Menjadi Guru kreatif dengan memanfaatkan blog sebagai media pembelajaran

Sumber foto: http://www.facebook.com/photo.php?fbid=2104956183460&set=a.1257347113763.2034754.1232168911&type=1&theater

Pernahkan kita terpikir bahwa suatu saat kita mempunyai buku harian sendiri yang selain menjadi tempat kita berekspresi, juga bisa digunakan sebagai sarana untuk mengemukaan ide, pemikiran dan karya tulisan kita untuk diketahui orang banyak dan mendapatkan masukan dari mereka? Selain itu kita juga bisa memberikan informasi-informasi, pengetahuan-pengetahuan baru atau buah hasil keratif kita untuk khalayak umum. Ya, semua keinginan kita di atas bisa di akomodasi dengan hadirnya Blog. Saat ini terutama di perkotaan, masyarakat sudah sangat familiar dengan hadirnya dunia blogger.

Blog merupakan kependekan dari weblog yang pertama kali di polulerkan oleh Jorn Barger pada tahun 1997. Blog pada awal keberadaannya hanyalah berupa situs pribadi yang memuat kumpulan link situs favorit dari pemiliknya dan cenderung hanya berfungsi sebagai diary online saja. Namun seiring dengan popularitasnya, saat ini blog sudah berkembang menjadi sumber berita atau informasi yang layak dijadikan alternatif bagi khalayak umum.

Blog tidak hanya milik mereka yang menguasai IT dan bergerak di bidang bisnis, para guru pun sudah banyak yang menggunakan blog sebagai media pembelajaran alternatif yang bisa di gunakan untuk menunjang proses pembelajaran dan mengatasi masalah terbatasnya jam pembelajaran di kelas, meskipun jumlahnya belum signifikan dibandingkan dengan profesi lain. Banyak alasan yang melatarbelakangi hal ini. Seperti kemampuan internet yang belum memadai dan permasalahan sarana dan prasarana yang tidak mendukung. Tetapi saat ini para guru di bantu oleh pelatihan-pelatihan yang di selenggarakan oleh pilhak swasta atau pemerintah dan juga beberapa perusahaan yang memberikan kredit ringan dalam pembelian sarana pendukung seperti Laptop/Netbook.

Materi blog yang menarik, informatif, kaya akan pengetahuan dan referensi, tidak hanya dapat menguntungkan dan memperkaya siswanya tetapi juga dapat dibaca oleh siapapun termasuk guru dan siswa yang berasal dari sekolah lain, sehingga jika ditinjau dari faktor motivasi, blog bisa menjadi sumber dan belajar dan riset yang inspiratif, murah, up to date dan tanpa di batasi oleh ruang dan waktu. Blog juga menjadi sarana untuk berinterkasi dan berdiskusi seluruh stakeholder sekolah, bukan hanya siswa.

Keberadaan media sangat penting dalam menunjang proses pembelajaran. Media yang baik adalam media yang dapat menarik minat dan perhatian siswa. Namun yang lebih utama media tersebut harus sesuai dengan tujuan pembelajaran siswa yang ingin di capai yang menyangkut aspek kognitif, afektif dan psikomotorik. Penggunaan media akan membuat pembelajaran menjadi lebih menarik dan perhatian akan lebih fokus terhadap pembelajaran dan bisa mempersingkat waktu pembelajaran, dan kualitas akan menjadi lebih konkret karena terintegrasi dengan gambar, suara, grafik dan lain-lain. Dalam hal ini guru akan lebih banyak perperan sebagai fasilitator dibandingkan sebagai penyampai materi.

Media blog selain bermanfaat dalam proses pembelajaran, juga membantu guru untuk mengembangkan kompetensi profesionalnya. Mereka dituntut  untuk mengembangkan sendiri pembelajaran yang menarik dengan media blog. Blog digunakan guru sebagai media bercerita (story telling), media untuk berbagi pengetahuan, dan media interaktif yang tidak di batasi ruang dan waktu karena siswa dan guru dapat tetap berinteraksi meskipun tidak berada dalam ruangan yang sama. Guru dapat memberikan pelajaran secara online dan setelah itu dapat melakukan evaluasi langsung terhadap kemampuan peserta didiknya. Selain itu, siswa dapat membuka bahan ajar kapan saja dan dimana saja karena materi tersebut disimpan di internet dan jika mereka memerlukan informasi tambahan/pendukung, mereka dapat melakukan akses internet dengan mudah. Dengan media blog, para siswa yang mempunyai kecenderungan pasif akan menjadi lebih aktif.

Blog saat ini banyak dinikmati termasuk oleh guru karena saat ini membuat blog dapat dilakukan dengan mudah. Hanya diperlukan sarana jaringan internet dan komputer. Blog saat ini bisa dibuat dengan tanpa biaya sama sekali. Kita dapat membuat di penyedia blog-blog gratis seperti wordpress.com, multiply.com atau blogspot.com. selain itu, untuk membuat dan mengelolanya pun tidak terlalu sulit. Hanya diperlukan waktu sekitar 15 menit, blog yang kita inginkanpun dapat tercipta. Dengan cara sederhana tersebut, guru dapat menyediakan media pembelajaran yang mudah diakses, sarana menyalurkan kreatifitas tanpa batasan seperti media cetak, meringankan tugas mengajar kita, bisa tetap berinteraksi meskipun tidak sedang berada di kelas, dan bisa menjadi media silaturahmi dengan lingkup yang lebih luas.

Sehingga dengan banyaknya manfaat yang dapat diperoleh dari blog, tentunya media ini menjadi salah satu alternatif baik yang patut dikembangkan oleh seorang guru untuk menunjang tugasnya dalam mencerdaskan generasi bangsa.

Advertisements

5 comments on “Menjadi Guru kreatif dengan memanfaatkan blog sebagai media pembelajaran

    • mummtaz! melalui blog sbg media pembelajaran diharapkan siswa mendapatkan pembelajaran yg bermakna dan memberikan kesan yg mendalam pd siswa, sehingga dapat diimplementasikan dalam kehidupannya kelak di masyarakat.Secara Individual guru juga dapat melakukan pengembangan pribadi (personal development ) seperti pelatihan membuat blog yg di selenggarakan Blogger bekasi dan Ikatan Guru Indonesia.

  1. subhanallah,semoga para guru termotivasi untuk lebih kreatif dlm menyampaikan materi, dan dapat menyesuaikan dgn perkembangan teknologi yg ada,sehingga siswa akan lebih giat belajar dalam menempuh cita-cita yg di inginkan…Keberanian seorang guru dlm berinovasi dan mempraktikan ketrampilan dlm mengajar akan berpengaruh secara langsung terhadap prestasi belajar siswa, juga akan membentuk karakter guru menjadi lebih kreatiff, sehingga tidak hanya akan berdampak pd pola komunikasi pembelajaran, tetapi juga akan membentuk suasana pembelajaran yg meyenangkan salah satunya melalui tulisan di blog…:-)

  2. terima kasih mas deni .. harapan saya juga seperti itu, dengan adanya blog ini semoga dapat memotivasi saya untuk terus belajar dan memberikan pembelajaran kreatif untuk peserta didik dan dapat berinteraksi dimana saja dan kapan saja 🙂 dan memotivasi kita semua untuk never ending learning 🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s