Para Guru Hebat, mari ajari siswa ber-Internet Sehat …Part-2

Lanjut ke bagian-2 ya, untuk yang belum baca bagian pertama clik disini. 

Setelah materi dari Ibu Mariam selesai, kami dibagi kamar dan saya mendapat teman satu kamar yaitu Ibu Yuli, ibu Emi dan ibu Aliyah. Kami diberikan waktu untuk break ishoma dan kumpul kembali di tempat tepat pukul 19.00 untuk mendengarkan materi-2 dari Bapak Onno W Purbo, beliau merupakan pakar IT dan penggerak penggunaan sistem open source di Indonesia. Pak Onno merupakan mantan PNS ITB dan di dikenal gemar berbagi. Beliau bisa di mention di @onnowpurbo, kali ini beliau membawakan materi tentang Pengalaman Praktis TIK untuk pendidikan. Menurut beliau, ada 5 faktor utama pendidikan, yaitu: Peserta didik, Tenaga Pendidik dan kependidikan, sarana dan prasarana, pendanaan dan kurikulum. Pak Onno menganjurkan untuk menggunakan sistem operasi open source dibanding Windows karena sistem Open source memudahkan kita untuk mengembangkan TIK untuk pendidikan dan juga melepaskan diri dari pembajakan lisensi software berbayar. Beliau mengajari kami  menggunakan media pembelajaran berbasis internet, intranet dan desktop untuk hampir semua bidang studi. Sebagai contoh, untuk aplikasi matematika simbolik, dapat menggunakan WXMaxima, untuk penjelasan lebih lanjut apa itu WXMaxima, bisa di lihat disini.  Selain itu, ada SciLab dimana kita dapat memiliki sebuah lab untuk bereksperimen. SciLab dapat digunakan untuk bidang fisika, matematika, thermodinamika dll, untuk info lebih detail, klik http://www.scilab.org/ sedangkan untuk belajar kimia, kita bisa menggunakan Kalzium yang bisa dilihat di di http://edu.kde.org/kalzium. Namun karena sebagian besar guru masih menggunakan komputer berbasis Windows, kami hanya bisa terpana mendengar penjelasan beliau :p jam 9 materi berakhir dan kami kembali ke kamar untuk beristirahat.

Sampailah kami dihari kedua. Pagi itu kami sarapan dengan menu istimewa dengan menu yang beragam sampai-sampai saya ingin nambah terus …bilang aja rakus :p dan ini beberapa aktivitas kami pagi itu:

Ibu Emy, Yuli dan Aliyah

Tetep yaa ..

Gaya ga jelas :p

Setelah sarapan dan foto-foto, kami pun duduk manis untuk mendengarkan materi ke-3 dari Bapak Wijaya Kusumah atau yang lebih dikenal dengan omjay. Omjay bisa kita temui di sini.  Sebelum memulai materi, omjay memberikan quiz dengan menjawab pertanyaan melalui sms dengan pertanyaan siapa penggerak/inisiator Internet Sehat dan ternyata saya yang paling cepat menjawab sehingga berhak mendapatkan satu buku terbaru dari omjay 🙂 kayaknya untuk soal quiz, ni jempol udah lumayan terlatih 😀

Yey! dapet buku lagi 🙂

Diawal materi, omjay memutarkan video yang sangat berkesan untuk kami dimana dalam video tersebut seorang bayi yang baru dilahirkan kemudian terbang sangat cepat, beranjak besar, tua dan kemudian masuk ke liang lahat. Pesan yang ingin disampaikan oleh omjay adalah hidup itu sangat singkat, maka menulislah. Omjay menceritakan pengalamannya sebagai guru dan juga penulis. Dengan menulis dan blogging, beliau mendapatkan banyak enghargaan, networking sehingga sekarang dikenal sebagai pembicara seminar tingkat nasional. Yuk Menulis!

Pemateri selanjutnya adalah Mas Donny BU. Mas Donny merupakan inisiator Internet sehat. Program internet sehat dimulai pada tahun 2002. Program ini membantu mengkampanyekan citra internet sebagai media pendidikan dan hiburan yang positif bagi institusi keluarga dan pendidikan. Tujuannya membantu memberikan informasi dan materi yang memadai bagi orang tua dan guru dalam menyikapi perkembangan internet melaui pengadaan brosur sehat dan situs informasi tentang cara berinternet sehat. Perkembangan internet saat ini sangat luar biasa, tidak seperti dulu internet itu identik dengan mahal dan lambat. Salah satu contoh positif hasil dari perkembangan internet adalah memacu masyarakat gemar menulis, bahkan tercatat Indonesia mempunyai 3,2 Juta blogger, hal ini dipicu antara lain oleh perkembangan internet saat ini yang terjangkau, murah dan cepat.

Zaman berubah, begitupun teknologi. Jika dulu tempat untuk bekerja indentikd dengan kantor jam 9-5, maka sekarang bekerja bisa dilakukan kapan saja. Jika dhulu bisnis identik dengan modal besar dan memerlukan tempat secara fisik, namun dengan internet kita bisa membuka toko online yang lebih murah dengan jangkauan yang lebih luas. Jika dahulu kita mencari informasi, maka saat ini informasilah yang menemukan kita. Saat ini setiap orang bisa menjadi sumber berita. Contohnya, ketika hotel JW Marriot dan Ritz Carlton di bom, orang yang pertama mengupdatenya bukan orang media, tapi masyarakat umum yang saat itu sedang dilokasi. Saat ini sosial media telah menjadi the New ID card. ICT sekarang telah menjadi teman terbaik, namun perlu diperhatikan rambu-rambu berinternet seperti jangan umbar data probadi termasuk foto dan video sembarangan jika anda tidak ingin menjadi korban keisengan di dunia maya. Selalu berfikir ulang sebelum mempostingnya di dunia maya, karena apa yang telah kita unggah tikan akan bisa kembali. Sosial media dapat membuat orang dalam sekejap namun tidak jarang dapat membunuh reputasi, maka tugas orang tua dan guru adalah bisa mengarahkan penggunaan internet sebagai alat berkreativitas dan menggunkan internet dengan bijak.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s