Melek Digital untuk Startup Business Bersama Blogger dan Axis

#EduAXIS: Melek digital untuk startup business

Di era serba digital saat ini, perkembangan teknologi sudah masuk ke hampir semua bagian hidup manusia. Teknologi yang ada sekarang dapat dikatakan semuanya hadir untuk mempermudah hidup manusia termasuk urusan bisnis. Jika dahulu untuk melakukan transaksi jual beli maka para pelaku wajib bertemu, namun saat ini bukanlah keharusan lagi. E-commerce semakin lekat pada kehidupan masyarakat beberapa tahun terakhir.

Hal tersebutlah yang melatarbelakangi AXIS sebagai perusahaan provider telekomunikasi menyelenggarakan Program Edukasi yang bertajuk “Melek Digital untuk Startup Business” yang bertempat di Menara Dea, 12 Oktober 2012. Saya hadir atas undangan untuk Blogger Bekasi melalui Thia, seorang rekan di Akademi Berbagi. Perjalanan kesana saya tempuh via Commuter Line dengan terlebih dahulu menitipkan motor di Stasiun Cakung. Commuter line Jurusan Bekasi-Kota memang masih menjadi favorit saya ketika harus ke Jakarta, sayangnya kali ini kereta berhenti di Stasiun Jatinegara. Dari Jatinegara saya cukup lama untuk menunggu kereta Jurusan Manggarai. Hampir 20 menit saya menunggu dan akhirnya kereta yang dinantikan tiba. Tepat jam 17.30 saya sampai di Stasiun Manggarai dan dari sana saya memutuskan untuk naik ojek karena acara akan dimulai jam 18.00. tukang ojeknya kayaknya mantan pembalap, sehingga ga sampai 15 menit kami tiba di Kawasan Mega Kuningan. LOL. Di lift saya bertemu dengan teman blogger yang pastinya sudah malang melintang di dunia perbloggeran, yaitu Mb Ani Berta. Wahh, saya excited sekali bertemu Mb Ani. Kami pun bersama menuju ke tempat acara berlangsung. Disana kami terlebih dahulu melakukan registrasi ulang yang dipandu oleh Mba yang cantik-cantik. Disana saya juga melihat Thia Nong Nong yang memang sudah tidak asing lagi di jagat maya :p Karena sudah masuk waktu Maghrib, saya melaksanakan sholat terlebih dahulu. Setelah sholat, saya dan teman-teman lainnya menikmati hidangan kue kecil yang telah disediakan. Rasanya maknyusss pemirsaa 😀

Sekitar jam 19.00 kurang acara dimulai dan MC kita kali ini adalah Mba Dhani. Pemilik akun twitter @shidhancrut ini merupakan rekan di Akademi Berbagi. Mba Dhani dengan interaktif membuka acara dimana selanjutnya adalah welcome speech dari CMO Axis untuk Indonesia, Mr. Daniel Horan. Mr. Daniel mengatakan pentingnya sebuah bisnis untuk go online, dimana dengan maraknya perkembangan social media akan membantu bisnis anda berkembang …

