BELAJAR BANYAK DI FESTIVAL SUKSES MULIA

Tuntutlah ilmu sampai ke Negeri China.. tentu kita tidak asing lagi dengan pepatah lama tersebut. Pepatah tersebut menurut hemat saya adalah mengajak kita untuk kitak pernah berhenti belajar sampai manapun dan sampai kapanpun. Sejatinya setiap manusia memang diwajibkan terus menuntut ilmu, seperti pula wahyu pertama yang diturunkan Allah melalui Nabi Muhammad yaitu Iqra yang artinya Bacalah …baca disini tidak hanya sekedar membaca, namun terus mengkaji dan mengaplikasikannya.

Nah, berbekal keyakinan tersebut, saya termasuk orang yang suka mencari ilmu baru, meskipun belum sampai ke Negeri China 😀 dengan kadang mengikuti Timeline di twitter, saya mendapatkan informasi tentang acara festival sukses mulia dengan menghadirkan 11 pembicara yang expert dibidangnya. Acara ini diadakan di Gedung Smesco UKM pada tanggal 4 Agustus 2012. Tak sekedar belajar disana, saya dan siswa/i kami di SMK Itaco juga diberikan kesempatan oleh komunitas wirausaha Tangan di Atas untuk membuka stan pameran disana. Terima kasih TDA Bekasi ..

Setelah melakukan persiapan, jam setengah 5 pagi saya sudah stay di kantor untuk mempersiapkan stan karena kami hanya diberikan waktu sampai pukul 6 pagi untuk loading property. Alhamdulillah kami sampai disana pukul 06.30. Segera saja kami membereskan barang-barang yang akan dipajang untuk dijual dan pukul 07.30 kami sudah membereskan semuanya. Tepat jam 8 pintu utama dibuka dan para peserta pun mulai masuk satu persatu memasuki arena acara. Setengah jam kemudian, MC membuka acara. Acara festival sukses mulia kali ini tergolong istimewa karena mampu menarik banyak pengunjung dari berbagai wilayah. Festival sukses mulia sendiri telah dan akan mengadakan roadshow di 20 kota di Indonesia dengan mengadakan pelatihan-pelatihan gratis untuk masyarakat umum. Acara kemudian berlanjut dengan pemutaran video dari Forum Indonesia Muda dan presentasi singkat dari Stiffin. Satu hal yang saya ingat Stiffin mengungkapkan bahwa kunci sukses adalah Kecerdasan Genetik + Fokus + Latihan 10.000 jam. Ungkapan latihan 10.000 jam ini pernah saya baca di buku Merry Riana yang berjudul “Gift from a Friend”. Selanjutnya acara dilanjutkan dengan sambutan dari Inspirator Sukses Mulia, Bapak Jamil Azzaini. Menurut beliau, orang yang sukses mulia adalah orang yang bisa memberikan manfaat sebanyak-banyaknya untuk orang lain.

Acara selanjutnya masuk ke pembicara pertama, yaitu Indra Noveldy. Pak Indra Noveldy merupakan marriage conselor. Materi kali ini yang beliau bawakan adalah Pernikahan Harmonis Pembawa Berkah. Saya sangat terkesan dengan apa yang beliau sampaikan dimana kata-kata beliau sanggup membuat saya dan peserta yang lain termenung.. “setiap orang ingin sukses dalam karir, bisnis dan apapun dan semuanya butuh ILMU, dan jika semuanya itu tidak cukup maka yang terjadi adalah GAGAL”. Ketika bisnis atau karir gagal, maka solusinya adalah dengan menggantinya. Nah, pertanyaannya sekarang, bagaimana jika gagal dalam pernikahan?? Apa harus ganti pasangan juga ..ketika seseorang mengalami kegagalan dalam maka rasa sakitnya akan terbawa sampai tua. Nahh, sudah sekolah apa untuk pernikahan?? Hmm.. bisakah anda menjawabnya?? Pelajaran dalam pernikahan itu sangat penting, dimana menikah tanpa bekal maka seperti terjun bebas tanpa parasut. Pendewasaan dalam pernihakan sangat perlu baik dari segi mental maupun spiritual. Pernikahan merupakan School of Life atau sekolah kehidupan. Sukses dalam kehidupan mulai yaitu dapat mewujudkan keluarga yang Sakinah dimana ada rasa tenang di rumah, Mawaddah yang artinya Cinta dan Warrahmah yang berarti kasih sayang. Pak Noveldy juga mengungkap beberapa mitos salah tentang pernikahan, seperti setelah 5 tahun, maka pernikahan aman, padahal kenyataan tidak selalu seperti itu. Banyak orang yang telah membina pernikahan selama puluhan tahun, namun akhirnya berpisah. Jika dikaji lebih dalam, penyebab utamanya adalah karena mereka tidak mengenal diri dan pasangannya sendiri. Pak Noveldy mengungkapkan kunci pernikahan harmonis yang berarti sukses disegala bidang, selanjutnya enjoy the journey jangan ingin cepat-cepat menikmati hasilnya dan selalu libatkan Allah dalam setiap prosesnya. Terima kasih pak Noveldy atas sharing ilmunya yang luar biasa 🙂

