SMK ITACO dan Karena Pendidikan adalah Hak Setiap Anak Bangsa

Berawal dari keprihatinan banyaknya anak yang putus sekolah termasuk murid saya sendiri yang harus bekerja karena alasan ekonomi, saya berinisiatif mengajukan pembukaan SMK baru pada perusahaan konsultan tempat saya bekerja, Imperial Education Indonesia. SMK ini kemudian bernama SMK Imperial Technology and Automotive College atau disingkat menjadi SMK ITACO. Kami mencoba melangkah. Nafas sebuah sekolah adalah siswa. Untuk angaktan 1 ini, kami lebih concern pada siswa yang berasal dari kalangan kurang mampu/yatim yang terancam tidak melanjutkan ke jenjang yang lebih tinggi agar mereka bisa terus meraih cita-cita karena pendidikan adalah hak setiap anak bangsa. Saya memiliki ide untuk mencarikan orang tua asuh bagi mereka. Saya sudah melakukan program ini sejak tahun 2009, ketika tahun pertama saya menjadi seorang guru disekolah tempat saya mengajar.

Logo SMK Itaco

Logo SMK ITACO

Selama sebulan lebih, kami mendatangi pekampungan-perkampungan di Bekasi, tempat-tempat yang tidak pernah saya datangi sebelumnya. Bahkan saya tidak mengira, 200m dari kantorku, di sisi perumahan yang cukup elite, ada perkampungan dimana hampir 90% merupakan rumah kontrakan kecil dengan kondisi yang cukup memprihatinkan, termasuk salah satu rumah calon siswa kami. Dia sudah setahun menunda sekolah karena ketiadaan biaya dan terpaksa bekerja sebagai tenaga di tempat steam motor. Berikut merupakan keadaan rumahnya.

Disini saya tidak bermaksud untuk mengeksploitasi kemiskinan, namun saya ingin mengajak setiap orang untuk lebih peka terhadap realita yang ada di sekitar kita.  Rumah ini merupakan rumah kontrakan yang disewa dengan tarif Rp.180.000/bulan. Anda bisa menilai langsung dari melihat gambar yang ada. Ketika mendatangi para calon siswa, rata-rata memang mereka hidup di rumah kontrakan dengan kondisi yang bisa di bilang kurang layak.

Cerita lainnya adalah, ada seorang anak yang mendaftar sekolah, namun beberapa hari kemudian mengundurkan diri dengan alasan tidak mempunyaid dana untuk transport ke sekolah. Saya mencoba meyakinkan akan mencarikan jalan keluarnya, yaitu bisa ikut berangkat bersamaku atau mencari usaha yang bisa mereka kerjakan untuk tambahan uang saku. Syukurlah beberapa hari lalu saya mendapat ide usaha dengan teman SMU ku, Lefi yang juga kebetulan sedang mencari tenaga untuk bisnis jilbab dan aksesorisnya yang diberi nama Alleyya Chic.

Cerita juga datang daris alah satu anak yang masih ingin terus bersekolah namun sang ayah malah memarahinya dan menyuruh dia untuk bekerja daripada sekolah. Saya terus meyakinkan dia bahwa dia bisa bekerja namun tetap sekolah. Dia tinggal di rumah saudaranya dan harus bekerja untuk membantu memenuhi kebutuhan sehari-hari. Namun saya akan terus meyakinkan dia agar bisa terus melanjutkan sekolah dan ada juga anak yang putus sekolah di kelas 2 SLTP 2 tahun yang lalu. Dia putus sekolah karena merasa malu 6 bulan menunggak uang SPP dan uang buku. Sejak berusia dua tahun, sang ayah meninggal dan sejak itu pula dia tinggal bersama sang nenek yang mengalami kelumpuhan karena jatuh. Untuk biaya sehari-hari dia berkata dengan bekerja sebagai PNS, namun jangan salah PNS disini bukan Pegawai Negeri Sipil namun Pegawai Negeri Steam. Hehe .. dia sangat ingin terus bersekolah, dia ingins sama dengan anak lainnya ..karena tidak mungkin langsung SMK jika belum lulus SMP, saya menyarankan untuk mengikuti ujian persamaan Paket B terlebih dahulu, namun ternyata biayanya cukup mahal. Saya tidak ingin menyerah untuk mencarikannya biaya sekolah Paket B.

Banyak cerita mengharukan dari mereka sampai kami bisa mengumpulkan ke-20 anak hebat ini. Kami akan berusaha sekuat tenaga untuk membantu mereka menggapi cita-citanya. Semoga Allah memberikan kemudahan-kemudahan bagi kami. Mencarikan orang tua asuh, mengumpulkan dana untuk prasarana yang kurang terutama komputer, mengajukan beasiswa kepada coorporate seperti BRI, mengumpulkan seragam layak pakai, mencarikan peluang usaha dan terus memotivasi mereka. semoga niat baik kami untuk terus memberikan pendidikan yang layak bagi mereka akan selalu di ridhoi Allah SWT. Aamiin YRA.

Pengumpulan Pakaian Layak Pakai

Leave a Reply