“Social media will help your business grow”  -Mr. Daniel Horan- 

Acara selanjutnya masuk ke sesi talkshow yang menghadirkan tiga orang narasumber yang pastinya keren-keren. Meskipun dikemas santai, materi yang dibawakan sangat berbobot dan membuka cakrawala kita. Speaker pertama adalah CEO dari SITTI yaitu Pak Andy Syarif. Apa itu SITTI? SITTI merupakan platfrom iklan kontekstual online berbasis bahasa Indonesia. SITTI membantu anda untuk beriklan online secara mudah dan sesuai dengan anggaran anda di lebih dari 24.000.000 halaman situs online Indonesia. Pak Andy mengatakan bahwa Indonesia bisa dikatakan sebagai negara ajaib. Mengapa? Karena ketika krisis ekonomi dunia mengguncang pada tahun 2008, perekonomian Indonesia tidak kolaps. Hal tersebut dikarenakan 56% usaha di Indonesia merupakan Usaha Kecil dan Menengah (UKM), namun sayangnya UKM tersebut belum tersentuh internet padahal jika UKM menggunakan internet maka profit akan meningkat sampai dua kali lipat. Sebanyak 7.000 produk UKM di internet dicari 1,2 juta/tahun dan hanya 5% yang terdeteksi search enginee. Memang sangat disayangkan. Jika UKM tersebut go online, maka pertumbuhan ekonomi Indonesia bukan 6% lagi, tapi bisa mencapai 12%, PR nya sekarang adalah para blogger bisa membantu mereka untuk online dan itu tidak hanya kewajiban blogger, namun kewajiban kita semua sebagai bangsa. Pada tahun 2012 ini pengguna internet di Indonesia mencapai 55 juta dan 73% merupakan konsumen yang menyatakan pernah melakukan transaksi belanja online. Taukah anda bahwa transaksi yang tercatat melalui sosmed mencapai angka 303 milyar dan 4 trilyun melalui situs online retail store/E commerce. Saya juga akhir-akhir ini sering melakukan pembelian secara online alasannya sederhana: harga biasanya lebih murah, hemat waktu, banyak pilihan dan juga praktis. Di SITTI sendiri telah terdaftar 7.000 pebisnis sebagai pengiklan SITTI dan sebanyak 70% dari pengiklan menyatakan puas dengan kinerja SITTI dan mengalami keuntungan dari bisnis/produknya masing-masing. Terima kasih pak Andy atas sharingnya yang sangat membuka mata kami lebih lebar bahwa begitu banyak peluang yang bisa kita ambil asalkan kita jeli melihat kesempatan. Saya semakin bersemangat mengajak murid-murid saya di SMK Itaco untuk mulai menjalankan bisnis kami.

Pembicara kedua juga ga kalah hebatnya, kali ini Axis mengundang Mba Wieke Anggraeni, seorang pengusaha petis yang diberi brand Tahu Petis Yudistira. Wah, ketika tinggal di Cirebon, tahu petis merupakan salah satu makanan favorit saya dan sudah lama sekali saya ga menemukan tahu petis. Berkat tahu petis pula, Mba Wieke bisa menjual tahu sampai ke Eropa dan berhasil memenangkan Lomba Wanita Wirausaha 2008 dari majalah Femina, dan itu merupakan turning point beliau. Keren mb, so inspires me .. Mba Wieke berkisah bahwa usahanya mulai dirintis pada tahun 2006. Mengapa beliau memilih tahu petis? Karena Tahu Petis merupakan makanan khas Semarang yang belum di branding, sehingga beliau memutuskan untuk membukanya dengan memberanikan diri membuka lapak di Pasar Tradisional Tebet. Selain secara offline, Mba Wieke juga memasarkan tahu petis nya via online yaitu melalui Website di www.tahupetis.com, twitter, facebook dan juga Forum Jual Beli di Kaskus.

The Speakers in action

“Dalam bisnis, kegiatan online dan offline harus seimbang. Dunia online itu unik, twitter dan facebook memiliki pengaruh luar biasa dimana dalam sosmed ada trik tersendiri sehingga tidak menimbulkan kesan hard selling, namun orang tetap aware” – Wieke Anggraeni

Bulan April lalu, Mba Wieke memperoleh kesempatan untuk menghadiri pameran di Den Haag, Belanda melalui Kementrian Koperasi dan UKM. Disana beliau memasarkan tahu petis andalannya dan juga produk olahannya, yaitu kerupuk petis. Pameran tersebut berlangsung selama 4 hari, namun produk Mba Wieke sudah habis terjual di hari ke-3. Luar biasaaaaaaaaaaaa!!!

