Bapak, You’re amazing

Ayah dengarkan lah daku ingin bernyanyi

Walau airmata di pipiku …

Hmmm, pada tau kan lirik lagu itu? Pas SMP di Cirebon suka deh denger lagu itu ..kenapa? karena saat itu aku tinggal jauh dari bapak, lebih tepatnya si aku manggilnya bapak, tapi karena ga ada judul lagu bapak, jadinya ngutip lagu “Ayah” hehhe

Hari ini, 7 Juli 2012 ..

Bapak genap berusia 50 tahun, yup usia setengah abad dan bapak tetap luar biasa untukku. Kali ini aku ingin mengenang perjalanan hidupku bersama bapak …

Yang aku ingat, ketika kecil bapak adalah orang yang sering memandikan aku. Aku masih ingat bagaimana bapak memandikanku, amat sangat bersih karena yang aku ingat sampai telapak kaki pun beliau sabunin .. bapak selalu menimba air dulu sebelum memandikanku, maklum saat itu listrik belum ada di daerah kami, desa Galaherang Kuningan, jadi belum bisa menggunakan diesel. Otomotis kami menimba air di sumur untuk berbagai keperluan. Hmmm, masa yang sangat menyenangkan …hal lain yang kuingat adalah bapak adalah seorang yang rela bekerja apa saja untuk kami. Yang aku ingat ketika SD dan bapak pernah menjadi kenek angkot, aku suka ikut bersamanya setelah pulang sekolah dan duduk di bangku penumpang paling belakang. Hmm, saat itu rasanya bahagia sekali karena bisa berkeliling naek mobil secara gratis ..bapak juga orang yang paling sabar mengajari aku terutama pelajaran menulis indah/sambung karena aku akui kalau bapak mempunyai tulisan yang bagus. Hal lainnya adalah ketika aku berantem dengan adekku, bapak bukan tipe orang yang suka melerai bahkan sengaja membiarkan sampai kami lelah sendiri … hehhe. Bapak juga yang aku ingat adalah orang yang palinggggg rajin menyetrika baju sekolahku, rapihhh bangettt ngettt ngettt walaupun dulu teknologinya masih pake areng. Bahkan bapak sampai sekarang kami kenal sebagai orang yang menyetrikanya paling rapihhh, laundryy aja kalahhh dehh .. apalagi kamiii

Bapak dan aku

Meskipun kehidupan kami sederhana, kami sangat berbahagia ..aku berada di tengah keluarga yang sangat menyayangiku. Mama adalah sosok yang sangat memperhatikan asupan gizi dalam makanan kami dan tidak lupa memberikan vitamin yang dulu dikenal dengan ikan, yang rasanya ampunnnn ga enak banget ..kalo saat ini dikenal dengan Scott Emulsion *ups ga boleh sebut merk* ga adil nih, kalo zaman sekarang tuh rasa jeruk, yang pasti disukai anak-anak ..aku juga tinggal bersama kakek dan nenek dari mama yang sangat kami sayangi.

Sayang ketika aku naik ke kelas 3 SD, dengan berat hati kami harus melepas bapak untuk merantau ke Jakarta. Keputusan tersebut terpaksa diambil karena orang tua kami menyadari bahwa aku dan adikku membutuhkan biaya pendidikan yang semakin besar, sedangkan jika terus di desa bapak bekerja serabutan..orang tua kami ingin kami bisa bersekolah minimal sarjana, mereka selalu berpesan mereka ga bisa mewariskan harta benda, tapi warisan pendidikan adalah yang paling penting, karena itu adalah bekal hidup kami… sedih?? pastii ..namun kami meyakini bahwa suatu saat kita akan berkumpul kembali layaknya sebuah keluarga dengan keadaan yang Insya Allah lebih baik. Bapak di Jakarta tinggal dengan keluarga kakak mama yang paling tua. Setelah tinggal di Jakarta, bapak hanya pulang sebulan sekali, bapak sampai rumah malam minggu dan harus pulang lagi ke Jakarta minggu siangnya karena senin harus bekerja kembali. Jika diatas jam 2 malam bapak belum datang, kami sangat cemas terutama mama, karena bapak pulang dengan menggunakan bus luragung jaya yang terkenal suka ngebut dan kami tidak bisa menghubungi karena saat ini belum ada hp … hal yang paling aku suka ketika bapak datang adalah bapak pasti membawakan kami majalah BOBO dan Yakult dan majalah BOBO adalah hal pertama yang aku tanyakan hee..hmm, ketika itu walaupun gaji bapak pas-pasan, bapak berlangganan majalah BOBO untuk kami, karena datangnya sebulan sekali maka kami langsung mendapat 4 majalah BOBO. Aku dan adikku sangat menggemari majalah BOBO dan kadang kami membacanya bersama teman-teman kami..  yang aku ingat di majalah BOBO ada Bona dan Rong-Rong, Nirmala Oki dan Ratu Bidadari, Paman Kikuk, Paman Gembul dll ..

Ketika SMP kelas 1, aku di pindahkan ke Cirebon dan tinggal bersama saudara mama. Mama berfikir dengan bersekolah di Cirebon dapat memperoleh pendidikan yang lebih baik. di Cirebon, bapak sering menelponku karena di rumah ua memiliki sambungan telpon. Kadang-kadang juga, ketika akan pulang ke Kuningan, bapak menjemputku dulu ke Cirebon dan kemudian pulang bareng ke Kuningan. Bapak tiba sekitar jam 12 malam, kemudian kami ke terminal untuk pulang. Yang paling aku ingat ketika kami pulang ke Kuningan, bus selalu mampir di Beber yang terkenal dengan sate nya yang enak. Jika lapar kami makan sate disana dan tidak lupa membungkus juga untuk keluarga di rumah. Bahagia rasanya ketika bisa bercengkrama dan becanda sekeluarga.. aku termasuk anak yang dekat dengan seluruh anggota keluarga, apalagi posisiku sebagai anak sulung. Aku sedih karena aku ga bisa mengajari adikku, karena aku bersekolah di Cirebon, namun alhamdulillah adikku bisa menyelesaikan sekolah dengan baik. ada cerita lucu ketika suatu saat aku pulang dengan bapak ke Kuningan, karena pagi buta kami baru sampai ke Kuningan, otomotis ga ada angkot ketika turun dari bus dan kami naik ojek ke rumah. Ketika di ojek, ada tukang ojek yang pernah bertanya padaku, “neng, suaminya itu kerja dimana?”” whatssssssssssssssssss?? Suamiii? Hahhaha, aku bilang, itu bapakku pak… hahha, aku jadi berfikir bapak yang awet muda atau aku yang ketuaan ya?? Hehhheeeeeeee.

Sampai aku kuliah di Yogya, bapak ga pernah berubah, sering menelpon dan paling sering aku minta pulsa namun mulai jarang ketika aku dan mulai bisa magang di PSEKP UGM. Dimataku bapak adalah sosok yang komplit, bahkan terkesan hubunganku dengannya seperti teman.. masih banyak ceritaku dengan bapak, tapi nanti di lanjut lagiii …

DI usia ke-50 ini kami berdoa yang terbaik untuk bapak.. panjang umur, sehat selalu, banyak rezeki, tetep gokil, selalu dalam lindungan Allah SWT, dan selalu di limpahi kebahagiaan. Ya Allah, semoga aku dan adikku bisa terus membahagiakan orang tua kamiiii … aamiinnnnn …

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s