Nah, pembicara selanjutnya adalah seorang ibu dan tokoh pendidikan anak yang tidak asing lagi, beliau adalah Elly Risman yang membawakan tema pengasuhan. Bu Elly mengungkapkan bahwa saat ini anak-anak sudah dalam kondisi yang sangat mengkhawatirkan dalam segi pergaulan. Bu Elly menampilkan salah satu screen dari layar BB dimana isinya berupa kode-kode penawaran jual diri anak USIA SMP! Jadi bu Elly mengungkapkan kasus bullying anak SMA Don Bosco itu tidak ada apa-apanya dibandingkan apa yang banyak terjadi di keluarga Indonesia. Nilai anak saat ini semakin rendah. Bu Elly pernah melakukan penelitian dengan tema mengenal kebiasaan anak dimana hasilnya banyak orang tua yang tidak merumuskan tujuan pengasuhan anak dan orang tua tidak mempunyai kesepakatan bersama anak tersebut mau jadi apa. Sebenarnya apa sih yang dimaksud dengan Tujuan Pengasuhan? Tujuan pengasuhan seperti mengibaratkan anak sebagai bola dan orang tua merupakan kipernya. Tugas orang tua adalah menjadikan anaknya taqwa, menjadikan anaknya calon suami/istri yang baik. menjadi calon ayah/ibu yang baik. membantu mereka mempunyai ilmu/keahlian dalam bidang tertentu dengan kata lain bisa mencari nafkah, bisa menjadi pendidik anak yang baik, pengayom dan pendakwah. Pengasuhan anak pun mempunyai perbedaan antara laki-laki dan perempuan karena otak laki-laki dan perempuan itu berbeda, fitrah dan tanggung jawab laki-laki dan perempuan pun berbeda dan patut diingat bahwa anak laki-laki saat ini merupakan sasaran tembak bisnis narkoba dan pornografi. Bu Elly menekankan peran ayah yang sangat krusial saat ini karena jika anak kurang peran ayah maka yang terjadi adalah anak akan menjadi nakal, permissive sexual behavior dan cenderung depresi. 3 hal yang penting saat ini untuk orag tua adalah 3P yang berarti Penerimaan, Penghargaan dan Pujian. 20 menit berlalu dan serasa tidak cukup untuk pembicara seperti Ibu Elly Risman …

Selanjutnya adalah Febiola Aryani dengan mengusung tema janga membuat rencana keuangan. Nah lohh? Maksudnya ata seperti yang kutip adalah “ Hidup bukan ditentukan oleh rancana keuangan kita, tetapi rencana keuangan mengikuti apa tujuan yang kita tetapkan pada hidup kita” . Tanpa rencana dan tujuan, kegiatan akan mengalir dan tidak fokus dan hal ini akan tercermin dalam keadaan keuangan kita. Tanpa tujuan hidup maka : kita kaya namun hampa, mungkin kita merasa cukup tapi lupa berbagi dan mungkin bisa maksimal investasi tetapi hati penuh tanya tentang pencapaian tertinggi. Pembicara selanjutnya yang saya ikuti adalah Rony Yuzirman seorang wirausahawan. Mas Rony ini bisa ditemui di @roniyuzirman, Rony mengungkapkan bahwa Jalur kaya adalah 5% dengan menjadi salesman, dan 74% melalui menjadi seorang wirausahawan. Apa sih yang didapat dengan menjadi seorang wirausahawan?

–          Financial freedom

–          Time freedom

–          Kualitas dan gaya hidup

–          Dan bermanfaat bagi orang lain/lingkungan

Kesuksesan datang dari tindakan, tugas kita adalah take 100% responsibility and control 🙂 falsafahnya adalah jangan jadi victim, tapi victory. 7 resep kesuksesan adalah : Reason, Stategy, Persistence, Pray.. hiks sisanya lupa.. agar hidup penuh manfaat maka permudah urusan orang lain agar urusan kita dipermudah dan bantu kesulitan orang lain, maka agar kita selalu dibantu dan manusia tidak dapat mengabdi kepada tuhan tanpa mengabdi kepada sesama. Kita bisa berkeluh kesah dan mencaci maki keadaan, maka cari muka dulu di hadapan Allah dan ingat salah satu Ayat Quran ..yang bersedekah, Allah gantikan hingga 700 kali lipat (Al-Baqarah 261)

Ahhh.. sayang saya tidak menyimak semua pembicara karena setelah solat dzuhur, saya memilih untuk beristirahat sampai ashar dan untungnya saya masih sempat menyimak uraian yang disampaikan oleh Bapak Jamil Azzaini …beliau merupakan salah satu figur favorit saya dimana beliau dapat dikunjungi di www.jamilazzaini.com beliau membawakan tema Mukzizat Cinta Entertainment , yang sempat tercatat adalah bagaimana melejitkan kekuatan cinta, yaitu:

  1. Tentukan sumber cinta anda
  2. Cari tahu kebahagiaan terbesarnya
  3. Fokuskan energi untuk mewujudkannya

Semoga saya masih mempunyai waktu untuk membahagiakan orang-orang yang saya sayangi ..aamiin

Menjaga kekuatan cinta adalah dengan: jangan berhitung dan jangan cari kesempurnaan …

Sehari itu saya mendapatkan pengalaman dan ilmu yang sangat luar biasa ..Jam 16.30 kami pulang.. terima kasihh semua 🙂

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s