Nah, pembicara terakhir adalah seorang pria ganteng dimana sebelumnya saya pernah bertemu pada acara Press Confrence INAICTA yang diselanggarakan oleh Kominfo beberapa bulan silam. Dia adalah Danny Wirianto yang akrab dengan sebutan Danny Oei. Danny Oei merupakan seorang Moderator di Think Fresh Kaskus. Pasti agan-agan ga asing lagi dengan Kaskus. Beliau sedikit menceritakan kisah hidupnya. Ada kata-kata yang sangat saya suka ..

“I have a dream. I have to change my destiny by working harder.” – Danny Oei

Danny mengatakan bahwa jangan pernah memandang bahwa UKM itu kecil apalagi sekarang di era moblie internet. Mobile internet sendiri mempunyai 3 impact, yaitu:

  1. Revolution of business
  2. Revolution of search
  3. Revolution of social

Saat ini the power of mouth is maximized dan itu merupakan bagian dari revolusi sosial. Pemilik akun twitter @dWirianto ini mengatakan bahwa forum is more important to develop our networking for making so much more idea ..ketika jumlah pengunjung di website berjumlah 2.000 itu kecil, maka akan menjadi besar jika dibawa ke sebuah event, so kita bisa mencari uang di event. Danny menyarankan untuk mengorganisasi UKM agar melek internet maka perlu pendampingan dari relawan yang membimbing. Dalam dunia internet, content is a king, and distribution is a king kong. So, bijaklah dalam memilih konten untuk bisnis kita.

Danny menyampaikan hal-hal yang perlu diperhatikan dalam promo digital yaitu: conversation, information, gimification, identity, and affiliation. Perlu juga kita ingat bahwa hard selling is never work, kita perlu melakukan pendekatan yang humanis ketika melakukan penjualan via sosmed. Kita harus terus bergerak dan belajar cepat untuk melek digital ini karena diperkirakan tahun 2015 jumlah pengguna internet di Indonesia mencapai 76 juta orang. Fantastis!

Acara kemudian dilanjutkan dengan sesi tanya jawab dan munculah banyak pertanyaan dari para blogger untuk para narasumber, selain itu dipilih juga The Most Tweet yang sudah tidak asing lagi pemenangnya jatuh ke tangan Blogger Handal, yaitu kang Harris Maulana, selain itu dilihih juga lucky draw yang jatuh ke tangan Elizabeth dan berhak mendapatkan satu unit HP. Acara kemudian ditutup dengan makan malam dan networking.

Serba Serbi #EduAXIS

Inspirasi dari Acara EduAXIS

Banyak inspirasi yang aku dapat dari acara EduAXIS kali ini. Banyak peluang jika kita mau serius untuk membuat bisnis online. Dengan semangat, saya mulai berfikir kira-kira bisnis apa yang bisa saya jalankan bersama murid-murid di SMK ITACO, karena siswa kami mengambil Program Studi Teknik Komputer Jaringan dimana salah satu muatan lokalnya adalah multimedia, maka kami memutuskan untuk merencanakan usaha membuka jasa pembuatan design termasuk design kaos. Yang sedang kami rencanakan adalah membuat usaha kaos dengan design unik ala distro. Konsumen pun bisa membuat kaos dengan design sendiri atau design pesanan khusus. Usaha kaos distro masih mempunyai prospek yang bagus karena kita menyasar para kaum muda dan remaja Indonesia dimana cenderung lebih memperhatikan gaya dan penampilan mereka.  Bisnis distro kaos online pun tidak kalah menariknya, apalagi dengan semakin berkembangnya internet yang membuat orang semakin mudah mendapatkan sesuatu yang berbau online.

