MOPDB SMK ITACO ….. SELAMAT DATANG PARA PEJUANG HEBAT

Pagi itu, Senin 16 Juli 2012 ada sesuatu yang berbeda. Pagi itu saya berangkat lebih pagi dan bersemangat dari biasanya. Ada apa gerangan? Pagi itu, SMK ITACO akan memulai kegiatan MOPDB atau Masa Orientasi Peserta Didik Baru yang dulu bernama Masa Orientasi Siswa (MOS). Kemudian kami memasuki ruang kelas dan memulai kegiatan kami. Disana kami berkenalan, memberikan pengarahan tentang dunia SMK, mengenal potensi masing-masing siswa, debat, games, dan yang termasuk spesial adalah ketika kami dapat menghadirkan Dr. dr. Syarief Lutfie, Sp. KFR dimana beliau memberikan materi tentang tips meraih masa depan cemerlang dengan say no to drugs dan free sex.

diskusi bersama dr. Syarief

Dokter Syarief yang juga seorang dosen banyak memberikan motivasi-motivasi tehadap kami. Beliau menjelaskan bahwa dimasa remaja terjadi perubahan-perubahan emosi, pikiran, lingkungan pergaulan dan tanggung jawab yang dihadapi dan juga mudah mengalami kegelisahan, tidak sabar, emosional, selalu ingin melawan, rasa malas, perubahan dalam keinginan, ingin menunjukkan eksistensi dan kebanggaan diri serta selalu ingin mencoba dalam banyak hal. Namun hendaknya hal tersebut bukan menjadi alasan untuk serba membolehkan dan berlku permisif. Anak muda harus mulai memikirkan masa depannya dan mengisinya dengan hal-hal yang positif. Dokter Syarief menyinggung anak remaja saat ini dimana masih banyak dari mereka yang terlibat tawuran, narkoba, free sex, dan banyak kenakalan remaja lainnya. Dokter syarief memberikan gambaran tentang rokok dan narkoba dan efek apa yang akan timbul jika mengonsumsinya. Beberapa bahaya Narkoba yang beliau kemukakan antara lain:

  • Penggunaan narkoba dapat menimbulkan ketergantungan.
  • Kerusakan otak, gangguan hati, ginjal, paru-paru, dan penularan HIV/AIDS melalui penggunaan jarum suntik bergantian
  • Pengaruh terhadap irama hidup yang menjadi kacau seperti tidur, makan, minum, mandi, dan kebersihan lainnya. Lebih lanjut, kekacauan irama hidup memudahkan timbulnya berbagai penyakit.
  • Akibat psikis yang mungkin terjadi ialah sikap yang apatis, euforia, emosi labil, depresi, kecurigaan yang tanpa dasar, kehilangan kontrol perilaku, sampai mengalami sakit jiwa.
  • Mengganggu hubungan sosial dengan orang lain. Bahkan acapkali pula merugikan orang lain. Sebagai contoh, perkelahian dan kecelakaan lalu lintas yang terjadi karena pelaku tidak berada dalam keadaan normal, baik fisik maupun psikis.

Selain narkoba, hal lain yang disorot oleh beliau adalah mengenai free sex dimana banyak menghasilkan angka aborsi dan kehamilan tidak diinginkan. Free sex dapat membahayakan secara fsik, sosial dan ekonomi. Untuk mencegah terjadinya perilaku seperti itu, dokter Syarief menyarankan hal-hal seperti berikut:

  • Memperdalam keimanan
  • Memanfaatkan waktu luang: ” Tekunilah yang bermanfaat untukmu dan mintalah pertolongan kepada Allah, jangan sampai kamu lemah’ (HR. Muslim).
  • Teman yang Shalih
  • Menghindari media massa yang buruk
  • Berpuasa Sunnah

Diskusi berlanjut dengan memberikan gambaran tentang kejayaan ilmuan Isalam dimasa lalu seperti Ibnu rusyid, Ibnu Sina, Al-Khawarizmi, Al Kindi dan masih banyak lagi dimana mereka membawa kejayaan umat Islam dimasa lalu. Saat ini tidak dipungkiri juga banyak remaja Indonesia yang berprestasi di berbagai bidang bahkan sampai level internasional, namun sayangnya mereka kurang terekspose dan kurang diperhatikan pemerintah.

