Mudik .. dan Pada Akhirnya Kita Akan Kembali Pulang

Perjalanan mudik kali ini terasa berbeda…

Mengapa? Karena Jakarta Kuningan yang biasanya bisa ditempuh dalam waktu 7 jam, sekarang memakan waktu hampir 13 jam, bahkan ada salah satu teman yang mudik ke kuningan, memakai waktu 40 jam melewati jalur pantura. Kami berangkat hari jumat, 17 Agustus jam 9 pagi. Berbekal informasi dari bbm group blogger bekasi yang menginformasikan bahwa jalur pantura stuck, kami memutuskan untuk melewati jalur alternatif Sadang-Cikamurang-Kadipaten.. Di tol cikampek, sedikit tersendat karena meningkatnya volume kendaraan namun dibandingkan malam sebelumnya, bisa dikatakan tidak terlalu parah. Mungkin juga karena kami berangkat siang dan orang lebih memilih untuk jalan malam hari untuk menghindari cuaca panas..

Mudik, selalu memberikan cerita berbeda setiapa tahunnya dan yang tidak banyak berubah adalah banyak masyarakat yang rela untuk berdesak-desakan menggunakan transportasi umum seperti kereta, bus, kapal laut dan yang menggunakan kendaraan pribadi pun rela bermacet-macet selama belasan bahkan puluhan jam di jalanan..nah! Salah satunya gambar yang saya ambil berikut ini…dimana dalam kendaraan bak terbuka mereka rela berdesakan dan hanya ditutupi terpal bahkan saya lihat motor pun dimasukkan kedalam kendaraan bak tersebut..

Mudik ..

Tahun ini alhamdulillah saya masih bisa mudik bersama keluarga. Kami pun tiba kerumah sekitar jam 10 malam. Bahagia rasanya bisa kembali kerumah masa kecilku. Rumah yang sekarang sedikit terasa berbeda. Rumah yang sudah dua tahun terakhir ‘terpaksa kosong’ karena kami belum mempunyai pilihan lain. Terlalu banyak kenangan dirumah ini. Sampai SD rumah inilah menjadi surgaku bersama orang tua dan adik plus kakek nenek. Lengkap sudah kebahagiaan kami. Meskipun keadaan ekonomi belum terlalu bagus karena pekerjaan ayah masih serabutan, namun kami sangat bahagia.

Bermain dan belajar bersama teman, mengaji, bahkan dulu kami teramat semangat meskipun penerangan belum masuk ke desa kami. Petromak, lampu cempor merupakan teman keseharian kami. TV pun masih hitam putih dan menggunakan aki. Film favorite kami adalah ramayana dan si unyil apa yaa..selain itu, sering juga aku membantu mama dengan berjualan keliling desa. Hmm, lumayan dapat uang tambahan. Pun hingga meneruskan Smp Sma di cirebon, rumah ini selalu kurindukan, ketika pulang berat rasanya kembali..hmm, sekarang kakek sudah tidak ada, kakek yang sangat kami cintai. Sayang sekali, aku pernah tidak menuruti petuahnya dan penyesalan itu masih ada..semoga aku bisa menebusnya ya kek..maafkan aku..

Hmm, rumah kami sudah agak rusak karena terlalu lama tidak ditempati. Lebaran kali ini aku lebih banyak menghabiskan waktu dirumah. Aku hanya mengajak teman-teman SD ku yang main kerumah..banyak cerita diukir, kenangan terungkap, dan pembelajaran dalam hidup. Aku harap mereka akan tetap menjadi teman terbaikku sepanjang hidup. Kadang-kadang aku pun main bersama anak-anak sepupuku yang sudah beranjak besar. Di hari raya idul fitri, kami melaksanakan solat ied di masjid Baiturrahman dan dilanjutkan dengan saling bermaafan dengan keluarga dan ziarah ke makam. Selanjutnya kami berkeliling kerumah tetangga dan saudara. Senang rasanya, meskipun jarang bertemu namun itu tidak mengurangi nilai silaturahmi kami. Aku pun menyempatkan diri maen ke kota Kuningan dan menyantap makanan favoritku yaitu hucap alias tahun kecap. Hehhe..tak terasa seminggu berlalu, dan kami pun kembali ke Bekasi. Semoga kami masih bisa pulang, masih bisa menikmati keindahan kampung halaman kami dimasa-masa mendatang.  Mudik selalu memberikan pelajaran.. bahwa pada akhirnya kita semua akan kembali pada-Nya. Sudahkan kita siap ketika Dia memanggilnya??

Advertisements

One comment on “Mudik .. dan Pada Akhirnya Kita Akan Kembali Pulang

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s