Saya mengamati bahwa saat ini masyarakat termasuk saya lebih menyukai beli kualitas bukan beli merk untuk urusan sandang termasuk kaos. Karakter yang unik, bahan nyaman dipakai menjadikan kaos menjadi favorit untuk digunakan dalam keseharian. Saat ini banyak bermunculan penjualan kaos-kaos pre order ataupun ready stock melalui website dan sosial media seperti facebook ataupun twitter yang sangat laris. Namun bukan berarti peluang itu telah tertutup, kami akan berusaha menekuni bisnis ini karena lewat usaha ini juga, kami bisa membantu biaya pendidikan anak-anak di SMK ITACO. Pemasaran yang akan kami lakukan adalah melalui website/blog, sosial media seperti facebook dan twitter serta melalui penyebaran flyer di pameran-pameran. Kami melihat peluang bahwa saat ini banyak bermunculan komunitas-komunitas dan juga kecenderungan remaja yang ingin tampil sama dengan kelompoknya, salah satunya dengan mempunyai kaos komunitas. Selain itu, kami juga akan menjalin kerjasama dengan komunitas-komunitas wirausaha yang ada di Bekasi khususnya seperti Tangan Diatas untuk bisa menjadi mentor kami dalam melaksanakan bisnis yang akan kami jalankan.  Saat ini kami sedang giat-giatnya belajar program design seperti Corel Draw dan Adobe Photoshop sehingga kami bisa segera menjual design dan mencetaknya dalam media kaos untuk dijual. Kami percaya bahwa, if there’s a will, there’s a way..

My lovely students

Peran Axis dalam Mewujudkan Indonesia Melek Digital 

Tak dapat dipungkiri, untuk mendukung bisnis online perlu didukung oleh sarana insfrastruktur yang baik termasuk koneksi internet yang memadai. Akan sangat menjengkelkan tentunya ketika ada sesuatu yang penting terkait urusan bisnis namun jadi terhambat karena koneksi yang lelet. Ga mau kann??? saya termasuk orang yang tidak bisa kerja tanpa Internet. Sebagai seorang guru pun, wajib hukumnya terkoneksi dengan internet dimana kita bisa mencari referensi terkait bahan yang akan diajarkan, sharing dan bertanya dengan rekan guru, ngeblog, menjalin networking di sosmed dan tentunya ketika sekarang akan merintis bisnis dengan murid-murid saya, koneksi yang OKE merupakan suatu keharusan. Berulang kali saya harus ganti provider karena belum menemukan yang memuaskan dan akhirnya saya melirik Axis, saya percaya Axis berkomitmen dengan slogannya yang memikat yaitu Internet untuk Rakyat. Pengalaman seminggu ini dengan Axis sangat menyenangkan karena sinyal Axis cukup stabil, kualitas internet nya HSDPA, load halaman cukup lancar dan sempurna, maksudnya setiap elemen halaman bisa tersaji dengan apik. Saya menggunakan Axis PRO dimana memiliki 3 keunggulan yaitu lebih cepat, batas pemakaian wajar 3x lebih besar, harga tetap! Berikut informasi paket yang tersedia di Axis seperti dikutip dari situs resminya.

Axis Pro

Hebatnya lagi, dengan Axis kita bisa berpindah paket langganan, so kita bisa menyesuaikannya dengan kantong kita :D, Pokoknya ga rugi deh pake Axis. Terima kasih Axis!

Advertisements

28 comments on “Melek Digital untuk Startup Business Bersama Blogger dan Axis

    • hehe, makasih wah banyak makcan (mak2 cantik) atas kunjungannya dan commentnya, doakan semakin bagus dan berisi kalo nulis yak makk, ditunggu masukan2an nya ya mak, biar keren kayk dirimuu :*

    • makasihhh banyakkkk ya tecan (teteh cantik) atas kunjungan perdananya ..hihihi… iya panjang, KRL aja kalah :p iya tehh, salah satu ciri khas blogger pan narsis dan eksis.. hehhe :*

    • wahh.. jadi maluuu.. masih perlu banyak perbaikan nii bu tulisannya, ayo bu nulis biar ga percuma ikut pelatihan.. hehhe, mohon masukanny ya, terima kasih sudah mampirr 🙂

  1. kutipan yang paling saya minati,saya sukai,dan saya banggakan
    “I have a dream. I have to change my destiny by working harder”
    It’s work for me
    good job !!!
    blognya bagus
    jadi semangat untuk mempelajari teknologi yang terus berkembang 😀

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s