Lost in Akber Bekasi

15 Desember 2012 menjadi tanggal yang istimewa untuk kelas penghujung akber bekasi di 2012 yang mengambil tema Travel Writing bertempat di Nic’s Cafe, Jl. Juanda Bekasi. Mengapa? yuk simak terus liputannya ..

Guru akber bekasi kali ini adalah seorang penulis buku best seller, Mb Ika Wunlandari. Bukunya yang telah terbit dan selalu laris bak kacang goreng adalah serial Lost in ..seperti Lost in Japan, Lost in Korea dan yang terbaru rilis namun belum di launching adalah Lost in Sorong dan Raja Ampat. Akber Bekasi kali ini dibuka oleh MC yang pastinya kece, yaitu Fida @Fiduy. Mb Ika membuka kelas dengan memutarkan video perjalanannya ke Korea bersama Cayi, rekan menulisnya di serial Lost in ini. Wow, percaya deh siapapun yang nonton video ini langsung mupeng ingin kesana termasuk saya. Kabulkan ya Rabb ..aamiin:)

Mb Ika menjelaskan bawa the best job in the world adalah Travel Writter. Why? karena dengan menjadi seorang travel writer kita bisa travelling gratis dan dibayar pula. Apalagi coba yang kurang? hehhe. Namun menjadi travel writer ga semudah yang dibayangkan tapi tidak pula sesulit yang difikirkan loh. Mengapa? Seorang travel writer itu harus:

  1. Mempunyai manajemen waktu dan perencanaan yang baik, dan harus akrab dengan deadline ๐Ÿ™‚
  2. Konsisten
  3. Harus banyak membaca, percaya deh dengan banyak membaca maka kita akan punya banyak bahan untuk ditulis ๐Ÿ™‚
  4. Kreatif dalam menulis
  5. Mempunyai fokus bisnis dari kaca mata penerbit bahwa tulisan kita memang marketable dan memiliki kompetitif yang tinggi
  6. Inovasi dan menjaga kepercayaan

    travel writing:)

    travel writing:)

    Mb Ika memberikan penjelasan bahwa skill dasar seorang travel writer adalah: Menangkap peristiwa unik dalam perjalanan, kemampuan menulis maka penting banget tuh untuk kita ikut komunitas penulis seperti Forum Lingkar Pena dll dan skill yang terakhir adalah menangkap moment special dengan kamera. Tulisan dalam travel writing juga memiliki beragam tipe seperti religi, adventure, culture, horor, sightseeing dan culinary. Nah dari beragam tipe tersebut kita mencoba-coba kira-kita cenderung ke tipe yang mana.

    Lebih lanjut guru kita yang baik pemilik akun @ikawulandari ini memberikan tips bagaimana si memulai travel writing? Nih, catet ya teman-teman ๐Ÿ™‚ 1) Menulis ..menulis ..menulis artinya terus menulis, menulis dan menulis 2) Travelling, travelling dan travelling karena ga mungkin dong kita menulis travel writing tapi ga pernah berpergian ..hee 3) Membaca, membaca dan membaca untuk memperkaya wawasan kita 4) Kisah perjalanan yang disajikan runut 5) sisipkan humor pokoknya segala pengalaman kekonyolan kita ungkapkan sehingga memberi warna tersendiri dan terakhir adalah gunakan imajinasi dan wawasan kita.