Masa remaja merupakan masa untuk menyiapkan diri berperan di masyarakat, masa menyiapkan diri untuk berkeluarga dan masa mempersiapkan diri untuk bekerja. Remaja harus secara cerdas mempersiapkan diri untuk itu semua. Cerdas disini berarti memiliki tekad kuat, optimis, dan tidak pernah terperdaya dengan lingkungan sekitarnya, dan memiliki keteguhan dalam bersikap adalah orang yang mampu mengahadapi perubahan zaman dalam kondisi apapun. Setidaknya ada beberapa sifat yang wajib dimiliki remaja untuk meraih masa depan cemerlang, yaitu antara lain:  Iman dan Taqwa, Mandiri, Cerdas, Trampil, Inovatif, Impormatif, Bertanggung jawab dan jujur. Saat ini terdapat dua kecenderungan remaja dalam menghadapi masa depan, yaitu Ada REMAJA yang menjalani kehidupan dengan tekad kuat, penuh optimisme, tidak tunduk dan tidak dikendalikan oleh keadaan disekelilingnya, betapapun buruknya, numun tidak sedikit REMAJA yang serba mengeluh, pesimisme, selalu menyerah dengan keadaan disekitarnya. Diakhir dr. Syarief memberikan tips untuk meraih masa depan cemerlang, yaitu:

  1. Memulai dengan membersihkan diri dari berbagai     penyakit, kotoran, dan beban dalam kehidupannya.
  2. Menumbuhkan kesadaran, bahwa hidup kita dibentuk oleh pikiran kita sendiri.
  3. Tumbuhkan semangat dalam hidup dan hilangkan kecemasan.
  4. menjaga keseimbangan hidupnya dengan berolahraga.
  5. Kembangkan hobi atau kegemaran
  6. Tekun beribadah
  7. Biasakan menulis buku harian, agar dapat menumpahkan perasaan atau kesulitannya dengan bebas.
  8. Memilih berbagai kegiatan organisasi sesuai  dengan minat dan bakat, misalnya filateli, klub seni, olahraga, pencinta alam

Kegiatan MOPDB kami diisi dengan hal-hal yang bermanfaat seperti diskusi seputar dunia kerja,debat kelompok dengan tema kontroversi Ujian Nasional dan Penggunaan seragam di sekolah. Selain itu ada juga tes mendengarkan dan melengkapi lirik lagu dalam Bahasa Inggris dan juga pengenalan diri. Tak terasa 4 hari berlalu, dan kami memasuki libur hari pertama puasa, namun di hari pertama puasa, 21 Juli kami justru pergi ke @america untuk mengikuti diskusi mengenani volunteering activity. Diskusi kali ini menghadirkan Mia Amelinda dan Gladys. Gladys menceritakan bahwa di Amerika orang melakukan kegiatan volunteering di tempat ibadah seperti gereja, sekolah melalui leadership actividy group, tempat kerja mereka dan masih banyak lagi. Pembicara lain, Mia menceritakan tentang Youth Volunteer. Dimana volunteer adalah orang yang bekerja untuk organisasi tanpa dibayar. Modal untuk menjadi seorang volunteer adalah action + awarness sehingga dapat memberikan impact. Untuk menjadi seorang volunteer kita bisa membuat gerakan sendiri dan aktif terlibat didalamnya dan harus tetap realistis, fokus dan komitmen. Kata-kata terakhir yang saya suka adalah :

“ the most important thing, if you want to be a good volunteer, just do it with coriousity and sincerity, so those great opportunities will come in your life”

Anak-anak sangat menikmati diskusi ini bahkan ada beberapa dari mereka yang mengajukan pertanyaan kepada narasumber. Setelah diskusi selesai, kami menyempatkan diri melihat-lihat fasilitas yang tersedia disana dan tidak lupa membawa merchandise yang menarik  🙂

diskusi Volunteering di @america

ini gambarku 🙂

serius 🙂

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s