku sedikit2 mulai belajar juga memasarkannya lewat facebook selain juga membantu produksi, design dan pengantaran. Mereka mulai menikmati hasilnya sedikit-sedikit. Untuk lebih memotivasi mereka, aku membentuk mereka kelompok dimana pemenangnya ditentukan oleh kelompok yang paling banyak menjual mug 🙂 aku harap dimasa depan aku bisa mewujudkan sekolah model wirausaha dan SMK Itaco mempunyai tagline: where entrepreneur are made! harapanku juga kami mempunyai unit usaha lain setelah mug, aku yakin dimana ada kemauan, maka disitu ada jalan …aamiin…

Sibuk memproduksi mug

Sibuk memproduksi mug

Contoh Mug

Contoh Mug

SAM_1938 SAM_1952 - Copy SAM_2127

2 comments on “Yuk! Ajarkan Siswa Berwirausaha

  1. heuu… terima kasihh pak sudah mampir 🙂
    iya pak, pokoknya terus semangat hehe, mohon support nya ya
    kalo ada peluang2 usaha untuk kita, kabarin ya:) makasih

Leave a Reply