    Cerita travel writing kita itu harus punya misi. Cerita sedikit tentang bukunya serial Lost in nya Mb Ika. Dia menulis serial lost in dan mempunyai misi bahwa dia dan cayi ingin membuktikan bisa berpergian ke tempat-tempat yang terkesan mahal dengan budget minimal. Nah masuk ke sesi berikutnya, Mb Ika menjelaskan bagaimana kita bisa memulai menerbitkan tulisan: 1) observasi : sering-sering kita pergi ke toko buku atau pameran buku untuk melihat trand tulisan dan media 2) Gabung dengan komunitas, nah ini salah satu yang penting. Yuk cari komunitas yang memang bisa mendukung karir menulis kita 3) Cari-cari penerbit/media. Dalam pemetaan media, kita bisa memilih buku, media massa baik cetak atau online dan juga menggunakan blog. Selamat berburu ๐Ÿ™‚

    Para peserta asik belajar:)

    Para peserta asik belajar:)

    Wah tak terasa materinya hampir habis, setelah menjelaskan materi dan melakukan sesi tanya jawab Mb Ika memberikan tugas loh kepada peserta. Apa itu? mereka diminta menulis travel writing selama 15 menit! wow ..luar biasa karena banyak dari mereka yang dalam waktu 15 menit saja mampu menulis banyak cerita.. keren ^^ Sebelum masuk ke sesi SEBUAI (Sejuta Buku Untuk Anak Indonesia) Mb Ika memberikan games namun peserta tidak diberitahukan terlebih dahulu gamesnya dan ternyata setelah maju mereka diminta untuk menirukan tari ala Gangnam Style yang lagi in sekarang. Hee, alhasil gerakan mereka mengundang gelak tawa yang hadir ๐Ÿ™‚

    Terakhir kami memberikan kesempatan kepada Sebuai untuk memberikan sedikit gambaran tentang Sebuai dan apa program mereka. Kali ini yang memberikan adalah ketua dari Sebuai langsung yaitu Adyantirahma. Mb Adyanti memutarkan video tentang Sebuai yang membuat kita tersentuh dimana masih banyak anak-anak yang kurang beruntung dan haus akan ilmu pengetahuan. @SeBUAI ini berpusat pada penyediaan buku-buku layak pakai untuk anak-anak yang kurang beruntung. Kabar baiknya, sejak kelas kemarin Akber Bekasi bisa menjadi dropbox bagi siapa saja yang ingin menyumbangkan buku disetiap kelas akber bekasi ๐Ÿ™‚

    Yang teristimewa lainnya ย kelas kita kemarin adalah kedatangan Bapak Ketua Komisi A DPRD Bekasi, Pak Ronny Hermawan. Pak Ronny memberikan sepatah dua patah kata dimana beliau sangat mendukung kegiatan semacam akber dan semoga anak muda lainnya banyak yang melakukan kegiatan-kegiatan positif semacam ini. Pak Ronny menyarankan dibuat buku Lost in Bekasi. hayo siapa yang mauu?? selain itu pemilik akun @Ronny_Hermawan_ ini mendapatkan buku terbaru guru kita yang berjudul Lost in Sorong & Raja Ampat. Mauuu ๐Ÿ™‚ wah saya kenal Pak Ronny ini bermula di twitter dan saya suka mempunyai sosok pemimpin seperti beliau. Kekaguman saya bertambah ketika menghadiri launching website pribadi beliau http://ronny-hermawan.com/ย beberapa waktu lalu dimana itulah kali pertama kami kopdar, terlihat bahwa beliau merupakan sosok yang dekat dengan rakyat. Terus menginspirasi ya pak.

    Bareng Bang Ronny H

    Bareng Bang Ronny H

    Hmm, senang sekali rasanya sabtu itu.. terima kasih untuk semua relawan, terima kasih untuk guru kita, Mb Ika Wulandari, terima kasih Bang Ronny atas sambutan dan tempatnya yang cozzy di Nic’s Cafe dan tentunya semua peserta akber dimana banyak yang udah rela-rela datang jauh seperti dari Bogor, Depok. Kalian istimewa ๐Ÿ™‚ ย sampai jumpa dikelas akber bekasi selanjutnya..

    *maap dokumentasinya fotonya kurang lengkap, terutama foto bareng setelah kelas, tunggu dari bagian dokumentasi ya ๐Ÿ™‚

Advertisements

3 comments on “Lost in Akber Bekasi

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s